IBX5980432E7F390 Hukum Tajwid Al-Quran Surat Al-Baqarah Ayat 11-20 Lengkap Dengan Penjelasannya - Doa Senjata Muslim

Hukum Tajwid Al-Quran Surat Al-Baqarah Ayat 11-20 Lengkap Dengan Penjelasannya

Assalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Kali ini kita akan membahas analisis hukum tajwid Al-Quran Surat Al-Baqarah Ayat 11-20 lengkap dengan penjelasannya. Dengan mempelajari ilmu ini maka kita akan bisa membaca Al-Quran dengan baik. Sesuai dengan kaidahnya. Surat ini adalah surat ke-2 di Al-Quran. Selanjutnya, untuk melihat lebih jauh tentang aturan tajwid dari ayat tersebut maka langsung kita simak saja klarifikasinya.

HUKUM TAJWID SURAT AL-BAQARAH AYAT 11 - 13

Hukum Tajwid Surat Al-Baqarah Ayat 11-20 Lengkap Dengan Penjelasannya

Di bawah ini penjelasan rinci dari nomor-nomor pada Surat Al-Baqarah ayat 11 - 13 di atas yaitu :
1. Mad orisinil atau mad thabi’i karena huruf dzal berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
2. Mad orisinil atau mad thabi’i lantaran karakter qaf berharakat kasrah bertemu ya' sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
3. Idzhar syafawi lantaran karakter mim sukun bertemu dengan abjad lam. Cara membacanya dengan jelas.
4. Mad asli atau mad thabi’i karena huruf lam berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
5. Mad asli atau mad thabi’i karena aksara dal berharakat dhamah bertemu wau sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
6. Alif lam qamariyah lantaran abjad alif lam bertemu abjad hamzah. Dibaca secara terperinci.
7. Mad asli atau mad thabi’i lantaran karakter qaf berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
8. Mad jaiz munfasil alasannya lantaran huruf mad bertemu hamzah di lain kata. Dibaca panjang 2/ 4 atau 5 harakat.
9. Ghunnah alasannya ialah nun bertanda tasydid dan cara membacanya dengan dengung serta ditahan 3 harakat.
10. Mad orisinil atau mad thabi’i lantaran huruf mim berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
11. Mad arid lissukun lantaran karakter mad jatuh sebelum huruf yang diwaqaf. Cara membacanya dengan dipanjangkan 2 hingga 6 harakat.
Baca juga : Bacaan Takbir Hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha Lengkap Arab Latin dan Artinya.
12. Mad jaiz munfasil alasannya karena huruf mad bertemu hamzah di lain kata. Dibaca panjang 2/ 4 atau 5 harakat.
13. Ghunnah karena nun bertanda tasydid dan cara membacanya dengan dengung serta ditahan 3 harakat.
14. Idzhar syafawi lantaran karakter mim sukun bertemu dengan karakter ha. Tutorial membacanya dengan terperinci.
15. Alif lam qamariyah lantaran huruf alif lam bertemu aksara mim. Dibaca secara terang.
16. Mad orisinil atau mad thabi’i lantaran aksara dal berharakat dhamah bertemu wau sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
17. Mad orisinil atau mad thabi’i karena abjad lam berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
18. Idgham bilaghunnah karena karakter nun sukun bertemu aksara lam bertanda tasydid. Dibaca lebur tanpa dengung. Bunyi tanwin hilang.
19. Mad orisinil atau mad thabi’i karena aksara lam berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
20. Mad arid lissukun lantaran huruf mad jatuh sebelum karakter yang diwaqaf. Cara membacanya dengan dipanjangkan 2 hingga 6 harakat.
