IBX5980432E7F390 Hukum Tajwid Al-Quran Surat Al-Balad Ayat 1-20 Lengkap Dengan Penjelasannya - Doa Senjata Muslim

Hukum Tajwid Al-Quran Surat Al-Balad Ayat 1-20 Lengkap Dengan Penjelasannya

Assalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Teman-teman, kali ini kita akan membahas analisis hukum tajwid Al-Quran Surat Al-Balad Ayat 1-20 lengkap dengan klarifikasinya. Amat penting kita untuk mempelajari ilmu tajwid ini. Untuk lebih terperincinya, setuju kita eksklusif simak uraiannya berikut.

Hukum Tajwid Surat Al-Balad Ayat 1-20

Penjelasan terperinci dari nomor-nomor di atas adalah :
1. Mad jaiz munfasil alasannya karena aksara mad bertemu hamzah di lain kata. Dibaca panjang 2/ 4 atau 5 harakat.
2. Qalqalah sughra lantaran abjad qalqalah qaf berharakat sukun dan posisinya di tengah kalimat. Cara membacanya dipantulkan secara ringan.
3. Mad orisinil atau mad thabi’i karena karakter ha berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
4. Alif lam qamariyah lantaran huruf alif lam bertemu huruf ba. Dibaca secara terperinci.
5. Qalqalah kubra karena karakter qalqalah dal diwaqaf. Tutorial membacanya dipantulkan lebih tebal. 
6. Ikhfa lantaran huruf nun sukun bertemu huruf ta. Cara membacanya samar dengan dengung dan ditahan selama 3 harakat. 
7. Iqlab karena huruf lam berharakat dhamah tanwin bertemu aksara ba. Cara membacanya dengan tanwin berubah menjadi mim dan berdengung serta ditahan selama 3 harakat.
8. Mad orisinil atau mad thabi’i lantaran aksara ha berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
9. Alif lam qamariyah lantaran huruf alif lam bertemu aksara ba. Dibaca secara terang.
10. Qalqalah kubra karena aksara qalqalah dal diwaqaf. Tutorial membacanya dipantulkan lebih tebal. 
Baca juga : Doa Sebelum Tidur Lengkap Arab Latin dan Artinya.
11. Mad asli atau mad thabi’i karena aksara wau berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
12. Idgham bighunnah lantaran huruf dal berharakat kasrah tanwin bertemu karakter wau. Dibaca masuk dengan dengung dan ditahan sampai 3 harakat.
13. Mad orisinil atau mad thabi’i lantaran karakter mim berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
14. Qalqalah kubra lantaran huruf qalqalah dal diwaqaf. Cara membacanya dipantulkan lebih tebal. 
15. Qalqalah sughra karena karakter qalqalah dal berharakat sukun dan posisinya di tengah kalimat. Cara membacanya dipantulkan secara ringan.
16. Qalqalah sughra karena aksara qalqalah qaf berharakat sukun dan posisinya di tengah kalimat. Cara membacanya dipantulkan secara ringan.
17. Alif lam qamariyah lantaran karakter alif lam bertemu karakter hamzah. Dibaca secara jelas.
18. Ikhfa lantaran karakter nun sukun bertemu abjad sin. Cara membacanya samar dengan dengung dan ditahan selama 3 harakat. Pada waktu mengucapkan huruf nun mati, perilaku lidah dan bibir dipersiapkan menempati karakter sin.
19. Mad asli atau mad thabi’i lantaran abjad sin berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
20. Mad asli atau mad thabi’i karena karakter fa' berharakat kasrah bertemu ya' sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
Baca juga : Doa Berlindung Dari Syirik Lengkap Arab Latin dan Artinya.
21. Qalqalah kubra lantaran karakter qalqalah dal diwaqaf. Tutorial membacanya dipantulkan lebih tebal. 
22. Idgham kalaughunnah lantaran abjad nun sukun bertemu aksara lam bertanda tasydid. Dibaca lebur tanpa dengung. Bunyi tanwin hilang.
23. Idgham bighunnah lantaran huruf nun sukun bertemu abjad ya'. Dibaca masuk dengan dengung dan ditahan hingga 3 harakat.
24. Qalqalah sughra karena karakter qalqalah qaf berharakat sukun dan posisinya di tengah kalimat. Cara membacanya dipantulkan secara ringan.
25. Mad lin karena abjad ya' sukun didahului oleh karakter lam berharakat fathah. Dibaca panjang 2 harakat.
26. Qalqalah kubra lantaran karakter qalqalah dal diwaqaf. Cara membacanya dipantulkan lebih tebal. 
27. Mad orisinil atau mad thabi’i lantaran aksara qaf berharakat dhamah bertemu wau sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
28. Mad orisinil atau mad thabi’i lantaran aksara mim berharakat  fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
29. Idgham bilaghunnah lantaran karakter lam berharakat fathah tanwin bertemu huruf lam tasydid. Dibaca lebur tanpa dengung. Bunyi tanwin hilang.
30. Mad 'iwadh lantaran dal berharakat fathah tanwin dan diwaqaf. Cara membacanya tanwin dihilangkan dan panjangnya 2 harakat. 
Baca juga : Hukum Tajwid Surat Al-Falaq Lengkap.
31. Idgham bilaghunnah karena aksara nun sukun bertemu karakter lam bertanda tasydid. Dibaca lebur tanpa dengung. Bunyi tanwin hilang.
32. Idzhar syafawi karena karakter mim sukun bertemu dengan karakter ya. Cara membacanya dengan terang.
33. Mad shilah thawilah karena abjad ha (kata ganti) bertemu dengan karakter hamzah. Tutorial membacanya panjang 5 harakat.
34. Qalqalah kubra lantaran aksara qalqalah dal diwaqaf. Cara membacanya dipantulkan lebih tebal.

