IBX5980432E7F390 Hukum Tajwid Al-Quran Surat Al-Baqarah Ayat 83 Lengkap Latin Penjelasan dan Artinya - Doa Senjata Muslim

Hukum Tajwid Al-Quran Surat Al-Baqarah Ayat 83 Lengkap Latin Penjelasan dan Artinya

Assalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Bertemu kembali dengan kami admin blog doasenjatamuslim. Kali ini kita akan bahas analisis hukum tajwid Al-Quran Surat Al-Baqarah ayat 83 lengkap dengan latin penjelasan dan arti serta isi kandungannya. Surat ini adalah surat ke-2 dalam Al-Quran. Al-Baqarah artinya sapi betina. Mempelajari ilmu tajwid memang penting sekali. Maka tidak boleh kita meninggalkannya. Setiap kita tentu ingin bacaan Al-Quran baik dan sesuai kaidah atau tartil. Maka kita mesti senantiasa meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran. Baiklah, kita lansung saja menganalisis tajwidnya seolah-olah di bawah ini.

Hukum Tajwid Surat Al-Baqarah Ayat 83 Lengkap Latin Penjelasan dan Artinya

Penjelasan rinci dari nomor-nomor di surat Al-Baqarah/ 2 ayat 83 di atas ialah :
1. Mad orisinil atau mad thobi’i karena abjad nun berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
2. Mad orisinil atau mad thobi’i karena abjad mim berharakat kasrah bertemu ya' sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
3. Mad orisinil atau mad thobi’i lantaran karakter tsa berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
4. Mad jaiz munfasil alasannya lantaran karakter mad bertemu hamzah di lain kata. Dibaca panjang 2/ 4 atau 5 harakat.
5. Mad wajib muttashil alasannya karena karakter mad bertemu hamzah dalam satu kata. Dibaca panjang 4 atau 5 harakat.
6. Mad asli atau mad thobi’i karena aksara hamzah berharakat kasrah bertemu ya' sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
7. Mad orisinil atau mad thobi’i lantaran abjad lam berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
8. Mad asli atau mad thobi’i lantaran karakter dal berharakat dhamah bertemu wau sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
9. Mad orisinil atau mad thobi’i karena abjad lam berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
10. Tafkhim lantaran lafaz Allah didahului oleh karakter hijaiyah dal berharakat fathah. Cara membacanya tebal.
11. Alif lam qamariyah lantaran abjad alif lam bertemu aksara wau. Dibaca secara terang.
Baca juga : Bacaan Doa Sesudah Wudhu Lengkap Arab Latin Serta Artinya.
12. Mad orisinil atau mad thobi’i lantaran aksara wau berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
13. Mad lin lantaran abjad ya' sukun didahului oleh abjad dal berharakat fathah. Dibaca panjang 2 harakat.
14. Mad asli atau mad thobi’i lantaran abjad sin berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
15. Idgham bighunnah lantaran huruf nun berharakat fathah tanwin bertemu huruf wau. Dibaca masuk dengan dengung dan ditahan sampai 3 harakat.
16. Alif lam qamariyah lantaran aksara alif lam bertemu aksara qaf. Dibaca secara jelas.
17. Mad asli atau mad thobi’i karena abjad ba' berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
18. Alif lam qamariyah karena karakter alif lam bertemu karakter ya'. Dibaca secara terperinci.
19. Mad asli atau mad thobi’i karena aksara ta' berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
20. Mad orisinil atau mad thobi’i lantaran karakter mim berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
21. Alif lam qamariyah lantaran abjad alif lam bertemu aksara mim. Dibaca secara terperinci.
22. Mad orisinil atau mad thobi’i karena huruf sin berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
Baca juga : Bacaan Doa Shalat Istikharah Lengkap Arab Latin Serta Artinya.
23. Mad orisinil atau mad thobi’i lantaran aksara kaf berharakat kasrah bertemu ya' sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
24. Mad lin lantaran aksara wau sukun didahului oleh aksara qaf berharakat fathah. Dibaca panjang 2 harakat.
25. Mad asli atau mad thobi’i karena karakter lam berharakat dhamah bertemu wau sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
26. Terdapat dua hukum di sini. Pertama, ghunnah sebab nun bertanda tasydid dan cara membacanya dengan dengung serta ditahan 3 harakat. Kedua, mad orisinil atau mad thobi’i lantaran huruf nun berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
27.  Idgham bighunnah karena karakter nun berharakat fathah tanwin bertemu aksara wau. Dibaca masuk dengan dengung dan ditahan sampai 3 harakat.
28. Mad orisinil atau mad thobi’i lantaran huruf qaf berharakat kasrah bertemu ya' sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
29. Alif lam syamsiyah karena karakter alif lam bertemu huruf syamsiyah shad. Dibaca idgham (masuk ke aksara shad).
30. Mad orisinil atau mad thobi’i karena karakter lam berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
31. Mad badal karena huruf mad bertemu hamzah dalam satu kata akan tetapi posisi hamzah lebih dahulu dari huruf mad. Cara membacanya panjang 2 harakat.
32. Alif lam syamsiyah karena karakter alif lam bertemu aksara syamsiyah zai. Dibaca idgham (masuk ke huruf zai).
33. Mad arid lissukun lantaran aksara mad jatuh sebelum huruf yang diwaqaf. Cara membacanya dengan dipanjangkan 2 hingga 6 harakat.
Baca juga : Bacaan Doa Selamat Dunia dan Akhirat Lengkap Arab Latin Serta Artinya.
34. Ghunnah karena mim bertanda tasydid dan cara membacanya dengan dengung serta ditahan 3 harakat.
35. Mad lin lantaran abjad ya' sukun didahului oleh abjad lam berharakat fathah. Dibaca panjang 2 harakat.
36. Mad orisinil atau mad thabi’i lantaran abjad lam berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
37. Mad asli atau mad thobi’i lantaran aksara lam berharakat kasrah bertemu ya' sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
38. Idgham bighunnah lantaran karakter lam berharakat fathah tanwin bertemu huruf mim. Dibaca masuk dengan dengung dan ditahan hingga 3 harakat.
39. Ikhfa karena abjad lam berharakat kasrah tanwin bertemu aksara kaf. Tutorial membacanya samar dengan dengung dan ditahan selama 3 harakat. Cara pengucapan seakan-akan bunyi "ng".
40. Idzhar syafawi lantaran aksara mim sukun bertemu dengan abjad wau. Tutorial membacanya dengan terperinci.
41. Ikhfa karena karakter nun sukun bertemu karakter ta'. Tutorial membacanya samar dengan dengung dan ditahan selama 3 harakat. Pada waktu mengucapkan abjad nun mati, sikap ujung pengecap hampir menyentuh pangkal dua buah gigi atas sesuai posisi makhraj ta'.
42. Idgham mislain lantaran aksara mim bersukun bertemu aksara mim. Dibaca masuk dengan dengung dan ditahan hingga 3 harakat.
43. Mad arid lissukun karena aksara mad jatuh sebelum huruf yang diwaqaf. Cara membacanya dengan dipanjangkan 2 hingga 6 harakat.

