IBX5980432E7F390 Hukum Tajwid Al-Quran Surat Al-Adiyat Ayat 1-11 Lengkap Dengan Penjelasannya - Doa Senjata Muslim

Hukum Tajwid Al-Quran Surat Al-Adiyat Ayat 1-11 Lengkap Dengan Penjelasannya

Assalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Pada kesempatan ini kami admin blog doasenjatamuslim akan menyajikan analisis hukum tajwid surat Al-Adiyat Ayat 1-11 lengkap dengan klarifikasinya. Penting sekali kita mempelajari ilmu tajwid ini dalam kehidupan sehari-hari. Sebagai muslim yang baik tentu ingin bisa membaca Al-Quran dengan benar atau tartil. Baiklah, kita pribadi saja menyimak klarifikasi tajwid dari surat Al-Adiyat berikut ini :

Hukum Tajwid Surat Al-Adiyat Ayat 1-11

Keterangan lengkap dari nomor-nomor di atas yaitu :
1. Ada dua hukum di sini, pertama alif lam qamariyah karena karakter alif lam bertemu aksara 'ain. Dibaca secara terang. Kedua, mad asli atau mad thabi’i karena karakter 'ain berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
2. Mad orisinil atau mad thabi’i karena abjad ya berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
3. Qalqalah sughra karena karakter qalqalah ba' berharakat sukun dan posisinya di tengah kalimat. Tutorial membacanya dipantulkan secara ringan.
4. Mad 'iwadh lantaran ha' berharakat fathah tanwin dan diwaqaf. Tutorial membacanya tanwin dihilangkan dan panjangnya 2 harakat. 
5. Alif lam qamariyah lantaran karakter alif lam bertemu aksara mim. Dibaca secara terperinci.
6. Mad asli atau mad thabi’i karena aksara mim berharakat dhamah bertemu wau sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
7. Mad orisinil atau mad thabi’i lantaran huruf ya berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
8. Qalqalah sughra lantaran aksara qalqalah dal berharakat sukun dan posisinya di tengah kalimat. Tutorial membacanya dipantulkan secara ringan.
9. Mad 'iwadh karena ha' berharakat fathah tanwin dan diwaqaf. Cara membacanya tanwin dihilangkan dan panjangnya 2 harakat. 
10. Alif lam qamariyah karena aksara alif lam bertemu abjad mim. Dibaca secara jelas.
Baca juga : Doa Tasyahud Dalam Shalat Lengkap Arab Latin dan Artinya.
11. Mad orisinil atau mad thabi’i lantaran huruf ghain berharakat kasrah bertemu ya' sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
12. Mad asli atau mad thabi’i lantaran abjad ra berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
13. Qalqalah sughra lantaran abjad qalqalah ba' berharakat sukun dan posisinya di tengah kalimat. Tutorial membacanya dipantulkan secara ringan.
14. Mad 'iwadh lantaran ha' berharakat fathah tanwin dan diwaqaf. Cara membacanya tanwin dihilangkan dan panjangnya 2 harakat. 
15. Mad shilah qashirah alasannya adalah aksara ha (kata ganti) bertemu dengan aksara selain hamzah. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
16. Qalqalah sughra lantaran aksara qalqalah qaf berharakat sukun dan posisinya di tengah kalimat. Tutorial membacanya dipantulkan secara ringan.
17. Mad 'iwadh lantaran 'ain berharakat fathah tanwin dan diwaqaf. Cara membacanya tanwin dihilangkan dan panjangnya 2 harakat. 
18. Qalqalah sughra karena karakter qalqalah tha berharakat sukun dan posisinya di tengah kalimat. Tutorial membacanya dipantulkan secara ringan.
19. Mad shilah qashirah alasannya karakter ha (kata ganti) bertemu dengan aksara selain hamzah. Cara membacanya panjang 2 harakat.
20. Idzhar syafawi lantaran huruf mim sukun bertemu dengan aksara 'ain. Cara membacanya dengan terperinci.
Baca juga : Hukum Tajwid Surat Al-Falaq Lengkap Dengan Penjelasannya.
21. Mad 'iwadh lantaran 'ain berharakat fathah tanwin dan diwaqaf. Cara membacanya tanwin dihilangkan dan panjangnya 2 harakat. 
22. Ghunnah alasannya nun bertanda tasydid dan cara membacanya dengan dengung serta ditahan 3 harakat.
23. Alif lam qamariyah lantaran aksara alif lam bertemu aksara hamzah. Dibaca secara terang.
24. Ikhfa lantaran abjad nun sukun bertemu aksara sin. Cara membacanya samar dengan dengung dan ditahan selama 3 harakat. Pada waktu mengucapkan abjad nun mati, perilaku pengecap dan bibir dipersiapkan menempati abjad sin.