21. Mad orisinil atau mad thabi’i karena abjad dzal berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
22. Mad orisinil atau mad thabi’i lantaran aksara qaf berharakat kasrah bertemu ya' sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
Baca juga : Doa Selamat Dunia Akhirat Lengkap Arab Latin dan Artinya.
23. Idzhar syafawi karena huruf mim sukun bertemu dengan karakter hamzah. Cara membacanya dengan jelas.
24. Mad badal karena huruf mad bertemu hamzah dalam satu kata akan tetapi posisi hamzah lebih dahulu dari abjad mad. Cara membacanya panjang 2 harakat.
25. Mad asli atau mad thabi’i karena aksara nun berharakat dhamah bertemu wau sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
26. Mad jaiz munfasil alasannya lantaran karakter mad bertemu hamzah di lain kata. Dibaca panjang 2/ 4 atau 5 harakat.
27. Mad badal karena karakter mad bertemu hamzah dalam satu kata akan tetapi posisi hamzah lebih dahulu dari karakter mad. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
28. Alif lam syamsiyah lantaran aksara alif lam bertemu abjad syamsiyah nun. Dibaca idgham (masuk ke aksara nun ).
29. Ada dua aturan di sini, pertama ghunnah karena nun bertanda tasydid dan cara membacanya dengan dengung serta ditahan 3 harakat. Kedua, mad orisinil atau mad thabi’i lantaran karakter nun berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
30. Mad orisinil atau mad thabi’i lantaran aksara  qaf berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
31. Mad jaiz munfasil alasannya lantaran karakter mad bertemu hamzah di lain kata. Dibaca panjang 2/ 4 atau 5 harakat.
32. Mad jaiz munfasil alasannya lantaran aksara mad bertemu hamzah di lain kata. Dibaca panjang 2/ 4 atau 5 harakat.
33. Mad badal karena aksara mad bertemu hamzah dalam satu kata akan tetapi posisi hamzah lebih dahulu dari aksara mad. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
Baca juga : Hukum Tajwid Surat An-Naas Lengkap Dengan Penjelasannya.
34. Alif lam syamsiyah karena abjad alif lam bertemu aksara syamsiyah sin. Dibaca idgham (masuk ke aksara sin ).
35. Mad wajib muttashil alasannya karena abjad mad bertemu hamzah dalam satu kata. Dibaca panjang 4 atau 5 harakat.
36. Mad jaiz munfasil alasannya karena abjad mad bertemu hamzah di lain kata. Dibaca panjang 2/ 4 atau 5 harakat.
37. Ghunnah alasannya nun bertanda tasydid dan cara membacanya dengan dengung serta ditahan 3 harakat.
38. Idzhar syafawi karena huruf mim sukun bertemu dengan karakter ha. Tutorial membacanya dengan terang.
39. Alif lam syamsiyah karena karakter alif lam bertemu huruf syamsiyah sin. Dibaca idgham (masuk ke aksara sin ).
40. Mad wajib muttashil alasannya lantaran abjad mad bertemu hamzah dalam satu kata. Dibaca panjang 4 atau 5 harakat.
41. Mad orisinil atau mad thabi’i karena aksara lam berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
42. Idgham bilaghunnah lantaran aksara nun sukun bertemu aksara lam bertanda tasydid. Dibaca lebur tanpa dengung. Bunyi tanwin hilang.
43. Mad orisinil atau mad thabi’i lantaran aksara lam berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
44. Mad arid lissukun lantaran abjad mad jatuh sebelum aksara yang diwaqaf. Tutorial membacanya dengan dipanjangkan 2 sampai 6 harakat.

