IBX5980432E7F390 Hukum Tajwid Al-Quran Surat Al-Baqarah Ayat 1-10 Lengkap Penjelasannya - Doa Senjata Muslim

Hukum Tajwid Al-Quran Surat Al-Baqarah Ayat 1-10 Lengkap Penjelasannya

Assalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Dalam kesempatan yang berbahagia ini kita akan bahas analisis hukum tajwid Al-Quran Surat Al-Baqarah Ayat 1-10 lengkap dengan klarifikasinya. Dengan menguasai ilmu ini maka bacaan Al-Quran seseorang akan tartil. Enak didengar dan akan meresap ke dalam jiwa manusia. Surat ini adalah surat ke-2 di dalam Al-Quran. Untuk melihat lebih jauh ihwal hukum tajwid dari ayat ini maka kita simak saja klarifikasinya berikut.
ANALISIS TAJWID SURAT AL-BAQARAH AYAT 1-6 

Hukum Tajwid Surat Al-Baqarah Ayat 1-10 Lengkap Penjelasannya

Di bawah ini klarifikasi rinci dari nomor-nomor pada ayat di atas yaitu :
1. Mad lazim harfi musyba'/ mutsaqqal karena terdapat aksara yang terdapat di pembukaan surat. Pembacaannya dengan nama hurufnya dan di idghomkan. Panjangnya 6 harakat. Sering disebut fawatihussuwar.
2. Mad orisinil atau mad thabi’i lantaran huruf dzal berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
3. Alif lam qamariyah lantaran huruf alif lam bertemu karakter kaf. Dibaca secara terperinci.
4. Mad orisinil atau mad thabi’i karena abjad ta' berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
5. Mad orisinil atau mad thabi’i karena abjad lam berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
6. Mad lin karena abjad ya' sukun didahului oleh karakter ra berharakat fathah. Dibaca panjang 2 harakat.
7. Mad asli atau mad thabi’i karena aksara fa' berharakat kasrah bertemu ya' sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
8. Idgham bilaghunnah lantaran huruf dal berharakat fathah tanwin bertemu karakter lam tasydid. Dibaca lebur tanpa dengung. Bunyi tanwin hilang.
9. Mad arid lissukun lantaran huruf mad jatuh sebelum huruf yang diwaqaf. Tutorial membacanya dengan dipanjangkan 2 sampai 6 harakat.
10. Alif lam syamsiyah lantaran aksara alif lam bertemu abjad syamsiyah lam. Dibaca idgham (masuk ke karakter lam ).
11. Mad asli atau mad thabi’i lantaran karakter ya' berharakat kasrah bertemu ya' sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
Baca juga : Doa Selamat Dunia Akhirat Lengkap Arab Latin dan Artinya.
12. Mad asli atau mad thabi’i lantaran aksara nun berharakat dhamah bertemu wau sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
13. Alif lam qamariyah lantaran huruf alif lam bertemu karakter ghain. Dibaca secara terang.
14. Mad lin lantaran huruf ya' sukun didahului oleh aksara ghain berharakat fathah. Dibaca panjang 2 harakat.
15. Mad asli atau mad thabi’i karena huruf qaf berharakat kasrah bertemu ya' sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
16. Mad asli atau mad thabi’i karena karakter mim berharakat dhamah bertemu wau sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
17. Alif lam syamsiyah lantaran huruf alif lam bertemu abjad syamsiyah shad. Dibaca idgham (masuk ke aksara shad ).
