IBX5980432E7F390 Hukum Tajwid Al-Quran Surat Al-Bayinah Ayat 1-8 Lengkap Dengan Penjelasannya - Doa Senjata Muslim

Hukum Tajwid Al-Quran Surat Al-Bayinah Ayat 1-8 Lengkap Dengan Penjelasannya

Assalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Di hari yang cerah ini kita masih diberi kesempatan dan kesehatan.  Pada kali ini kami akan menyajikan analisis hukum tajwid surat Al-Bayinah Ayat 1-8 lengkap dengan klarifikasinya. Sebagai muslim yang baik tentu ingin bisa membaca Al-Quran dengan benar atau tartil. Maka sangat penting untuk kita mampu mengetahui hukum-hukum tajwid. Baiklah, kita pribadi saja menyimak penjelasan tajwid dari surat Al-Bayinah di bawah ini :

Hukum Tajwid Surat Al-Bayinah Ayat 1-8 Lengkap

Penjelasan lengkap dari nomor-nomor di atas ialah :
1. Idzhar syafawi alasannya huruf mim sukun bertemu dengan aksara ya. Tutorial membacanya dengan terperinci.
2. Alif lam syamsiyah lantaran karakter alif lam bertemu abjad syamsiyah lam. Dibaca idgham (masuk ke aksara lam ).
3. Mad asli atau mad thabi’i karena abjad dzal berharakat kasrah bertemu ya' sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
4. Mad asli atau mad thabi’i karena abjad ra berharakat dhamah bertemu wau sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
5. Idzhar sebab huruf nun sukun bertemu abjad hamzah. Dibaca jelas tidak berdengung sama sekali.
6. Alif lam qamariyah karena karakter alif lam bertemu karakter kaf. Dibaca secara terang.
7. Mad asli atau mad thabi’i lantaran huruf ta berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
8. Alif lam qamariyah karena abjad alif lam bertemu abjad mim. Dibaca secara terperinci.
9. Mad orisinil atau mad thabi’i karena karakter kaf berharakat kasrah bertemu ya' sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
10. Ikhfa lantaran huruf nun sukun bertemu aksara fa. Tutorial membacanya samar dengan dengung dan ditahan selama 3 harakat. Pada waktu mengucapkan abjad nun mati, perilaku pengecap dan bibir dipersiapkan menempati abjad fa.
Baca pula : Doa Shalat Istikharah Lengkap Arab Latin dan Artinya.
11. Mad asli atau mad thabi’i karena karakter kaf berharakat kasrah bertemu ya' sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
12. Mad asli atau mad thabi’i karena abjad ta berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
13. Alif lam qamariyah lantaran abjad alif lam bertemu huruf ba. Dibaca secara terperinci.
14. Disebut ta' marbutah cara membacanya bila waqaf maka ta berkembang menjadi ha yang diwaqaf.
15. Mad asli atau mad thabi’i lantaran aksara sin berharakat dhamah bertemu wau sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
16. Idgham bighunnah lantaran abjad lam berharakat dhamah tanwin bertemu aksara mim tasydid. Dibaca masuk dengan dengung dan ditahan hingga 3 harakat.
17. Tafkhim karena lafaz Allah didahului oleh aksara hijaiyah nun berharakat fathah. Tutorial membacanya tebal.
18. Mad asli atau mad thabi’i karena aksara lam berharakat dhamah bertemu wau sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
19. Idgham bighunnah lantaran abjad lam berharakat fathah tanwin bertemu aksara mim. Dibaca masuk dengan dengung dan ditahan hingga 3 harakat.
20. Disebut ta' marbutah cara membacanya jikalau waqaf maka ta bermetamorfosis ha yang diwaqaf.
Baca pula : Hukum Tajwid Surat Al-Anfal Ayat 72 Lengkap Penjelasannya.
21. Mad asli atau mad thabi’i karena abjad fa berharakat kasrah bertemu ya' sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
22. Mad orisinil atau mad thabi’i lantaran aksara ha berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu aksara hamzah, huruf yang disukun, karakter diwaqaf, dan abjad bertasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