HUKUM TAJWID SURAT AL-BAQARAH AYAT 14 - 15

Hukum Tajwid Surat Al-Baqarah Ayat 14-15 Lengkap Dengan Penjelasannya

Di bawah ini klarifikasi rinci dari nomor-nomor pada Surat Al-Baqarah ayat 14 - 15 di atas adalah :
45. Mad orisinil atau mad thabi’i karena aksara dzal berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
46. Alif lam syamsiyah lantaran karakter alif lam bertemu abjad syamsiyah lam. Dibaca idgham (masuk ke abjad lam ).
47. Mad asli atau mad thabi’i karena huruf dzal berharakat kasrah bertemu ya' sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
48. Mad badal lantaran abjad mad bertemu hamzah dalam satu kata akan tetapi posisi hamzah lebih dahulu dari huruf mad. Cara membacanya panjang 2 harakat.
49. Mad asli atau mad thabi’i lantaran abjad nun berharakat dhamah bertemu wau sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
50. Mad asli atau mad thabi’i lantaran abjad qaf berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
51. Mad jaiz munfasil alasannya lantaran karakter mad bertemu hamzah di lain kata. Dibaca panjang 2/ 4 atau 5 harakat.
52. Mad badal karena abjad mad bertemu hamzah dalam satu kata akan tetapi posisi hamzah lebih dahulu dari huruf mad. Cara membacanya panjang 2 harakat.
53. Ghunnah alasannya adalah nun bertanda tasydid dan cara membacanya dengan dengung serta ditahan 3 harakat.
54. Mad orisinil atau mad thabi’i karena abjad dzal berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
Baca juga : Doa Berlindung Dari Fitnah Dajjal Lengkap Arab Latin dan Artinya.
55. Mad lin karena abjad wau sukun didahului oleh huruf lam berharakat fathah. Dibaca panjang 2 harakat.
56. Mad asli atau mad thabi’i lantaran aksara lam berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
57. Mad orisinil atau mad thabi’i lantaran huruf ya' berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
58. Mad asli atau mad thabi’i karena aksara tha berharakat kasrah bertemu ya' sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
59. Mad asli atau mad thabi’i lantaran aksara qaf berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
60. Mad jaiz munfasil alasannya karena huruf mad bertemu hamzah di lain kata. Dibaca panjang 2/ 4 atau 5 harakat.
61. Ada dua aturan di sini, pertama ghunnah alasannya ialah nun bertanda tasydid dan cara membacanya dengan dengung serta ditahan 3 harakat. Kedua, mad asli atau mad thabi’i lantaran karakter nun berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
62. Idzhar syafawi lantaran karakter mim sukun bertemu dengan abjad hamzah. Tutorial membacanya dengan terperinci.
63. Ghunnah sebab nun bertanda tasydid dan cara membacanya dengan dengung serta ditahan 3 harakat.
64. Mad asli atau mad thabi’i lantaran abjad mim berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
Baca juga : Doa Keluar Rumah Lengkap Arab Latin dan Artinya.
65. Mad arid lissukun lantaran karakter mad jatuh sebelum huruf yang diwaqaf. Tutorial membacanya dengan dipanjangkan 2 hingga 6 harakat.
66. Tafkhim karena lafaz Allah didahului oleh abjad hijaiyah hamzah berharakat fathah. Cara membacanya tebal.
67. Idzhar syafawi karena huruf mim sukun bertemu dengan huruf wau. Cara membacanya dengan terang.
68. Idzhar syafawi karena aksara mim sukun bertemu dengan huruf fa'. Tutorial membacanya dengan terang.
69. Mad asli atau mad thabi’i karena abjad fa' berharakat kasrah bertemu ya' sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
70. Mad asli atau mad thabi’i karena karakter ya' berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
71. Idzhar syafawi karena aksara mim sukun bertemu dengan abjad ya'. Cara membacanya dengan terang.
72. Mad arid lissukun karena abjad mad jatuh sebelum huruf yang diwaqaf. Cara membacanya dengan dipanjangkan 2 sampai 6 harakat.