25. Mad asli atau mad thabi’i karena karakter sin berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
26. Mad shilah qashirah alasannya abjad ha (kata ganti) bertemu dengan aksara selain hamzah. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
27. Mad arid lissukun karena abjad mad jatuh sebelum karakter yang diwaqaf. Cara membacanya dengan dipanjangkan 2 sampai 6 harakat.
28. Qalqalah kubra karena aksara qalqalah dal diwaqaf. Cara membacanya dipantulkan lebih tebal. 
29. Ghunnah alasannya nun bertanda tasydid dan cara membacanya dengan dengung serta ditahan 3 harakat.
30. Mad shilah qashirah sebab huruf ha (kata ganti) bertemu dengan karakter selain hamzah. Cara membacanya panjang 2 harakat.
Baca juga : Doa Berlindung Dari Rasa Malas Lengkap Arab Latin dan Artinya.
31. Mad orisinil atau mad thabi’i lantaran karakter lam berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
32. Mad asli atau mad thabi’i karena karakter dzal berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
33. Mad arid lissukun karena abjad mad jatuh sebelum abjad yang diwaqaf. Cara membacanya dengan dipanjangkan 2 sampai 6 harakat.
34. Qalqalah kubra lantaran aksara qalqalah dal diwaqaf. Cara membacanya dipantulkan lebih tebal. 
35. Ghunnah alasannya yaitu nun bertanda tasydid dan cara membacanya dengan dengung serta ditahan 3 harakat.
36. Mad shilah qashirah sebab aksara ha (kata ganti) bertemu dengan karakter selain hamzah. Cara membacanya panjang 2 harakat.
37. Alif lam qamariyah karena huruf alif lam bertemu karakter kha. Dibaca secara terang.
38. Mad lin lantaran abjad ya' sukun didahului oleh aksara kha berharakat fathah. Dibaca panjang 2 harakat.
39. Mad arid lissukun karena huruf mad jatuh sebelum aksara yang diwaqaf. Tutorial membacanya dengan dipanjangkan 2 hingga 6 harakat.
40. Qalqalah kubra karena aksara qalqalah dal diwaqaf. Tutorial membacanya dipantulkan lebih tebal. 
Baca juga : Doa Keluar Rumah Lengkap Arab Latin dan Artinya.
41. Mad asli atau mad thabi’i lantaran huruf lam berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
42. Mad asli atau mad thabi’i karena abjad dal berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
43. Mad asli atau mad thabi’i lantaran abjad mim berharakat  fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
44. Alif lam qamariyah lantaran aksara alif lam bertemu huruf qaf. Dibaca secara terang.
45. Mad arid lissukun lantaran abjad mad jatuh sebelum abjad yang diwaqaf. Cara membacanya dengan dipanjangkan 2 hingga 6 harakat.
46. Mad asli atau mad thabi’i lantaran aksara mim berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
47. Alif lam syamsiyah lantaran huruf alif lam bertemu karakter syamsiyah shad. Dibaca idgham (masuk ke huruf shad ).
48. Mad arid lissukun karena aksara mad jatuh sebelum abjad yang diwaqaf. Tutorial membacanya dengan dipanjangkan 2 hingga 6 harakat.
49. Ghunnah alasannya ialah nun bertanda tasydid dan cara membacanya dengan dengung serta ditahan 3 harakat.
50. Ikhfa syafawi sebab huruf mim sukun bertemu karakter ba'. Dibaca samar dengan dengung dan ditahan selama 3 harakat.
Baca juga : Doa Shalat Istikharah Lengkap Arab Latin dan Artinya.
51. Idzhar syafawi karena karakter mim sukun bertemu dengan aksara ya. Tutorial membacanya dengan terperinci.
52. Mad lin karena abjad wau sukun didahului oleh huruf ya berharakat fathah. Dibaca panjang 2 harakat.
53. Idgham bilaghunnah lantaran huruf dzal berharakat kasrah tanwin bertemu huruf lam tasydid. Dibaca lebur tanpa dengung. Bunyi tanwin hilang.
54. Mad arid lissukun karena karakter mad jatuh sebelum abjad yang diwaqaf. Tutorial membacanya dengan dipanjangkan 2 sampai 6 harakat.

Dengan kita senantiasa membaca Al-Quran secara rutin maka banyak pahala yang akan kita raih. Semoga bermanfaat untuk para penuntut ilmu semuanya. Wassalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh.
Baca juga : Doa Memakai Pakaian Baru Lengkap Arab Latin dan Artinya.

Berlangganan Untuk Mendapatkan Artikel Terbaru:

0 Komentar Untuk "Hukum Tajwid Al-Quran Surat Al-Adiyat Ayat 1-11 Lengkap Dengan Penjelasannya"

Posting Komentar