IBX5980432E7F390 Hukum Tajwid Al-Quran Surat Al-Baqarah Ayat 30 Lengkap Dengan Penjelasannya - Doa Senjata Muslim

Hukum Tajwid Al-Quran Surat Al-Baqarah Ayat 30 Lengkap Dengan Penjelasannya

Assalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Di dalam kesempatan yang baik ini kita akan membahas analisis hukum tajwid surat Al-Baqarah ayat 30 lengkap dengan klarifikasinya. Para pembaca tentunya sudah memahami bahwa membaca Al-Quran itu sangat penting. Setiap huruf yang kita baca akan diberikan pahala. Nah, supaya bacaan Al-Quran kita semakin baik maka perlu sekali untuk belajar ihwal ilmu tajwid. Marilah kita langsung menyimak aturan-hukum tajwidnya di bawah ini :
Hukum Tajwid Al-Quran Surat Al-Baqarah Ayat 30

Penjelasan lengkap dari nomor-nomor di atas ialah  :
1. Mad asli atau mad thabi’i karena aksara qaf berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
2. Mad wajib muttashil alasannya lantaran karakter mad bertemu hamzah dalam satu kata. Dibaca panjang 4 atau 5 harakat.
3. Ada dua aturan di sini, pertama ghunnah alasannya ialah nun bertanda tasydid dan cara membacanya dengan dengung serta ditahan 3 harakat. Kedua, mad orisinil atau mad thabi’i karena huruf nun berharakat kasrah bertemu ya sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
4. Mad asli atau mad thabi’i karena abjad jim berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
5. Ikhfa karena huruf lam berharakat dhamah tanwin bertemu aksara fa. Tutorial membacanya samar dengan dengung dan ditahan selama 3 harakat. Pada waktu mengucapkan aksara nun mati, perilaku lidah dan bibir dipersiapkan menempati huruf fa.
6. Alif lam qamariyah karena abjad alif lam bertemu aksara hamzah. Dibaca secara terang.
7. Mad asli atau mad thabi’i karena karakter lam berharakat kasrah bertemu ya sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
8. Disebut ta marbutah cara membacanya jikalau waqaf maka huruf ta berkembang menjadi karakter ha yang diwaqaf.
9. Mad orisinil atau mad thabi’i lantaran abjad qaf berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
Baca juga : Doa Bercermin Lengkap Arab Latin dan Artinya.
10. Mad jaiz munfasil alasannya karena karakter mad bertemu hamzah di lain kata. Dibaca panjang 2, 4 atau 5 harakat.
11. Qalqalah sughra karena karakter qalqalah jim berharakat sukun dan posisinya di tengah kalimat. Tutorial membacanya dipantulkan secara ringan.
12. Mad orisinil atau mad thabi’i lantaran aksara fa berharakat kasrah bertemu ya sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
13. Mad asli atau mad thabi’i lantaran aksara ha berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
14. Idgham bighunnah karena huruf nun sukun bertemu aksara ya bertasydid. Dibaca masuk dengan dengung dan ditahan sampai 3 harakat.
15. Mad orisinil atau mad thabi’i karena karakter fa berharakat kasrah bertemu ya sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
16. Mad orisinil atau mad thabi’i lantaran abjad ha berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
17. Alif lam syamsiyah lantaran aksara alif lam bertemu abjad syamsiyah dal. Dibaca idgham (masuk ke aksara dal ).
18. Mad wajib muttashil alasannya lantaran abjad mad bertemu hamzah dalam satu kata. Dibaca panjang 4 atau 5 harakat.
Baca juga : Macam-macam Doa Duduk Diantara Dua Sujud Lengkap Arab Latin dan Artinya.
19. Idzhar syafawi karena aksara mim sukun bertemu dengan karakter dal. Tutorial membacanya dengan jelas.
20. Mad orisinil atau mad thabi’i lantaran aksara qaf berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
21. Ada dua hukum di sini, pertama ghunnah karena nun bertanda tasydid dan cara membacanya dengan dengung serta ditahan 3 harakat. Kedua, mad jaiz munfasil alasannya karena aksara mad bertemu hamzah di lain kata. Dibaca panjang 2, 4 atau 5 harakat.
22. Mad orisinil atau mad thabi’i lantaran karakter mim berharakat  fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
23. Mad orisinil atau mad thabi’i lantaran abjad lam berharakat  fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
24. Mad arid lissukun lantaran aksara mad jatuh sebelum karakter yang diwaqaf. Cara membacanya dengan dipanjangkan 2 sampai 6 harakat.

Hari ini kita mampu saksikan dimana mana ada yang namanya Taman Pendidikan Al-Quran atau TPQ. Biasanya bertempat di masjid. Anak-anak banyak yang mengikuti kegiatan tersebut.  Itu ialah upaya mengajarkan Al-Quran sejak usia dini. Sebagai orang tua pun hendaknya menyampaikan dorongan untuk putra putrinya agar selalu membaca Al-Quran. Wassalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. 
Baca pula : Contoh Doa Untuk Orang Tua Lengkap Arab Latin dan Artinya.

Berlangganan Untuk Mendapatkan Artikel Terbaru:

0 Komentar Untuk "Hukum Tajwid Al-Quran Surat Al-Baqarah Ayat 30 Lengkap Dengan Penjelasannya"

Posting Komentar