HUKUM TAJWID SURAT AL-BAQARAH AYAT 16 - 18

Hukum Tajwid Surat Al-Baqarah Ayat 16-18 Lengkap Dengan Penjelasannya

Berikut ini klarifikasi rinci dari nomor-nomor pada Surat Al-Baqarah ayat 16 - 18 di atas ialah :
73. Mad wajib muttashil alasannya karena abjad mad bertemu hamzah dalam satu kata. Dibaca panjang 4 atau 5 harakat.
74. Alif lam syamsiyah karena huruf alif lam bertemu abjad syamsiyah lam. Dibaca idgham (masuk ke aksara lam ).
75. Mad orisinil atau mad thabi’i lantaran abjad dzal berharakat kasrah bertemu ya' sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
76. Alif lam syamsiyah lantaran aksara alif lam bertemu karakter syamsiyah dlad. Dibaca idgham (masuk ke aksara dlad ).
77. Mad asli atau mad thabi’i lantaran abjad lam berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
78. Alif lam qamariyah lantaran aksara alif lam bertemu abjad ha. Dibaca secara terperinci.
79. Mad orisinil atau mad thabi’i karena aksara dal berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
80. Mad asli atau mad thabi’i lantaran abjad mim berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
81. Idgham mutamatsilain lantaran aksara ta' sukun bertemu aksara ta' berharakat kasrah. Cara membacanya aksara pertama diidghamkan ke aksara kedua.
82. Mad asli atau mad thabi’i karena abjad jim berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
83. Idzhar syafawi lantaran huruf mim sukun bertemu dengan karakter wau. Cara membacanya dengan terang.
Baca juga : Doa Bulan Rajab dan Syaban Lengkap Arab Latin dan Artinya.
84. Mad orisinil atau mad thabi’i lantaran karakter mim berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
85. Mad orisinil atau mad thabi’i lantaran karakter kaf berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
86. Mad asli atau mad thabi’i karena karakter nun berharakat dhamah bertemu wau sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
87. Mad arid lissukun karena karakter mad jatuh sebelum karakter yang diwaqaf. Tutorial membacanya dengan dipanjangkan 2 sampai 6 harakat.
88. Idzhar syafawi karena abjad mim sukun bertemu dengan karakter kaf. Tutorial membacanya dengan jelas.
89. Alif lam syamsiyah lantaran aksara alif lam bertemu abjad syamsiyah lam. Dibaca idgham (masuk ke aksara lam ).
90. Mad lin karena aksara wau sukun didahului oleh aksara lam berharakat fathah. Dibaca panjang 2 harakat.
91. Mad asli atau mad thabi’i karena abjad nun berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
92. Mad 'iwadh karena ra' berharakat fathah tanwin dan diwaqaf. Cara membacanya tanwin dihilangkan dan panjangnya 2 harakat. 
93. Ada dua hukum di sini, pertama ghunnah alasannya nun bertanda tasydid dan cara membacanya dengan dengung serta ditahan 3 harakat. Kedua, Mad jaiz munfasil alasannya karena karakter mad bertemu hamzah di lain kata. Dibaca panjang 2/ 4 atau 5 harakat.
Baca juga : Perbedaan Surat Makkiyah dan Madaniyah.
94. Mad wajib muttashil alasannya lantaran karakter mad bertemu hamzah dalam satu kata. Dibaca panjang 4 atau 5 harakat.
95. Mad asli atau mad thabi’i lantaran aksara mim berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
96. Mad lin lantaran abjad wau sukun didahului oleh huruf ha' berharakat fathah. Dibaca panjang 2 harakat.
97. Mad shilah qashirah sebab karakter ha (kata ganti) bertemu dengan huruf selain hamzah. Cara membacanya panjang 2 harakat.
98. Tafkhim lantaran lafaz Allah didahului oleh abjad hijaiyah ba' berharakat fathah. Cara membacanya tebal.
99. Mad asli atau mad thabi’i karena abjad nun berharakat dhamah bertemu wau sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
100. Idzhar syafawi karena huruf mim sukun bertemu dengan karakter wau. Tutorial membacanya dengan terang.
101. Idzhar syafawi lantaran karakter mim sukun bertemu dengan aksara fa'. Cara membacanya dengan terperinci.
102. Mad asli atau mad thabi’i karena aksara fa' berharakat kasrah bertemu ya' sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
103. Idgham bilaghunnah lantaran karakter ta' berharakat kasrah tanwin bertemu abjad lam tasydid. Dibaca lebur tanpa dengung. Bunyi tanwin hilang.
Baca juga : Perbedaan Mumayyiz dan Baligh Lengkap.
104. Mad asli atau mad thabi’i lantaran karakter lam berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
105. Qalqalah sughra lantaran karakter qalqalah ba' berharakat sukun dan posisinya di tengah kalimat. Cara membacanya dipantulkan secara ringan.
106. Mad arid lissukun lantaran huruf mad jatuh sebelum huruf yang diwaqaf. Tutorial membacanya dengan dipanjangkan 2 hingga 6 harakat.
107. Iqlab karena abjad sin berharakat fathah tanwin bertemu huruf ba. Cara membacanya dengan tanwin berubah menjadi mim dan berdengung serta ditahan selama 3 harakat.
108. Idzhar syafawi karena karakter mim berharakat dhamah tanwin bertemu aksara 'ain. Dibaca jelas tidak berdengung sama sekali.
109. Idzhar syafawi lantaran aksara mim sukun bertemu dengan aksara ya'. Cara membacanya dengan terang.
110. Ikhfa karena karakter ya' berharakat dhamah tanwin bertemu aksara fa'. Cara membacanya samar dengan dengung dan ditahan selama 3 harakat. Pada waktu mengucapkan aksara nun mati, sikap lidah dan bibir dipersiapkan menempati aksara fa'.
111. Idzhar syafawi karena karakter mim sukun bertemu dengan abjad lam. Tutorial membacanya dengan terang.
112. Mad asli atau mad thabi’i lantaran abjad lam berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
113. Mad arid lissukun lantaran aksara mad jatuh sebelum aksara yang diwaqaf. Cara membacanya dengan dipanjangkan 2 sampai 6 harakat.