Selanjutnya untuk latin dari Surat Al-Baqarah Ayat 83 yakni :
WA IDZ AKHADZNAA MIITSAAQA BANII ISRAA IILA LAA TA'BUDUUNA ILLAALLAAHA WA BILWAALIDAINI IHSAANAW WADZILQURBAA WAL YATAAMAA WAL MASAAKIINI WA QUULUU LINNAASI HUSNAWWA AQIIMUUSHSHALAATA WA AATUUZZAKAAH. TSUMMA TAWALLAITUM ILLAA QALIILAMMINKUM WA ANTUMMU'RIDHUUN.
Baca pula : Doa Shalat Dhuha Lengkap Arab Latin dan Artinya.

Selanjutnya, mengenai terjemah bahasa Indonesia atau arti dari Surat Al-Baqarah Ayat 83 ialah :
" dan (ingatlah), dikala Kami mengambil janji dari Bani Israil (yaitu): janganlah kau menyembah selain Allah, dan berbuat kebaikanlah kepada ibu bapa, kaum kerabat, belum dewasa yatim, dan orang-orang miskin, serta ucapkanlah kata-kata yang baik kepada manusia, dirikanlah shalat dan tunaikanlah zakat. kemudian kamu tidak memenuhi akad itu, kecuali sebahagian kecil daripada kamu, dan kau selalu berpaling."

Isi kandungan dari Surat Al-Baqarah Ayat 83 ialah Allah Swt. mengingatkan Nabi Muhammad Saw. atas akad Bani Israil yang harus mereka penuhi. Janji mereka yaitu tidak akan menyembah selain Allah Swt. Kemudian mereka akan berbuat baik kepada orang tua. Sebab dari merekalah seseorang terlahir di dunia dan jasa-jasanya begitu besar. Selanjutnya, setelah berbuat baik kepada orang bau tanah, maka berbuat baik juga kepada kerabat, anak yatim, orang miskin. Tidak lupa pula untuk berkata-kata baik kepada sesama manusia. Lakukan pula ibadah shalat dan menunaikan zakat.
Semoga bermanfaat untuk para pembaca sekalian. Sampai berjumpa kembali dalam pembahasan lainnya. Wassalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh.
Baca juga : Bacaan Shalawat Dalam Shalat Lengkap Arab Latin Serta Artinya.

Berlangganan Untuk Mendapatkan Artikel Terbaru:

0 Komentar Untuk "Hukum Tajwid Al-Quran Surat Al-Baqarah Ayat 83 Lengkap Latin Penjelasan dan Artinya"

Posting Komentar