Hukum Tajwid Surat Al-Balad Ayat 8-15

Keterangan terperinci dari nomor-nomor di atas ialah :
35. Idzhar syafawi karena karakter mim sukun bertemu dengan abjad nun. Tutorial membacanya dengan terang.
36. Qalqalah sughra karena abjad qalqalah jim berharakat sukun dan posisinya di tengah kalimat. Tutorial membacanya dipantulkan secara ringan.
37. Idgham mutamatsilain karena aksara lam sukun bertemu karakter lam berharakat tasydid. Cara membacanya abjad pertama diidghamkan ke abjad kedua.
38. Mad shilah qashirah alasannya aksara ha (kata ganti) bertemu dengan huruf selain hamzah. Cara membacanya panjang 2 harakat.
39. Mad lin karena karakter ya' sukun didahului oleh huruf 'ain berharakat fathah. Dibaca panjang 2 harakat.
40. Mad lin lantaran karakter ya' sukun didahului oleh karakter nun berharakat fathah. Dibaca panjang 6 harakat berhadapan dengan abjad yang diwaqaf.
41. Mad orisinil atau mad thabi’i karena abjad sin berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
42. Idgham bighunnah lantaran abjad nun berharakat fathah tanwin bertemu huruf wau bertasydid. Dibaca masuk dengan dengung dan ditahan sampai 3 harakat.
43. Mad lin karena abjad ya' sukun didahului oleh karakter ta berharakat fathah. Dibaca panjang 6 harakat berhadapan dengan karakter yang diwaqaf.
44. Mad lin karena aksara ya' sukun didahului oleh karakter dal berharakat fathah. Dibaca panjang 2 harakat.
45. Mad asli atau mad thabi’i karena aksara nun berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
Baca juga : Doa Keluar Rumah Lengkap Arab Latin dan Artinya.
46. Ada dua aturan di sini, pertama alif lam syamsiyah lantaran aksara alif lam bertemu abjad syamsiyah nun. Dibaca idgham (masuk ke aksara nun ). Kedua, ghunnah karena nun bertanda tasydid dan cara membacanya dengan dengung serta ditahan 3 harakat. 
47. Qalqalah sughra lantaran aksara qalqalah jim berharakat sukun dan posisinya di tengah kalimat. Tutorial membacanya dipantulkan secara ringan.
48. Mad lin karena huruf ya' sukun didahului oleh karakter dal berharakat fathah. Dibaca panjang 6 harakat berhadapan dengan abjad yang diwaqaf.
49. Qalqalah sughra karena abjad qalqalah qaf berharakat sukun dan posisinya di tengah kalimat. Cara membacanya dipantulkan secara ringan.
50. Alif lam qamariyah karena aksara alif lam bertemu aksara 'ain. Dibaca secara terang.
51. Disebut ta' marbutah cara membacanya jikalau waqaf maka ta bermetamorfosis ha yang diwaqaf.
52. Mad jaiz munfasil alasannya karena abjad mad bertemu hamzah di lain kata. Dibaca panjang 2/ 4 atau 5 harakat.
53. Qalqalah sughra karena abjad qalqalah dal berharakat sukun dan posisinya di tengah kalimat. Tutorial membacanya dipantulkan secara ringan.