HUKUM TAJWID SURAT AL-BAQARAH AYAT 19

Hukum Tajwid Surat Al-Baqarah Ayat 19 Lengkap Dengan Penjelasannya

Di bawah ini klarifikasi rinci dari nomor-nomor pada Surat Al-Baqarah ayat 19 di atas ialah :
114. Mad lin karena huruf wau sukun didahului oleh abjad hamzah berharakat fathah. Dibaca panjang 2 harakat.
115. Idgham bighunnah karena abjad ba' berharakat kasrah tanwin bertemu karakter mim. Dibaca masuk dengan dengung dan ditahan sampai 3 harakat.
116. Alif lam syamsiyah karena karakter alif lam bertemu aksara syamsiyah sin. Dibaca idgham (masuk ke aksara sin ).
117. Mad wajib muttashil alasannya karena abjad mad bertemu hamzah dalam satu kata. Dibaca panjang 4 atau 5 harakat.
118. Mad asli atau mad thabi’i lantaran karakter fa' berharakat kasrah bertemu ya' sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
119. Mad asli atau mad thabi’i karena karakter mim berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
120. Idgham bighunnah karena karakter ta' berharakat dhamah tanwin bertemu abjad wau. Dibaca masuk dengan dengung dan ditahan hingga 3 harakat.
121. Idgham bighunnah lantaran abjad dal berharakat dhamah tanwin bertemu huruf wau. Dibaca masuk dengan dengung dan ditahan sampai 3 harakat.
122. Qalqalah kubra lantaran huruf qalqalah qaf diwaqaf. Cara membacanya dipantulkan lebih tebal. 
123. Qalqalah sughra karena karakter qalqalah jim berharakat sukun dan posisinya di tengah kalimat. Tutorial membacanya dipantulkan secara ringan.
124. Mad asli atau mad thabi’i karena huruf lam berharakat dhamah bertemu wau sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
Baca juga : Dalil Tentang Malaikat Lengkap.
125. Mad orisinil atau mad thabi’i lantaran huruf shad berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
126. Idzhar syafawi karena karakter mim sukun bertemu dengan karakter fa'. Cara membacanya dengan terperinci.
127. Mad jaiz munfasil alasannya karena huruf mad bertemu hamzah di lain kata. Dibaca panjang 2/ 4 atau 5 harakat.
128. Mad badal karena abjad mad bertemu hamzah dalam satu kata akan tetapi posisi hamzah lebih dahulu dari karakter mad. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
129. Mad orisinil atau mad thabi’i lantaran abjad dzal berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
130. Idgham mislain karena huruf mim bersukun bertemu aksara mim. Dibaca masuk dengan dengung dan ditahan sampai 3 harakat.
131. Alif lam syamsiyah karena aksara alif lam bertemu karakter syamsiyah shad. Dibaca idgham (masuk ke aksara shad ).
132. Mad asli atau mad thabi’i lantaran aksara wau berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
133. Alif lam qamariyah lantaran aksara alif lam bertemu karakter mim. Dibaca secara jelas.
134. Mad lin karena abjad wau sukun didahului oleh aksara mim berharakat fathah. Dibaca panjang 2 harakat.
Baca juga : Perbedaan Iblis Setan dan Jin Lengkap.
135. Tafkhim lantaran lafaz Allah didahului oleh karakter hijaiyah wau berharakat fathah. Cara membacanya tebal.
136. Ada dua aturan, Pertama mad asli atau mad thabi’i lantaran abjad ha' berharakat kasrah bertemu ya' sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat. Kedua, Iqlab lantaran karakter tha berharakat dhamah tanwin bertemu karakter ba. Cara membacanya dengan tanwin berubah menjadi mim dan berdengung serta ditahan selama 3 harakat.
137. Mad orisinil atau mad thabi’i lantaran huruf kaf berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
138. Mad arid lissukun karena huruf mad jatuh sebelum huruf yang diwaqaf. Tutorial membacanya dengan dipanjangkan 2 hingga 6 harakat.

