Contoh I'rab Isim Istifham
Setiap kalimat (kata) yang digunakan dalam pertanyaan adalah isim kecuali dua kalimat, yaitu هَلْ dan هَمْزَةْ. Lafazh هَلْ dan هَمْزَةْ adalah huruf yang di-bina, serta tidak ada kawasan bagi keduanya dalam i'rab.
Sedangkan Seluruh isim istifham juga di-bina kecuali satu, yaitu أَيُّ, karna ia di-idhafah-kan kepada mufrad, contoh:
أَيُّ رَجُلٍ جَاءَ؟
أَيُّ = isim istifham, mubtada yang di-rafa' dengan dhammah yang zhahir, dan ia juga berposisi sebagai mudhaf.
رَجُلٍ = Mudhafilaih yang di-jar dengan kasrah yang zhahir .
جَاءَ = Fi'il madhi yang di-bina di atas fathah, fa'il-nya dhamir mustatir jaiz taqdirnya هُوَ. Jumlah fi'il dan fa'il pada daerah rafa' menjadi khabar.
أَيَّ كِتَابٍ قَرَأْتَ؟
أَيَّ = isim istifham, maf'ul bih yang di-nashab dengan fathah yang zhahir. dan ia juga berposisi sebagai mudhaf.
كِتَابٍ = Mudhafilaih yang di-jar dengan kasrah yang zhahir .
قَرَأْتَ = Fi'il madhi yang di-bina di atas sukun karena bersambung dengan dhamir rafa' mutaharrik, dan ta dhamir muttashil yang di-bina di atas fathah pada tempat rafa' sebagai fail.
Sedangkan isim-isim yang lain, di-i'rab-kan dalam ilmu nahwu sebagaimana berikut:
مَنْ
Di-i'rabkan sesuai letaknya dalam jumlah (kalimah), maka terkadang ia pada daerah rafa', terkadang pada daerah nashab, dan terkadang pada daerah jar.
Sedangkan Seluruh isim istifham juga di-bina kecuali satu, yaitu أَيُّ, karna ia di-idhafah-kan kepada mufrad, contoh:

أَيُّ رَجُلٍ جَاءَ؟
أَيُّ = isim istifham, mubtada yang di-rafa' dengan dhammah yang zhahir, dan ia juga berposisi sebagai mudhaf.
رَجُلٍ = Mudhaf
جَاءَ = Fi'il madhi yang di-bina di atas fathah, fa'il-nya dhamir mustatir jaiz taqdirnya هُوَ. Jumlah fi'il dan fa'il pada daerah rafa' menjadi khabar.
أَيَّ كِتَابٍ قَرَأْتَ؟
أَيَّ = isim istifham, maf'ul bih yang di-nashab dengan fathah yang zhahir. dan ia juga berposisi sebagai mudhaf.
كِتَابٍ = Mudhaf
قَرَأْتَ = Fi'il madhi yang di-bina di atas sukun karena bersambung dengan dhamir rafa' mutaharrik, dan ta dhamir muttashil yang di-bina di atas fathah pada tempat rafa' sebagai fail.
Sedangkan isim-isim yang lain, di-i'rab-kan dalam ilmu nahwu sebagaimana berikut:
مَنْ
Di-i'rabkan sesuai letaknya dalam jumlah (kalimah), maka terkadang ia pada daerah rafa', terkadang pada daerah nashab, dan terkadang pada daerah jar.
مَنْ جَاءَ؟
مَنْ = Isim istifham di-bina di atas sukun pada daerah rafa' menjadi mubtada. Dan jumlah fi'liyyah sesudahnya menjadi khabar.
مَنْ رَأَيْتُ اْليَوْمَ
مَنْ = Isim istifham di-bina di atas sukun pada tempat nashab menjadi maf'ul bih bagi fi'il sesudahnya.
أَبُوْ مَنْ هَذَا؟
أَبُوْ = mubtada yang di-rafa' dengan waw karena ia isim yang enam
مَنْ = Isim istifham di-bina di atas sukun pada tempat jar menjadi mudhaf ilaih
هَذَا =
مَا yang semisal dengan مَنْ
مَا هَذَا؟
مَا = isim istifham yang di-bina di atas sukun pada daerah rafa' menjadi mubtada
هَذَا =
مَا فَعَلْتُ اْليَوْمَ؟
مَا = isim istifham yang di-bina di atas sukun pada kawasan nashab menjadi maf'ul bih bagi fi'il sesudahnya
Apabila istifham didahului oleh abjad yang menghapus/membatalkan alifnya secara wajib, contohnya:
لِمَ، بِمَ، عَمَّ....
Apabila ketiga aksara tersebut di-waqaf-kan pasti alif yang telah dihilangkan tersebut diganti dengan ـــهْ, teladan: لِمَهْ، بِمَهْ، عَمَّهْ.
لِمَ فَعَلْتَ هَذَا؟
لِ : abjad jar yang di-bina atas kasrah tidak ada tempat baginya dalam i'rab
مَ = isim istifham yang di-bina di atas sukun di atas alif yang dibuang, pada tempat jar dengan lam, dan jar-majrur bekerjasama (muta'allaq) dengan fi'il yang akan tiba (di depannya).
مَاذَا؟ Boleh di-i'rab-kan dengan tiga cara:
Pertama: Menjadikan keduanya sebagai satu kalimat. maka ia di-i'rab sesuai dengan posisinya dalam kalimat, misal:
مَاذَا فِيْ يَدِكَ؟
مَاذَا = isim istifham yang di-bina di atas sukun pada kawasan rafa' menjadi mubtada.
فِيْ يَدِ = jar-
مَاذَا فَعَلْتَ؟
مَاذَا = isim istifham yang di-bina di atas sukun pada daerah nashab menjadi maf'ul bih bagi fi'il yang akan datang (di depannya).
Kedua: Menjadikan ذَا sebagai abjad tambahan (Zaidah) tidak ada kawasan baginya dalam i'rab, maka مَا di-i'rab sesuai dengan posisinya dalam kalam, pola:
مَاذَا فِيْ يَدِكَ؟
مَا = isim istifham yang di-bina di atas sukun pada daerah rafa' menjadi mubtada
ذَا = Isim maushul yang di-bina di atas sukun ada kawasan rafa' menjadi khabar
فِيْ يَدِ = jar-majrur bekerjasama (muta'allaq) dengan shilah yang dibuang tidak ada tempat baginya dalam i'rab.
Meng-i'rab dengan cara pertama ialah lebih mudah.
Ketiga: أَيْنَ senantiasa di-i'rab sebagai zharaf makan.
أَيْنَ ذَهَبَ عَلِيٌّ؟
أَيْنَ = isim istifham di-bina atas fathah pada daerah nashab menjadi zharaf makan bagi fi'il yang akan datang.
أَيْنَ بَيْتُكَ؟
أَيْنَ = isim istifham di-bina atas fathah pada tempat nashab menjadi zharaf makan. dan ia bekerjasama (muta'allaq) dengan khabar muqaddam bagi mubtada muakhar.
مَتَى؟ senantiasa di-i'rab sebagai zharaf zaman.
شكرا جزيلا يا اخي
BalasHapus