IBX5980432E7F390 Hukum Tajwid Al-Quran Surat Al-A'la Ayat 1-11 Lengkap Dengan Penjelasannya - Doa Senjata Muslim

Hukum Tajwid Al-Quran Surat Al-A'la Ayat 1-11 Lengkap Dengan Penjelasannya

Assalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Pada hari yang cerah ini kita akan membahas analisis hukum tajwid surat Al-A'la Ayat 1-11 lengkap dengan klarifikasinya. Sangat sering kita mendengar lantunan bacaan surat ini dari para imam shalat. Untuk lebih bisa membaca Al-Quran dengan tartil maka kita perlu untuk selalu berguru. Tentu saja dalam hal ini berguru ilmu tajwid. Kita bisa melihat penerapan ilmu tajwid tersebut ada di dalam ayat-ayat Al-Quran yang jumlah ada 30 juz itu. Baiklah, kita simak saja aturan-hukum tajwidnya berikut ini.

Hukum Tajwid Surat Al-A'la Ayat 1-11 Lengkap

Penjelasan lengkap dari nomor-nomor di atas adalah :
1. Alif lam qamariyah alasannya karakter alif lam bertemu huruf hamzah. Dibaca secara jelas.
2. Alif lam syamsiyah karena aksara alif lam bertemu huruf syamsiyah lam. Dibaca idgham (masuk ke huruf lam ).
3. Mad orisinil atau mad thabi’i karena abjad dzal berharakat kasrah bertemu ya sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
4. Mad orisinil atau mad thabi’i lantaran abjad wau berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, abjad bersukun, aksara yang diwaqaf, dan huruf bertasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
5. Alif lam syamsiyah lantaran aksara alif lam bertemu karakter syamsiyah lam. Dibaca idgham (masuk ke karakter lam ).
6. Mad asli atau mad thabi’i karena aksara dzal berharakat kasrah bertemu ya sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
7. Mad asli atau mad thabi’i lantaran aksara dal berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
8. Alif lam syamsiyah lantaran abjad alif lam bertemu karakter syamsiyah lam. Dibaca idgham (masuk ke abjad lam ).
Baca juga : Doa Berbuka Puasa Lengkap Arab Latin dan Artinya.
9. Mad jaiz munfasil alasannya karena karakter mad bertemu hamzah di lain kata. Dibaca panjang 2, 4 atau 5 harakat.
10. Alif lam qamariyah karena aksara alif lam bertemu huruf mim. Dibaca secara jelas.
11. Mad orisinil atau mad thabi’i karena aksara 'ain berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, karakter bersukun, aksara yang diwaqaf, dan huruf bertasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
12. Mad shilah qashirah karena aksara ha (kata ganti) bertemu dengan karakter selain hamzah. Cara membacanya panjang 2 harakat.
13. Mad wajib muttashil alasannya karena huruf mad bertemu hamzah dalam satu kata. Dibaca panjang 4 atau 5 harakat.
14. Idzhar alasannya huruf hamzah berharakat fathah tanwin bertemu abjad hamzah. Dibaca terperinci tidak berdengung sama sekali.
15. Mad asli atau mad thabi’i lantaran aksara wau berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, huruf bersukun, huruf yang diwaqaf, dan abjad bertasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
16. Qalqalah sughra lantaran huruf qalqalah qaf berharakat sukun dan posisinya di tengah kalimat. Cara membacanya dipantulkan secara ringan.
Baca juga : Doa Keluar Rumah Lengkap Arab Latin dan Artinya.
17. Mad asli atau mad thabi’i karena huruf lam berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
18. Ikhfa lantaran abjad nun sukun bertemu huruf sin. Tutorial membacanya samar dengan dengung dan ditahan selama 3 harakat. Pada waktu mengucapkan aksara nun mati, sikap pengecap dan bibir dipersiapkan menempati huruf sin.
19. Mad asli atau mad thabi’i lantaran aksara sin berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, aksara bersukun, karakter yang diwaqaf, dan aksara bertasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat. Tetapi, jikalau kita tidak berhenti di balasan ayat ini maka aturannya menjadi mad jaiz munfasil alasannya lantaran abjad mad bertemu hamzah di lain kata. Dibaca panjang 2, 4 atau 5 harakat.
20. Mad asli atau mad thabi’i lantaran aksara lam berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
21. Mad asli atau mad thabi’i lantaran karakter mim berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
22. Mad wajib muttashil alasannya lantaran huruf mad bertemu hamzah dalam satu kata. Dibaca panjang 4 atau 5 harakat.
23. Tafkhim karena lafaz Allah didahului oleh karakter hijaiyah hamzah berharakat fathah. Cara membacanya tebal.
24. Ghunnah alasannya adalah nun bertanda tasydid dan cara membacanya dengan dengung serta ditahan 3 harakat.
25. Mad shilah qashirah alasannya karakter ha (kata ganti) bertemu dengan aksara selain hamzah. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
26. Alif lam qamariyah karena huruf alif lam bertemu abjad jim. Dibaca secara jelas.
27. Mad asli atau mad thabi’i lantaran karakter mim berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
Baca juga : Doa Melepas Pakaian Lengkap Arab Latin dan Artinya.
28. Mad orisinil atau mad thabi’i lantaran huruf fa berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, aksara bersukun, huruf yang diwaqaf, dan abjad bertasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
29. Mad asli atau mad thabi’i lantaran huruf ra berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, aksara bersukun, huruf yang diwaqaf, dan aksara bertasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
30. Idgham bighunnah karena huruf nun sukun bertemu karakter nun bertasydid. Dibaca masuk dengan dengung dan ditahan hingga 3 harakat.
31. Alif lam syamsiyah lantaran huruf alif lam bertemu huruf syamsiyah dzal. Dibaca idgham (masuk ke karakter dzal ).
32. Mad orisinil atau mad thabi’i karena huruf ra berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, karakter bersukun, aksara yang diwaqaf, dan abjad bertasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
33. Idgham bighunnah lantaran abjad nun sukun bertemu huruf ya bertasydid. Dibaca masuk dengan dengung dan ditahan hingga 3 harakat.
34. Mad orisinil atau mad thabi’i lantaran karakter syin berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, aksara bersukun, huruf yang diwaqaf, dan huruf bertasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
35. Ghunnah alasannya nun bertanda tasydid dan cara membacanya dengan dengung serta ditahan 3 harakat.
36. Alif lam qamariyah lantaran aksara alif lam bertemu huruf hamzah. Dibaca secara terperinci.

Membaca Al-Quran itu menyenangkan dan membahagiakan. Bisa menimbulkan hati lebih hening dan tentram. Alangkah bahagianya bila kita sanggup membaca Al-Quran secara rutin tiap hari. Demikian pula, seluruh anggota keluarga kita. Kita mampu memilih waktu-waktu yang sempurna untuk hal itu. Semoga analisis tajwid ini bermanfaat bagi teman-teman semuanya. Wassalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh.
Baca pula : Doa Shalat Jenazah Lengkap Arab Latin dan Artinya.

Berlangganan Untuk Mendapatkan Artikel Terbaru:

0 Komentar Untuk "Hukum Tajwid Al-Quran Surat Al-A'la Ayat 1-11 Lengkap Dengan Penjelasannya"

Posting Komentar