IBX5980432E7F390 Hukum Tajwid Al-Quran Surat Al-Ankabut Ayat 44 Lengkap Dengan Penjelasannya - Doa Senjata Muslim

Hukum Tajwid Al-Quran Surat Al-Ankabut Ayat 44 Lengkap Dengan Penjelasannya

Assalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Dalam kesempatan yang baik seakan-akan kini ini kami akan bahas analisis aturan tajwid surat Al-Ankabut ayat 44  lengkap dengan penjelasannya. Kita tentu ingin membaca Al-Quran dengan benar dan tartil. Sebagaimana bacaan orang-orang sebelum kita. Membaca Al-Quran memang termasuk amalan yang tergolong mudah dilakukan. Tidak sulit. Sebagaimana halnya kita membaca goresan pena. Hanya saja memang perlu ilmu khusus supaya mampu baca Al-Quran. Itulah yang dinamakan ilmu tajwid. Baiklah, kita simak saja uraian hukum tajwid berikut ini :

Hukum Tajwid Surat Al-Ankabut Ayat 44

Keterangan lengkap dari nomor-nomor di atas ialah :
1. Tafkhim lantaran lafaz Allah didahului oleh huruf hijaiyah qaf berharakat fathah. Cara membacanya tebal.
2. Alif lam syamsiyah lantaran aksara alif lam bertemu karakter syamsiyah sin. Dibaca idgham (masuk ke karakter sin ).
3. Mad orisinil atau mad thabi’i lantaran karakter mim berharakat  fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
4. Mad orisinil atau mad thabi’i lantaran aksara wau berharakat  fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
5. Alif lam qamariyah karena aksara alif lam bertemu huruf hamzah. Dibaca secara terang.
6. Alif lam qamariyah lantaran karakter alif lam bertemu karakter ha'. Dibaca secara terperinci.
7. Qalqalah kubra lantaran karakter qalqalah qaf diwaqaf. Cara membacanya dipantulkan lebih tebal. 
Baca juga : Doa Sebelum Tidur Lengkap Arab Latin dan Artinya.
8. Ghunnah karena aksara nun bertanda tasydid dan cara membacanya dengan dengung serta ditahan 3 harakat.
9. Mad asli atau mad thabi’i lantaran abjad fa berharakat kasrah bertemu ya sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
10. Mad orisinil atau mad thabi’i lantaran karakter dzal berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
11. Mad badal karena huruf mad bertemu hamzah dalam satu kata akan tetapi posisi hamzah lebih dahulu dari abjad mad. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
12. Idgham bilaghunnah karena aksara ta berharakat fathah tanwin bertemu karakter lam tasydid. Dibaca lebur tanpa dengung. Bunyi tanwin hilang.
13. Mad arid lissukun lantaran aksara mad jatuh sebelum aksara yang diwaqaf. Tutorial membacanya dengan dipanjangkan 2 hingga 6 harakat.

Akhirnya kelar pula dibahas analisis tajwidnya. Dengan kita sering membaca uraian hasil analisis tajwid dari ayat-ayat Al-Quran maka kita seakan-akan mencar ilmu tadwid juga. Semakin sering belajar tentunya akan menjadi lebih jago. Harapan kami, sedikit ilmu ini memberikan sumbangsih dan manfaat bagi para pembaca yang berbahagia. Sampai bertemu kembali dalam analisis tajwid untuk ayat yang lainnya. Wassalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh.
Baca juga : Doa Duduk Diantara Dua Sujud Lengkap Arab Latin dan Artinya.

Berlangganan Untuk Mendapatkan Artikel Terbaru:

0 Komentar Untuk "Hukum Tajwid Al-Quran Surat Al-Ankabut Ayat 44 Lengkap Dengan Penjelasannya"

Posting Komentar