23. Ikhfa karena abjad ba berharakat dhamah tanwin bertemu aksara kaf. Cara membacanya samar dengan dengung dan ditahan selama 3 harakat. Tutorial pengucapan seakan-akan suara "ng".
24. Disebut ta' marbutah cara membacanya bila waqaf maka ta berubah menjadi ha yang diwaqaf.
25. Mad asli atau mad thabi’i lantaran karakter mim berharakat  fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
26. Alif lam syamsiyah lantaran abjad alif lam bertemu karakter syamsiyah lam. Dibaca idgham (masuk ke huruf lam ).
27. Mad asli atau mad thabi’i karena huruf dzal berharakat kasrah bertemu ya' sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
28. Mad badal lantaran aksara mad bertemu hamzah dalam satu kata akan tetapi posisi hamzah lebih dahulu dari huruf mad. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
29. Alif lam qamariyah lantaran abjad alif lam bertemu abjad kaf. Dibaca secara terperinci.
30. Mad orisinil atau mad thabi’i karena aksara ta berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
Baca pula : Doa Menjenguk Orang Sakit Lengkap Arab Latin dan Artinya.
31. Mad orisinil atau mad thabi’i lantaran huruf lam berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
32. Iqlab lantaran karakter nun sukun bertemu aksara ba. Cara membacanya dengan tanwin bermetamorfosis mim dan berdengung serta ditahan selama 3 harakat.
33. Mad asli atau mad thabi’i karena huruf mim berharakat  fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
34. Mad wajib muttashil alasannya lantaran karakter mad bertemu hamzah dalam satu kata. Dibaca panjang 4 atau 5 harakat.
35. Alif lam qamariyah karena abjad alif lam bertemu karakter ba. Dibaca secara terperinci.
36. Disebut ta marbutah cara membacanya bila waqaf maka ta berkembang menjadi ha yang diwaqaf.
37. Mad jaiz munfasil alasannya karena karakter mad bertemu hamzah di lain kata. Dibaca panjang 2, 4 atau 5 harakat.
38. Mad jaiz munfasil alasannya karena karakter mad bertemu hamzah di lain kata. Dibaca panjang 2, 4 atau 5 harakat.
39. Mad asli atau mad thabi’i lantaran karakter lam berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
40. Tafkhim lantaran lafaz Allah didahului oleh huruf hijaiyah dal berharakat dhamah. Cara membacanya tebal.
Baca pula : Doa Lailatul Qadr Lengkap Arab Latin dan Artinya.
41. Mad asli atau mad thabi’i lantaran karakter shad berharakat kasrah bertemu ya sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
42. Alif lam syamsiyah karena karakter alif lam bertemu huruf syamsiyah dal. Dibaca idgham (masuk ke abjad dal ).
43. Mad orisinil atau mad thabi’i karena aksara dal berharakat kasrah bertemu ya sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
44. Mad wajib muttashil alasannya karena karakter mad bertemu hamzah dalam satu kata. Dibaca panjang 4 atau 5 harakat.
45. Mad orisinil atau mad thabi’i karena abjad qaf berharakat kasrah bertemu ya sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
46. Alif lam syamsiyah lantaran abjad alif lam bertemu aksara syamsiyah shad. Dibaca idgham (masuk ke abjad shad ).
47. Mad asli atau mad thabi’i karena abjad lam berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
48. Alif lam syamsiyah lantaran huruf alif lam bertemu abjad syamsiyah zai. Dibaca idgham (masuk ke huruf zai ).
49. Mad asli atau mad thabi’i karena huruf kaf berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
50. Mad orisinil atau mad thabi’i lantaran aksara dzal berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
Baca pula : Macam-macam Bacaan Shalawat Dalam Shalat Lengkap Arab Latin dan Artinya.
51. Mad orisinil atau mad thabi’i karena karakter dal berharakat kasrah bertemu ya sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
52. Alif lam qamariyah lantaran karakter alif lam bertemu karakter qaf. Dibaca secara terang.
53. Disebut ta marbutah cara membacanya bila waqaf maka ta bermetamorfosis ha yang diwaqaf.

