IBX5980432E7F390 Hukum Tajwid Al-Quran Surat Al-'Ashr Ayat 1-3 Lengkap Dengan Penjelasannya - Doa Senjata Muslim

Hukum Tajwid Al-Quran Surat Al-'Ashr Ayat 1-3 Lengkap Dengan Penjelasannya

Assalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Kita tentu ingin meraih banyak manfaat dengan membahas analisis hukum tajwid surat Al-'Ashr Ayat 1-3 lengkap dengan klarifikasinya. Ilmu tajwid begitu penting untuk dipelajari oleh setiap muslim. Al-Humazah artinya pengumpat. Surat tersebut adalah yang ke-103 di dalam Al-Quran. Baiklah, kita simak analisis hukum tajwidnya berikut ini.

Hukum Tajwid Surat Al-'Ashr Ayat 1-3

Penjelasan lengkap dari nomor-nomor di atas adalah :
1. Alif lam qamariyah alasannya aksara alif lam bertemu karakter 'ain. Dibaca secara terang.
2. Ghunnah karena nun bertanda tasydid dan cara membacanya dengan dengung serta ditahan 3 harakat.
3. Alif lam qamariyah karena abjad alif lam bertemu aksara hamzah. Dibaca secara terang.
4. Ikhfa lantaran karakter nun sukun bertemu karakter sin. Tutorial membacanya samar dengan dengung dan ditahan selama 3 harakat. Pada waktu mengucapkan aksara nun mati, sikap pengecap dan bibir dipersiapkan menempati aksara sin.
5. Mad orisinil atau mad thabi’i karena huruf sin berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
6. Mad orisinil atau mad thabi’i karena karakter fa berharakat kasrah bertemu ya' sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
7. Mad asli atau mad thabi’i karena karakter lam berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
8. Alif lam syamsiyah lantaran abjad alif lam bertemu karakter syamsiyah lam. Dibaca idgham (masuk ke abjad lam ).
Baca juga : Bacaan Takbiran Hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha Lengkap Arab Latin dan Artinya.
9. Mad asli atau mad thabi’i lantaran huruf dzal berharakat kasrah bertemu ya' sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
10. Mad badal lantaran karakter mad bertemu hamzah dalam satu kata akan tetapi posisi hamzah lebih dahulu dari aksara mad. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
11. Mad asli atau mad thabi’i karena abjad nun berharakat dhamah bertemu wau sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
12. Alif lam syamsiyah karena karakter alif lam bertemu abjad syamsiyah shad. Dibaca idgham (masuk ke abjad shad ).
13. Mad orisinil atau mad thabi’i lantaran aksara shad berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
14. Mad asli atau mad thabi’i lantaran huruf ha berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
15. Mad orisinil atau mad thabi’i karena karakter wau berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
16. Mad lin lantaran huruf wau sukun didahului oleh karakter shad berharakat fathah. Dibaca panjang 2 harakat.
Baca juga : Doa Melihat Bencana Lengkap Arab Latin dan Artinya.
17. Alif lam qamariyah karena aksara alif lam bertemu abjad ha' Dibaca secara jelas.
18. Mad asli atau mad thabi’i karena karakter wau berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
19. Mad lin lantaran abjad wau sukun didahului oleh aksara shad berharakat fathah. Dibaca panjang 2 harakat.
20. Alif lam syamsiyah karena huruf alif lam bertemu aksara syamsiyah shad. Dibaca idgham (masuk ke huruf shad ).
21. Qalqalah sughra lantaran huruf qalqalah ba' berharakat sukun dan posisinya di tengah kalimat. Cara membacanya dipantulkan secara ringan.

Surat ini termasuk surat yang amat pendek. Sering dipakai dalam bacaan imam di shalat wajib berjamaah. Dengan memahami aturan tajwid dari surat ini maka kita akan lebih lancar dalam membaca surat Al-Ashr. Bacaan kita akan menjadi tartil. Wassalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh.
Baca juga : Bacaan Doa Duduk Diantara Dua Sujud Lengkap Arab Latin dan Artinya.

Berlangganan Untuk Mendapatkan Artikel Terbaru:

0 Komentar Untuk "Hukum Tajwid Al-Quran Surat Al-'Ashr Ayat 1-3 Lengkap Dengan Penjelasannya"

Posting Komentar