18.  Mad asli atau mad thabi’i karena huruf lam berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
19. Ada dua aturan di sini, pertama ghunnah sebab mim bertanda tasydid dan cara membacanya dengan dengung serta ditahan 3 harakat. Kedua, mad orisinil atau mad thabi’i karena karakter mim berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
20. Qalqalah sughra lantaran huruf qalqalah qaf berharakat sukun dan posisinya di tengah kalimat. Tutorial membacanya dipantulkan secara ringan.
21. Mad asli atau mad thabi’i karena karakter nun berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
22. Idzhar syafawi lantaran abjad mim sukun bertemu dengan karakter ya'. Tutorial membacanya dengan terang.
23. Ikhfa karena abjad nun sukun bertemu aksara fa'. Tutorial membacanya samar dengan dengung dan ditahan selama 3 harakat. Pada waktu mengucapkan aksara nun mati, sikap lidah dan bibir dipersiapkan menempati huruf fa'.
Baca juga : Doa Berbuka Puasa Lengkap Arab Latin dan Artinya.
24. Mad arid lissukun karena aksara mad jatuh sebelum abjad yang diwaqaf. Cara membacanya dengan dipanjangkan 2 hingga 6 harakat.
25. Alif lam syamsiyah lantaran aksara alif lam bertemu karakter syamsiyah lam. Dibaca idgham (masuk ke huruf lam ).
26. Mad orisinil atau mad thabi’i karena abjad ya' berharakat kasrah bertemu ya' sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
27. Mad asli atau mad thabi’i lantaran aksara nun berharakat dhamah bertemu wau sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
28. Mad jaiz munfasil alasannya karena aksara mad bertemu hamzah di lain kata. Dibaca panjang 2/ 4 atau 5 harakat.
29. Ikhfa lantaran huruf nun sukun bertemu huruf zai. Tutorial membacanya samar dengan dengung dan ditahan selama 3 harakat. Pada waktu mengucapkan aksara nun mati, perilaku pengecap dan bibir dipersiapkan menempati aksara zai.
30. Mad lin karena aksara ya' sukun didahului oleh aksara lam berharakat fathah. Dibaca panjang 2 harakat.
31. Mad jaiz munfasil alasannya lantaran huruf mad bertemu hamzah di lain kata. Dibaca panjang 2/ 4 atau 5 harakat.
32. Ikhfa lantaran abjad nun sukun bertemu aksara zai. Tutorial membacanya samar dengan dengung dan ditahan selama 3 harakat. Pada waktu mengucapkan abjad nun mati, perilaku lidah dan bibir dipersiapkan menempati abjad zai.
33. Ikhfa lantaran aksara lam berharakat kasrah tanwin bertemu karakter qaf. Cara membacanya samar dengan dengung dan ditahan selama 3 harakat. Tutorial pengucapan seperti suara "ng".
34. Qalqalah sughra karena huruf qalqalah ba' berharakat sukun dan posisinya di tengah kalimat. Tutorial membacanya dipantulkan secara ringan.
35. Mad badal lantaran abjad mad bertemu hamzah dalam satu kata akan tetapi posisi hamzah lebih dahulu dari aksara mad. Cara membacanya panjang 2 harakat.
36. Idzhar syafawi lantaran abjad mim sukun bertemu dengan abjad ya'. Cara membacanya dengan terperinci.
37. Mad arid lissukun lantaran huruf mad jatuh sebelum karakter yang diwaqaf. Tutorial membacanya dengan dipanjangkan 2 hingga 6 harakat.
Baca juga : Doa Shalat Dhuha Lengkap Arab Latin dan Artinya.