Selanjutnya untuk Surat Al Bayinah Ayat 6 sampai 8 yaitu :

Hukum Tajwid Surat Al-Bayinah Ayat 6-8 Lengkap Dengan Penjelasannya

Keterangan lengkap dari gambar di atas ialah :
54. Ghunnah karena nun bertanda tasydid dan cara membacanya dengan dengung serta ditahan 3 harakat.
55. Alif lam syamsiyah karena abjad alif lam bertemu aksara syamsiyah lam. Dibaca idgham (masuk ke aksara lam ).
56. Mad asli atau mad thabi’i karena karakter dzal berharakat kasrah bertemu ya' sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
57. Mad orisinil atau mad thabi’i lantaran abjad ra berharakat dhamah bertemu wau sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
58. Idzhar alasannya ialah aksara nun sukun bertemu abjad hamzah. Dibaca terperinci tidak berdengung sama sekali.
59. Alif lam qamariyah lantaran aksara alif lam bertemu karakter kaf. Dibaca secara terang.
60. Mad asli atau mad thabi’i karena karakter ta berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
61. Alif lam qamariyah karena huruf alif lam bertemu huruf mim. Dibaca secara terang.
62. Mad asli atau mad thabi’i karena karakter kaf berharakat kasrah bertemu ya' sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
63. Mad orisinil atau mad thabi’i lantaran abjad fa berharakat kasrah bertemu ya sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
64. Mad asli atau mad thabi’i lantaran abjad nun berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
Baca pula : Doa Sebelum Makan Lengkap Arab Latin dan Artinya.
65. Ghunnah sebab nun bertanda tasydid dan cara membacanya dengan dengung serta ditahan 3 harakat.
66. Mad asli atau mad thabi’i lantaran huruf kha berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
67. Mad asli atau mad thabi’i karena huruf dal berharakat kasrah bertemu ya sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
68. Mad orisinil atau mad thabi’i karena aksara fa berharakat kasrah bertemu ya sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
69. Mad asli atau mad thabi’i lantaran aksara ha berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, abjad yang diwaqaf, dan aksara bertasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
70. Mad wajib muttashil alasannya karena karakter mad bertemu hamzah dalam satu kata. Dibaca panjang 4 atau 5 harakat.
71. Idzhar syafawi karena karakter mim sukun bertemu dengan abjad syin. Tutorial membacanya dengan terang.
72. Alif lam qamariyah lantaran huruf alif lam bertemu karakter ba. Dibaca secara terang.
73. Disebut ta marbutah cara membacanya jika waqaf maka ta berubah menjadi ha yang diwaqaf.
74. Ghunnah alasannya yaitu nun bertanda tasydid dan cara membacanya dengan dengung serta ditahan 3 harakat.
Baca pula : Apa Itu Wukuf Haji ?
75. Alif lam syamsiyah lantaran karakter alif lam bertemu huruf syamsiyah lam. Dibaca idgham (masuk ke aksara lam ).
76. Mad orisinil atau mad thabi’i karena abjad dzal berharakat kasrah bertemu ya' sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
77. Mad badal karena huruf mad bertemu hamzah dalam satu kata akan tetapi posisi hamzah lebih dahulu dari karakter mad. Cara membacanya panjang 2 harakat.
78. Mad orisinil atau mad thabi’i karena karakter nun berharakat dhamah bertemu wau sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
79. Alif lam syamsiyah karena huruf alif lam bertemu abjad syamsiyah shad. Dibaca idgham (masuk ke huruf shad ).
80. Mad orisinil atau mad thabi’i lantaran huruf ha' berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
81. Mad wajib muttashil alasannya karena huruf mad bertemu hamzah dalam satu kata. Dibaca panjang 4 atau 5 harakat.
82. Idzhar sebab karakter nun sukun bertemu huruf  kha. Dibaca jelas tidak berdengung sama sekali.
83. Mad lin lantaran aksara ya sukun didahului oleh aksara kha berharakat fathah. Dibaca panjang 2 harakat.