54. Mad asli atau mad thabi’i lantaran abjad ra berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
55. Alif lam qamariyah lantaran karakter alif lam bertemu huruf 'ain. Dibaca secara terang.
Baca juga : Doa Memakai Pakaian Biasa Lengkap Arab Latin dan Artinya.
56. Disebut ta' marbutah cara membacanya kalau waqaf maka ta bermetamorfosis ha yang diwaqaf.
57. Disebut ta' marbutah cara membacanya jika waqaf maka ta berubah menjadi ha yang diwaqaf.
58. Mad lin karena karakter wau sukun didahului oleh karakter hamzah berharakat fathah. Dibaca panjang 2 harakat.
59. Qalqalah sughra karena karakter qalqalah tha berharakat sukun dan posisinya di tengah kalimat. Cara membacanya dipantulkan secara ringan.
60. Mad orisinil atau mad thabi’i karena karakter 'ain berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
61. Ikhfa karena huruf mim berharakat dhamah tanwin bertemu huruf fa'. Cara membacanya samar dengan dengung dan ditahan selama 3 harakat. Pada waktu mengucapkan aksara nun mati, perilaku pengecap dan bibir dipersiapkan menempati karakter fa'.
62. Mad asli atau mad thabi’i karena abjad fa' berharakat kasrah bertemu ya' sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
63. Mad lin karena abjad wau sukun didahului oleh huruf ya' berharakat fathah. Dibaca panjang 2 harakat.
64. Ikhfa karena abjad mim berharakat kasrah tanwin bertemu karakter dzal. Cara membacanya samar dengan dengung dan ditahan selama 3 harakat. Pada waktu mengucapkan huruf nun mati, perilaku lidah dan bibir dipersiapkan menempati huruf dzal.
65. Mad orisinil atau mad thabi’i karena karakter dzal berharakat kasrah bertemu ya' sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
Baca juga : Hukum Tajwid Surat Al-Anfal Ayat 72 Lengkap Dengan Penjelasannya.
66. Disebut ta' marbutah cara membacanya kalau waqaf maka ta bermetamorfosis ha yang diwaqaf.
67. Mad asli atau mad thabi’i lantaran huruf ta berharakat kasrah bertemu ya' sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
68. Ikhfa lantaran abjad mim berharakat fathah tanwin bertemu abjad dzal. Cara membacanya samar dengan dengung dan ditahan selama 3 harakat. Pada waktu mengucapkan karakter nun mati, sikap lidah dan bibir dipersiapkan menempati aksara dzal.
69. Mad orisinil atau mad thabi’i lantaran huruf dzal berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
70. Qalqalah sughra lantaran karakter qalqalah qaf berharakat sukun dan posisinya di tengah kalimat. Tutorial membacanya dipantulkan secara ringan.
71. Disebut ta marbutah cara membacanya jikalau waqaf maka ta menjelma ha yang diwaqaf.