ANALISIS TAJWID SURAT AL-BAQARAH AYAT 5-7

Hukum Tajwid Surat Al-Baqarah Ayat 1-10 Lengkap Penjelasannya

Penjelasan rinci dari nomor-nomor pada ayat di atas yaitu :
38. Mad wajib muttashil alasannya lantaran karakter mad bertemu hamzah dalam satu kata. Dibaca panjang 4 atau 5 harakat.
39. Mad orisinil atau mad thabi’i lantaran aksara lam berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
40. Idgham bighunnah karena abjad dal berharakat fathah tanwin bertemu aksara mim. Dibaca masuk dengan dengung dan ditahan hingga 3 harakat.
41. Idgham bilaghunnah lantaran karakter nun sukun bertemu karakter ra' tasydid. Dibaca lebur tanpa dengung. Bunyi tanwin hilang.
42. Idzhar syafawi karena abjad mim sukun bertemu dengan abjad wau. Tutorial membacanya dengan terperinci.
43. Mad wajib muttashil alasannya karena huruf mad bertemu hamzah dalam satu kata. Dibaca panjang 4 atau 5 harakat.
44. Alif lam qamariyah karena huruf alif lam bertemu karakter mim. Dibaca secara jelas.
45. Mad arid lissukun karena huruf mad jatuh sebelum huruf yang diwaqaf. Cara membacanya dengan dipanjangkan 2 hingga 6 harakat.
46. Ghunnah sebab nun bertanda tasydid dan cara membacanya dengan dengung serta ditahan 3 harakat.
47. Alif lam syamsiyah lantaran huruf alif lam bertemu karakter syamsiyah lam. Dibaca idgham (masuk ke karakter lam ).
48. Mad orisinil atau mad thabi’i lantaran karakter ya' berharakat kasrah bertemu ya' sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
Baca juga : Doa Sesudah Wudhu Lengkap Arab Latin dan Artinya.
49. Mad orisinil atau mad thabi’i karena karakter ra' berharakat dhamah bertemu wau sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
50. Mad wajib muttashil alasannya lantaran aksara mad bertemu hamzah dalam satu kata. Dibaca panjang 4 atau 5 harakat.
51. Idzhar karena abjad nun sukun bertemu karakter 'ain. Dibaca jelas tidak berdengung sama sekali.
52.  Mad lin lantaran huruf ya' sukun didahului oleh abjad lam berharakat fathah. Dibaca panjang 2 harakat.
53. Idzhar syafawi lantaran abjad mim sukun bertemu dengan aksara hamzah. Tutorial membacanya dengan terang.
54. Ikhfa karena aksara nun sukun bertemu karakter dzal. Cara membacanya samar dengan dengung dan ditahan selama 3 harakat. Pada waktu mengucapkan huruf nun mati, sikap pengecap dan bibir dipersiapkan menempati huruf dzal.
55. Idzhar syafawi karena abjad mim sukun bertemu dengan abjad hamzah. Cara membacanya dengan terperinci.
56. Idzhar syafawi karena abjad mim sukun bertemu dengan abjad lam. Tutorial membacanya dengan terperinci.
57. Idzhar syafawi karena aksara mim sukun bertemu dengan aksara ta'. Cara membacanya dengan jelas.
58. Idzhar syafawi lantaran abjad mim sukun bertemu dengan huruf lam. Cara membacanya dengan terperinci.
59. Mad asli atau mad thabi’i karena aksara lam berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
60. Mad arid lissukun karena abjad mad jatuh sebelum abjad yang diwaqaf. Cara membacanya dengan dipanjangkan 2 hingga 6 harakat.
61. Tafkhim lantaran lafaz Allah didahului oleh aksara hijaiyah mim berharakat fathah. Cara membacanya tebal.
62. Mad orisinil atau mad thabi’i lantaran aksara lam berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
Baca juga : Doa Lailatul Qadr Lengkap Arab Latin dan Artinya.
63. Mad asli atau mad thabi’i karena aksara lam berharakat dhamah bertemu wau sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
64. Idzhar syafawi lantaran karakter mim sukun bertemu dengan abjad wau. Tutorial membacanya dengan terperinci.
65. Mad orisinil atau mad thabi’i lantaran aksara lam berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
66. Idzhar syafawi lantaran karakter mim sukun bertemu dengan huruf 'ain. Cara membacanya dengan jelas.
67. Mad jaiz munfasil alasannya karena huruf mad bertemu hamzah di lain kata. Dibaca panjang 2/ 4 atau 5 harakat.
68. Qalqalah sughra lantaran abjad qalqalah ba' berharakat sukun dan posisinya di tengah kalimat. Cara membacanya dipantulkan secara ringan.
69. Mad orisinil atau mad thabi’i lantaran aksara shad berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
70. Idzhar syafawi lantaran abjad mim sukun bertemu dengan huruf ghain. Cara membacanya dengan jelas.
71. Mad asli atau mad thabi’i karena aksara syin berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
72. Idgham bighunnah lantaran huruf ta' berharakat dhamah tanwin bertemu aksara wau. Dibaca masuk dengan dengung dan ditahan sampai 3 harakat.
73. Idzhar syafawi lantaran aksara mim sukun bertemu dengan huruf 'ain. Cara membacanya dengan terang.
74. Mad orisinil atau mad thabi’i lantaran abjad dzal berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
75. Idzhar alasannya abjad ba' berharakat dhamah tanwin bertemu karakter 'ain. Dibaca terang tidak berdengung sama sekali.
76. Mad arid lissukun lantaran karakter mad jatuh sebelum huruf yang diwaqaf. Cara membacanya dengan dipanjangkan 2 sampai 6 harakat.
Baca juga : Perbedaan Haji dan Umrah Lengkap.

