IBX5980432E7F390 Contoh Kalimat Isim - Doa Senjata Muslim

Contoh Kalimat Isim

Isim yaitu kata yang memperlihatkan suatu makna, dimana kata tersebut tidak terikat dengan waktu. Jika ingin tau lebih banyak wacana Isim, baca saja artikel wacana "Pengertian Isim dan Pembagiannya". Karena pada postingan ini, khusus kami bahas wacana teladan kalimat Isim saja ehehe.

Setelah membaca artikel yang kami rekomendasikan di atas, tentulah sahabat-teman sudah pada tahu bahwa isim itu ada banyak, diantaranya ada isim mufrad, tatsniyah, isim yang lima, dan isim jamak (ada jamak muannats salim, mudzakkar salim, dan jamak taksir).

Contoh Kalimat Isim

Nah, pada kesempatan ini, kami hanya akan menuliskan teladan kalimat dari setiap isim yang telah disebutkan pada paragraf di atas. Oke mari kita lihat acuan-contohnya berikut ini.

Contoh Kalimat Isim Mufrad

بِعْتُ الكِتَابَ
Saya telah membeli sebuah buku.

Yang menjadi isim mufrad disini yaitu lafazh كِتَابًا, lah kok bisa? Tandanya apa? Baca klarifikasi lengkapnya pada artikel tentang "Pengertian Isim Mufrad Beserta Contohnya".

Contoh kalimat isim Tatsniyah

بِعْتُ الكِتَابَيْنِ
Saya telah membeli dua buah buku.

Yang menjadi isim tatsniyah disini yaitu lafazh الكِتَابَيْنِ, lah kok mampu? Tandanya apa? Baca lengkapnya pada artikel tentang "Isim Tatsniyah dan Ketentuan I'rab Serta yang Dimulhaqkan Kepadanya".

Contoh kalimat Isim yang Lima

اَبُوْكَ
Ayahmu.

Yang menjadi Isim yang Lima disini adalah lafazh اَبُوْ, lah kok bisa? Tandanya apa? Baca klarifikasi selengkapnya pada artikel wacana "Isim-Isim yang Lima".

Contoh Isim Jamak Mudzakar Salim

رجَعَ اْلمُتَعَلِّمُوْنَ إِلَى اْلبَيْتِ
Para pelajar pria itu telah pulang ke rumah.

Yang menjadi isim jamak mudzakar salimnya ialah اْلمُتَعَلِّمُوْنَ, lah kok mampu? Tandanya apa? Baca klarifikasi selengkapnya pada artikel wacana "Pengertian Jamak Mudzakkar Salim dan Contohnya".

Contoh kalimat Isim Jamak Muannats salim

رجَعَتْ اْلمُتَعَلِّمَاتُ إِلَى اْلبَيْتِ
Para pelajar perempuan itu telah pulang ke rumah.

Yang menjadi isim jamak muannats salimnya adalah lafadz اْلمُتَعَلِّمَاتُ, lah kok bisa? Tandanya apa? Baca penjelasan selengkapnya pada artikel wacana "Pembagian Jamak Dalam Bahasa Arab Beserta Contohnya".

Contoh Kalimat Isim Jamak Taksir

رَجَعَ الأُسَدُ لِمَأْوَاهَا
Singa-singa itu telah kembali ke kandang.

Yang menjadi jamak taksirnya yaitu lafazh الأُسَدُ, lah kok bisa? Tandanya apa? Baca klarifikasi selengkapnya pada artikel tentang "Pengertian Isim Jamak Taksir".

Masih ada banyak isim lainnya yang belum kami tuliskan polanya di sini, namun bila sahabat-teman ingin mengetahuinya kalian mampu klik pada label Isim, disana terdapat seluruh artikel ihwal isim lengkap dengan polanya yang mampu kalian baca.

Demikianlah artikel tentang acuan kalimat isim, semoga bermanfaat ya sahabat-teman? Ya, walaupun isinya jauh dari kata lengkap sih -_-. Tapi kalau kalian ada pertanyaan atau ada contoh kalimat isim yang ingin kami tambahkan pada artikel di atas, silahkan tulis pada komentar ya?.

Berlangganan Untuk Mendapatkan Artikel Terbaru:

0 Komentar Untuk "Contoh Kalimat Isim"

Posting Komentar