Hukum Tajwid Surat Al-Balad Ayat 8-15

Keterangan lengkap dari nomor-nomor di atas ialah :
72. Mad lin lantaran abjad wau sukun didahului oleh karakter hamzah berharakat fathah. Dibaca panjang 2 harakat.
73. Mad orisinil atau mad thabi’i karena huruf kaf berharakat kasrah bertemu ya' sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
74. Ikhfa karena huruf nun berharakat fathah tanwin bertemu karakter dzal. Cara membacanya samar dengan dengung dan ditahan selama 3 harakat. Pada waktu mengucapkan huruf nun mati, perilaku lidah dan bibir dipersiapkan menempati karakter dzal.
75. Mad asli atau mad thabi’i karena abjad dzal berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
76. Disebut ta' marbutah cara membacanya kalau waqaf maka ta menjelma ha yang diwaqaf.
77. Ghunnah karena mim bertanda tasydid dan cara membacanya dengan dengung serta ditahan 3 harakat.
78. Mad orisinil atau mad thabi’i karena aksara kaf berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
79. Alif lam syamsiyah karena aksara alif lam bertemu aksara syamsiyah lam. Dibaca idgham (masuk ke aksara lam ).
80. Mad asli atau mad thabi’i lantaran karakter dzal berharakat kasrah bertemu ya' sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
81. Mad badal karena karakter mad bertemu hamzah dalam satu kata akan tetapi posisi hamzah lebih dahulu dari huruf mad. Cara membacanya panjang 2 harakat.
82. Mad asli atau mad thabi’i karena aksara nun berharakat dhamah bertemu wau sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
Baca juga : Bagaimana Cara Menjawab Salam Yang Benar ?
83. Mad orisinil atau mad thabi’i lantaran aksara wau berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
84. Mad lin lantaran karakter wau sukun didahului oleh huruf shad berharakat fathah. Dibaca panjang 2 harakat.
85. Alif lam syamsiyah karena huruf alif lam bertemu karakter syamsiyah shad. Dibaca idgham (masuk ke abjad shad ).
86. Qalqalah sughra lantaran abjad qalqalah ba' berharakat sukun dan posisinya di tengah kalimat. Tutorial membacanya dipantulkan secara ringan.
87. Mad asli atau mad thabi’i lantaran aksara wau berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
88. Mad lin karena abjad wau sukun didahului oleh karakter shad berharakat fathah. Dibaca panjang 2 harakat.
89. Alif lam qamariyah karena karakter alif lam bertemu abjad mim. Dibaca secara terperinci.
90. Disebut ta marbutah cara membacanya jika waqaf maka ta menjelma ha yang diwaqaf.
91. Mad wajib muttashil alasannya karena abjad mad bertemu hamzah dalam satu kata. Dibaca panjang 4 atau 5 harakat.
92. Mad orisinil atau mad thabi’i lantaran abjad ha' berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
Baca juga : Apa Perbedaan Mumayyiz dan Baligh Itu ?
93. Alif lam qamariyah karena karakter alif lam bertemu huruf mim. Dibaca secara terang.
94. Mad orisinil atau mad thabi’i karena abjad mim berharakat kasrah bertemu ya' sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
95. Disebut ta marbutah cara membacanya kalau waqaf maka ta berkembang menjadi ha yang diwaqaf.
96. Alif lam syamsiyah karena abjad alif lam bertemu abjad syamsiyah lam. Dibaca idgham (masuk ke huruf lam ).
97. Mad orisinil atau mad thabi’i karena huruf dzal berharakat kasrah bertemu ya' sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
98. Mad asli atau mad thabi’i karena huruf ra' berharakat dhamah bertemu wau sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
99. Mad badal karena aksara mad bertemu hamzah dalam satu kata akan tetapi posisi hamzah lebih dahulu dari aksara mad. Cara membacanya panjang 2 harakat.
100. Mad orisinil atau mad thabi’i karena huruf ya berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
101. Mad orisinil atau mad thabi’i lantaran huruf nun berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
102. Idzhar syafawi lantaran abjad mim sukun bertemu dengan karakter hamzah. Tutorial membacanya dengan terperinci.
Baca juga : Doa Malam Lailatul Qadr Lengkap Arab Latin dan Artinya.
103. Mad orisinil atau mad thabi’i lantaran aksara ha' berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
104. Alif lam qamariyah lantaran abjad alif lam bertemu aksara mim. Dibaca secara terang.
105. Disebut ta marbutah cara membacanya jika waqaf maka ta menjelma ha yang diwaqaf.
106. Mad lin karena huruf ya' sukun didahului oleh karakter lam berharakat fathah. Dibaca panjang 2 harakat.
107. Idzhar syafawi lantaran huruf mim sukun bertemu dengan aksara nun. Cara membacanya dengan jelas.
108. Mad orisinil atau mad thabi’i karena aksara nun berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
109. Idgham bighunnah karena karakter ra berharakat dhamah tanwin bertemu huruf mim. Dibaca masuk dengan dengung dan ditahan sampai 3 harakat.
110. Disebut ta marbutah cara membacanya bila waqaf maka ta menjelma ha yang diwaqaf.

Nah, itulah analisis tajwidnya. Kita akan menjadi lebih mahir dalam membaca Al-Quran jikalau kita merutinkan membacanya. Apalagi ditambah dengan kemampuan ilmu tajwid, akan lebih manis lagi tentunya. Semoga bermanfaat untuk para pembaca. Wassalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. 
Baca juga : Doa Sebelum Makan Lengkap Arab Latin dan Artinya.

Berlangganan Untuk Mendapatkan Artikel Terbaru:

0 Komentar Untuk "Hukum Tajwid Al-Quran Surat Al-Balad Ayat 1-20 Lengkap Dengan Penjelasannya"

Posting Komentar