ANALISIS TAJWID SURAT AL-BAQARAH AYAT  8-10

Hukum Tajwid Surat Al-Baqarah Ayat 1-10 Lengkap Penjelasannya

Penjelasan detil dari nomor-nomor pada ayat di atas yaitu :
77. Ada tiga hukum di sini, pertama alif lam syamsiyah lantaran aksara alif lam bertemu huruf syamsiyah nun. Dibaca idgham (masuk ke aksara nun ). Kedua, ghunnah karena nun bertanda tasydid dan cara membacanya dengan dengung serta ditahan 3 harakat. Ketiga, mad asli atau mad thabi’i lantaran aksara nun berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
78. Idgham bighunnah lantaran aksara nun sukun bertemu karakter ya'. Dibaca masuk dengan dengung dan ditahan sampai 3 harakat.
79. Mad orisinil atau mad thabi’i lantaran aksara qaf berharakat dhamah bertemu wau sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
80. Mad badal karena huruf mad bertemu hamzah dalam satu kata akan tetapi posisi hamzah lebih dahulu dari huruf mad. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
81. Ada dua aturan di sini, pertama ghunnah alasannya mim bertanda tasydid dan cara membacanya dengan dengung serta ditahan 3 harakat. Kedua, mad asli atau mad thabi’i karena huruf mim berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
82. Tarqiq lantaran lafaz Allah didahului oleh karakter hijaiyah ba' berharakat kasrah. Cara membacanya tipis.
83. Mad lin karena abjad wau sukun didahului oleh abjad ya' berharakat fathah. Dibaca panjang 2 harakat.
84. Ada dua hukum di sini, pertama alif lam qamariyah lantaran karakter alif lam bertemu abjad hamzah. Dibaca secara terang. Kedua, mad badal karena huruf mad bertemu hamzah dalam satu kata akan tetapi posisi hamzah lebih dahulu dari huruf mad. Cara membacanya panjang 2 harakat.
Baca juga : Doa Keluar Rumah Lengkap Arab Latin dan Artinya.
85. Mad orisinil atau mad thabi’i karena karakter mim berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
86. Ikhfa syafawi alasannya ialah aksara mim sukun bertemu abjad ba'. Dibaca samar dengan dengung dan ditahan selama 3 harakat.
87. Mad arid lissukun karena karakter mad jatuh sebelum huruf yang diwaqaf. Tutorial membacanya dengan dipanjangkan 2 hingga 6 harakat.
88. Mad asli atau mad thabi’i lantaran aksara kha berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
89. Mad orisinil atau mad thabi’i lantaran aksara 'ain berharakat dhamah bertemu wau sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
90. Tafkhim karena lafaz Allah didahului oleh karakter hijaiyah nun berharakat fathah. Cara membacanya tebal.
91. Alif lam syamsiyah lantaran abjad alif lam bertemu huruf syamsiyah lam. Dibaca idgham (masuk ke karakter lam ).
92. Mad asli atau mad thabi’i karena aksara dzal berharakat kasrah bertemu ya' sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
Baca juga : Doa Panjang Umur Lengkap Arab Latin dan Artinya.
93. Mad badal lantaran huruf mad bertemu hamzah dalam satu kata akan tetapi posisi hamzah lebih dahulu dari karakter mad. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
94. Mad orisinil atau mad thabi’i lantaran karakter nun berharakat dhamah bertemu wau sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
95. Mad asli atau mad thabi’i lantaran karakter mim berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
96.  Mad orisinil atau mad thabi’i lantaran abjad 'ain berharakat dhamah bertemu wau sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
97. Mad jaiz munfasil alasannya lantaran aksara mad bertemu hamzah di lain kata. Dibaca panjang 2/ 4 atau 5 harakat.
98. Ikhfa lantaran abjad nun sukun bertemu karakter fa'. Cara membacanya samar dengan dengung dan ditahan selama 3 harakat. Pada waktu mengucapkan aksara nun mati, perilaku lidah dan bibir dipersiapkan menempati karakter fa'.