84. Alif lam qamariyah karena huruf alif lam bertemu huruf ba. Dibaca secara terang.
Baca pula : Bagaimana Cara Menjawab Salam Yang Benar.
85. Disebut ta marbutah cara membacanya jikalau waqaf maka ta menjelma ha yang diwaqaf.
86. Mad wajib muttashil alasannya lantaran huruf mad bertemu hamzah dalam satu kata. Dibaca panjang 4 atau 5 harakat.
87. Idzhar syafawi lantaran huruf mim sukun bertemu dengan huruf 'ain. Cara membacanya dengan jelas.
88. Ikhfa lantaran aksara nun sukun bertemu aksara dal. Cara membacanya samar dengan dengung dan ditahan selama 3 harakat. 
89. Idzhar syafawi karena abjad mim sukun bertemu dengan huruf jim. Tutorial membacanya dengan terang.
90. Ada dua aturan di sini, pertama ghunnah karena nun bertanda tasydid dan cara membacanya dengan dengung serta ditahan 3 harakat. Kedua, mad orisinil atau mad thabi’i lantaran karakter nun berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
91. Ikhfa karena abjad nun berharakat kasrah tanwin bertemu huruf ta. Cara membacanya samar dengan dengung dan ditahan selama 3 harakat. 
92. Qalqalah sughra lantaran aksara qalqalah jim berharakat sukun dan posisinya di tengah kalimat. Tutorial membacanya dipantulkan secara ringan.
93. Mad orisinil atau mad thabi’i lantaran huruf ra berharakat kasrah bertemu ya sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
94. Ikhfa lantaran aksara nun sukun bertemu aksara ta. Cara membacanya samar dengan dengung dan ditahan selama 3 harakat. 
Baca pula : Doa Bulan Rajab dan Syaban Lengkap Arab Latin dan Artinya.
95. Alif lam qamariyah lantaran abjad alif lam bertemu karakter hamzah. Dibaca secara terperinci.
96. Idzhar alasannya aksara nun sukun bertemu karakter hamzah. Dibaca terperinci tidak berdengung sama sekali.
97. Mad orisinil atau mad thabi’i lantaran aksara ha berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
98. Mad asli atau mad thabi’i karena abjad kha berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
99. Mad orisinil atau mad thabi’i karena karakter dal berharakat kasrah bertemu ya sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
100. Mad asli atau mad thabi’i lantaran abjad fa berharakat kasrah bertemu ya' sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
101. Mad jaiz munfasil alasannya lantaran aksara mad bertemu hamzah di lain kata. Dibaca panjang 2, 4 atau 5 harakat.
102. Mad 'iwadh karena dal berharakat fathah tanwin dan diwaqaf. Cara membacanya tanwin dihilangkan dan panjangnya 2 harakat. 
103. Tafkhim lantaran lafaz Allah didahului oleh karakter hijaiyah ya berharakat fathah. Cara membacanya tebal.
104. Idzhar karena huruf nun sukun bertemu karakter ha. Dibaca terang tidak berdengung sama sekali.
Baca pula : Bacaan Doa Duduk Diantara Dua Sujud Lengkap Arab Latin dan Artinya.
105. Idzhar syafawi karena abjad mim sukun bertemu dengan huruf wau. Tutorial membacanya dengan jelas.
106. Mad asli atau mad thabi’i karena karakter dhad berharakat dhamah bertemu wau sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
107. Idzhar karena abjad nun sukun bertemu aksara ha. Dibaca jelas tidak berdengung sama sekali.
108. Mad asli atau mad thabi’i lantaran huruf dzal berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
109. Idzhar alasannya yaitu huruf nun sukun bertemu aksara  kha. Dibaca terang tidak berdengung sama sekali.

Selalu membiasakan setiap hari membaca Al-Quran menyampaikan banyak manfaat. Lebih manis lagi kalau hal itu dilakukan semenjak usia dini. Tetapi bagi orang yang sudah renta, tidak ada kata terlambat sama sekali. Selama hayat masih dikandung tubuh, kita bisa memulainya. Wassalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh.
Baca pula : Doa Bercermin Lengkap Arab Latin dan Artinya.

Berlangganan Untuk Mendapatkan Artikel Terbaru:

0 Komentar Untuk "Hukum Tajwid Al-Quran Surat Al-Bayinah Ayat 1-8 Lengkap Dengan Penjelasannya"

Posting Komentar