HUKUM TAJWID SURAT AL-BAQARAH AYAT 20

Hukum Tajwid Surat Al-Baqarah Ayat 20 Lengkap Dengan Penjelasannya

Berikut ini klarifikasi rinci dari nomor-nomor pada Surat Al-Baqarah ayat 20 di atas adalah :
139. Alif lam qamariyah lantaran aksara alif lam bertemu aksara ba'. Dibaca secara terang.
140. Qalqalah sughra lantaran huruf qalqalah ba' berharakat sukun dan posisinya di tengah kalimat. Cara membacanya dipantulkan secara ringan.
141. Mad asli atau mad thabi’i lantaran aksara shad berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
142. Mad jaiz munfasil alasannya karena huruf mad bertemu hamzah di lain kata. Dibaca panjang 2/ 4 atau 5 harakat.
143. Mad wajib muttashil alasannya lantaran huruf mad bertemu hamzah dalam satu kata. Dibaca panjang 4 atau 5 harakat.
144. Idgham mislain lantaran abjad mim bersukun bertemu aksara mim. Dibaca masuk dengan dengung dan ditahan hingga 3 harakat.
145. Mad lin karena huruf wau sukun didahului oleh karakter syin berharakat fathah. Dibaca panjang 2 harakat.
146. Mad asli atau mad thabi’i lantaran aksara fa' berharakat kasrah bertemu ya' sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
147. Mad jaiz munfasil alasannya lantaran huruf mad bertemu hamzah di lain kata. Dibaca panjang 2/ 4 atau 5 harakat.
148. Mad lin lantaran abjad ya' sukun didahului oleh aksara lam berharakat fathah. Dibaca panjang 2 harakat.
149. Idzhar syafawi karena abjad mim sukun bertemu dengan karakter qaf. Cara membacanya dengan jelas.
Baca juga : Macam-macam Doa I'tidal Dalam Shalat Lengkap Arab Latin dan Artinya.
150. Mad asli atau mad thabi’i karena aksara qaf berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
151. Mad asli atau mad thabi’i lantaran huruf mim berharakat dhamah bertemu wau sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
152. Mad lin lantaran aksara wau sukun didahului oleh abjad lam berharakat fathah. Dibaca panjang 2 harakat.
153. Mad wajib muttashil alasannya karena huruf mad bertemu hamzah dalam satu kata. Dibaca panjang 4 atau 5 harakat.
154. Tafkhim karena lafaz Allah didahului oleh aksara hijaiyah hamzah berharakat fathah. Tutorial membacanya tebal.
155. Idzhar syafawi karena aksara mim sukun bertemu dengan aksara 'ain. Tutorial membacanya dengan terang.
156. Qalqalah sughra lantaran aksara qalqalah ba' berharakat sukun dan posisinya di tengah kalimat. Tutorial membacanya dipantulkan secara ringan.
157. Mad asli atau mad thabi’i lantaran abjad shad berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
158. Ghunnah alasannya nun bertanda tasydid dan cara membacanya dengan dengung serta ditahan 3 harakat.
159. Tafkhim karena lafaz Allah didahului oleh abjad hijaiyah hamzah berharakat fathah. Tutorial membacanya tebal.
Baca juga : Doa Melihat Musibah Lengkap Arab Latin dan Artinya.
160. Mad orisinil atau mad thabi’i karena abjad lam berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
161. Mad lin lantaran aksara ya' sukun didahului oleh aksara syin berharakat fathah. Dibaca panjang 2 harakat.
162. Ikhfa karena abjad hamzah berharakat kasrah tanwin bertemu abjad qaf. Cara membacanya samar dengan dengung dan ditahan selama 3 harakat. Cara pengucapan seolah-olah bunyi "ng".
163. Mad arid lissukun karena huruf mad jatuh sebelum abjad yang diwaqaf. Cara membacanya dengan dipanjangkan 2 hingga 6 harakat.

Mempelajari aturan-hukum dalam ilmu tajwid bekerjsama mudah. Tidaklah sulit sama sekali. Terpenting ada niat dalam diri kita yang berpengaruh. Manfaatnya sangat banyak. Salah satunya bisa memperbaiki bacaan Al-Quran kita. Sampai di sini terlebih dahulu. Kita bertemu kembali dalam pembahasan lainnya. Wassalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh.
Baca juga : Doa Shalat Istikharah Lengkap Arab Latin dan Artinya.

Berlangganan Untuk Mendapatkan Artikel Terbaru:

0 Komentar Untuk "Hukum Tajwid Al-Quran Surat Al-Baqarah Ayat 11-20 Lengkap Dengan Penjelasannya"

Posting Komentar