99.  Idzhar syafawi karena karakter mim sukun bertemu dengan karakter wau. Tutorial membacanya dengan jelas.
100. Mad orisinil atau mad thabi’i karena karakter mim berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
101. Mad arid lissukun karena karakter mad jatuh sebelum aksara yang diwaqaf. Cara membacanya dengan dipanjangkan 2 sampai 6 harakat.
102. Mad asli atau mad thabi’i karena huruf fa' berharakat kasrah bertemu ya' sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
103. Mad asli atau mad thabi’i karena aksara lam berharakat dhamah bertemu wau sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
104. Idgham mislain lantaran huruf mim bersukun bertemu aksara mim. Dibaca masuk dengan dengung dan ditahan sampai 3 harakat.
105. Ikhfa lantaran abjad dlad berharakat dhamah tanwin bertemu huruf fa'. Tutorial membacanya samar dengan dengung dan ditahan selama 3 harakat. Pada waktu mengucapkan abjad nun mati, sikap pengecap dan bibir dipersiapkan menempati huruf dlad.
106. Mad orisinil atau mad thabi’i lantaran karakter zai berharakat dhamah bertemu wau sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
107. Tafkhim lantaran lafaz Allah didahului oleh karakter hijaiyah wau berharakat fathah. Cara membacanya tebal.
Baca juga : Doa Penutup Majelis Lengkap Arab Latin dan Artinya.
108. Mad 'iwadh karena dlad berharakat fathah tanwin dan diwaqaf. Tutorial membacanya tanwin dihilangkan dan panjangnya 2 harakat. 
109. Idzhar syafawi karena abjad mim sukun bertemu dengan abjad 'ain. Tutorial membacanya dengan terperinci.
110. Mad orisinil atau mad thabi’i lantaran abjad dzal berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
111. Idzhar karena karakter ba' berharakat dhamah tanwin bertemu karakter hamzah. Dibaca terperinci tidak berdengung sama sekali.
112. Mad orisinil atau mad thabi’i lantaran aksara lam berharakat kasrah bertemu ya' sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
113. Iqlab lantaran huruf sin berharakat fathah tanwin bertemu aksara ba. Cara membacanya dengan tanwin menjelma mim dan berdengung serta ditahan selama 3 harakat.
114. Mad asli atau mad thabi’i lantaran huruf mim berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
115. Mad orisinil atau mad thabi’i lantaran abjad kaf berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
116. Mad orisinil atau mad thabi’i lantaran aksara nun berharakat dhamah bertemu wau sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
117. Mad arid lissukun karena aksara mad jatuh sebelum huruf yang diwaqaf. Cara membacanya dengan dipanjangkan 2 hingga 6 harakat.

Belajar ilmu tajwid sebenarnya tidak sulit. Bahkan mampu menyenangkan dan melatih ketajaman kita berpikir. Di samping itu, tentu saja akan menimbulkan bacaan Al-Quran kita akan lebih manis lagi. Semoga analisis tersebut bermanfaat. Ada kurang lebihnya mohon maaf. Sampai ketemu lagi dalam pembahasan selanjutnya. Wassalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh.
Baca juga : Doa Naik Kendaraan Lengkap Arab Latin dan Artinya.

Berlangganan Untuk Mendapatkan Artikel Terbaru:

7 Komentar Untuk "Hukum Tajwid Al-Quran Surat Al-Baqarah Ayat 1-10 Lengkap Penjelasannya"

  1. alhamdulillah, mudahan manfaat untuk bisa di ajarkan kepada jamaah masjid nurul huda palabuhanratu. amiiin.

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah... bermanfaat sekali

    BalasHapus
  3. TERIMA KASIH INI SANGAT BERMANFAAT, SEMOGA ALLAH MEMBERI LIMPAHAN PAHALA

    BalasHapus
  4. Alhamdulillah sangat bermanfaat

    BalasHapus