IBX5980432E7F390 Hukum Tajwid Al-Quran Surat Al-A'la Ayat 12-19 Lengkap Dengan Penjelasannya - Doa Senjata Muslim

Hukum Tajwid Al-Quran Surat Al-A'la Ayat 12-19 Lengkap Dengan Penjelasannya

Assalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Kali ini kita akan membahas analisis hukum tajwid surat Al-A'la Ayat 12-19 lengkap dengan penjelasannya. Memang surat ini sering kita dengar dilantunankan oleh para imam shalat. Supaya bisa membaca Al-Quran dengan tartil maka kita perlu sekali untuk selalu berguru ilmu tajwid. Kita bisa melihat penerapan ilmu tajwid tersebut ada di dalam ayat-ayat Al-Quran. Baiklah, eksklusif saja kita simak aturan-hukum tajwidnya berikut ini.

Hukum Tajwid Surat Al-A'la Ayat 12-19

Penjelasan lengkap dari nomor-nomor di atas yaitu :
1. Alif lam syamsiyah karena karakter alif lam bertemu huruf syamsiyah lam. Dibaca idgham (masuk ke abjad lam ).
2. Mad orisinil atau mad thabi’i lantaran huruf dzal berharakat kasrah bertemu ya sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
3. Terdapat tiga aturan di sini, pertama alif lam syamsiyah alasannya aksara alif lam bertemu abjad syamsiyah nun. Dibaca idgham (masuk ke karakter nun ). Kedua, ghunnah alasannya adalah nun bertanda tasydid dan cara membacanya dengan dengung serta ditahan 3 harakat. Ketiga, mad asli atau mad thabi’i lantaran karakter nun berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
4. Alif lam qamariyah lantaran abjad alif lam bertemu karakter kaf. Dibaca secara terang.
5. Qalqalah sughra karena karakter qalqalah ba berharakat sukun dan posisinya di tengah kalimat. Tutorial membacanya dipantulkan secara ringan.
6. Mad orisinil atau mad thabi’i karena abjad ra berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, karakter bersukun, huruf yang diwaqaf, dan huruf bertasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
7. Ghunnah alasannya yaitu mim bertanda tasydid dan cara membacanya dengan dengung serta ditahan 3 harakat.
8. Mad asli atau mad thabi’i karena huruf lam berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
Baca juga : Doa Memakai Pakaian Baru Lengkap Arab Latin dan Artinya.
9. Idzhar syafawi karena abjad mim sukun bertemu dengan abjad wau. Cara membacanya dengan jelas.
10. Mad orisinil atau mad thabi’i lantaran karakter fa berharakat kasrah bertemu ya sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
11. Mad orisinil atau mad thabi’i karena karakter ha berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
12. Mad orisinil atau mad thabi’i lantaran karakter lam berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
13. Mad asli atau mad thabi’i lantaran karakter ya berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, huruf bersukun, karakter yang diwaqaf, dan abjad bertasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
14. Qalqalah sughra lantaran karakter qalqalah dal berharakat sukun dan posisinya di tengah kalimat. Cara membacanya dipantulkan secara ringan.
15. Ikhfa lantaran abjad nun sukun bertemu karakter ta. Tutorial membacanya samar dengan dengung dan ditahan selama 3 harakat. 
16. Mad asli atau mad thabi’i lantaran huruf kaf berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, huruf bersukun, aksara yang diwaqaf, dan aksara bertasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
Baca juga : Macam-macam Doa Berbuka Puasa Lengkap Arab Latin dan Artinya.
17. Mad shilah qashirah karena huruf ha (kata ganti) bertemu dengan abjad selain hamzah. Cara membacanya panjang 2 harakat.
18. Mad orisinil atau mad thabi’i lantaran abjad lam berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, karakter bersukun, aksara yang diwaqaf, dan aksara bertasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
19. Mad orisinil atau mad thabi’i lantaran abjad ra berharakat dhamah bertemu wau sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
20. Alif lam qamariyah karena abjad alif lam bertemu karakter ha'. Dibaca secara terperinci.
21. Mad asli atau mad thabi’i lantaran abjad ya berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
22. Alif lam syamsiyah lantaran karakter alif lam bertemu huruf syamsiyah dal. Dibaca idgham (masuk ke karakter dal ).
23. Idzhar sebab karakter nun sukun bertemu abjad ya. Dibaca terang tidak berdengung sama sekali.
24. Mad orisinil atau mad thabi’i lantaran huruf ya berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, aksara bersukun, aksara yang diwaqaf, dan huruf bertasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
25. Ada dua hukum di sini, pertama alif lam qamariyah lantaran karakter alif lam bertemu karakter hamzah. Dibaca secara terperinci. Kedua, mad badal lantaran karakter mad bertemu hamzah dalam satu kata akan tetapi posisi hamzah lebih dahulu dari aksara mad. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
Baca juga : Doa Keluar Rumah Lengkap Arab Latin dan Artinya.
26. Mad lin karena abjad ya sukun didahului oleh huruf kha berharakat fathah. Dibaca panjang 2 harakat.
27. Idgham bighunnah lantaran karakter ra berharakat dhamah tanwin bertemu aksara wau. Dibaca masuk dengan dengung dan ditahan sampai 3 harakat.
28. Qalqalah sughra lantaran abjad qalqalah ba berharakat sukun dan posisinya di tengah kalimat. Cara membacanya dipantulkan secara ringan.
29. Mad asli atau mad thabi’i karena huruf qaf berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, aksara bersukun, huruf yang diwaqaf, dan abjad bertasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
30. Ghunnah sebab nun bertanda tasydid dan cara membacanya dengan dengung serta ditahan 3 harakat.
31. Mad orisinil atau mad thabi’i karena huruf ha berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
32. Mad orisinil atau mad thabi’i lantaran huruf dzal berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
33. Alif lam syamsiyah karena abjad alif lam bertemu huruf syamsiyah shad. Dibaca idgham (masuk ke aksara shad ).
34. Alif lam qamariyah karena huruf alif lam bertemu karakter hamzah. Dibaca secara terang.
35. Mad badal lantaran abjad mad bertemu hamzah dalam satu kata akan tetapi posisi hamzah lebih dahulu dari huruf mad. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
Baca juga : Tata Cara Shalat Jenazah Lengkap.
36. Mad asli atau mad thabi’i karena abjad lam berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, aksara bersukun, karakter yang diwaqaf, dan karakter bertasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
37. Qalqalah sughra lantaran aksara qalqalah ba berharakat sukun dan posisinya di tengah kalimat. Cara membacanya dipantulkan secara ringan.
38. Mad orisinil atau mad thabi’i karena huruf ra berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
39. Mad orisinil atau mad thabi’i karena abjad ha berharakat kasrah bertemu ya sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
40. Mad asli atau mad thabi’i lantaran aksara mim berharakat dhamah bertemu wau sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
41. Mad asli atau mad thabi’i karena karakter sin berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, karakter bersukun, aksara yang diwaqaf, dan karakter bertasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.

Bagus sekali jika kita merutinkan membaca Al-Quran dalam kehidupan sehari-hari. Di akhirat nanti kita akan memetiknya jawaban yang terbaik. Semoga analisis tajwid ini bermanfaat bagi sahabat-teman dan pembaca semuanya. Wassalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh.
Baca pula : Doa Shalat Istikharah Lengkap Arab Latin dan Artinya.

Berlangganan Untuk Mendapatkan Artikel Terbaru:

0 Komentar Untuk "Hukum Tajwid Al-Quran Surat Al-A'la Ayat 12-19 Lengkap Dengan Penjelasannya"

Posting Komentar