IBX5980432E7F390 Pengertian Taukid dalam Ilmu Nahwu dan Contohnya - Doa Senjata Muslim

Pengertian Taukid dalam Ilmu Nahwu dan Contohnya

Pengertian Taukid

Taukid adalah isim yang mengikuti kata yang dikuatkan (Muakkad). Oleh karena itu, taukid harus sesuai dengan muakkad-nya baik dalam keadaan rafa’, nashab, khafadh, dan ma'rifah-nya. Kenapa tidak ada nakirah? Karena tidak boleh memakai taukid dengan isim nakirah menurut ulama bahsrah (Kitab Mutammimah). Taukid merupakan gaya bahasa (أسلوب لغوي) yang menggunakan kata-kata khusus yang dimaksudkan untuk menjelaskan makna tertentu pada pendengar atau pembaca untuk menghilangkan keraguan yang ada pada dirinya. Sehingga pendengar atau pembaca merasa yakin dengan apa yang telah diucapkan.

Pengertian Taukid dalam Ilmu Nahwu dan Contohnya

رَأَيْتُ مُحَمَّدًا =  Aku telah melihat Muhammad

Jika dilihat masih ada keraguan pada makna kalimat beliautas. Maka Pendengarnya atau pembacanya mampu mengartikan bahwa Aku telah melihat Muhammad dengan tubuhnya sendiri, atau Aku telah melihat Muhammad utusannya, dll. Agar tidak bias, maka dibutuhkan suatu kata embel-embel atau kata khusus yang mengikuti nama Muhammad itu sendiri. Kata suplemen inilah yang disebut taukid. Sedangkan kata yang diperjelas itu disebut muakkad, seakan-akan pola berikut:

ذَهَبَ مُحَمَّدٌ نَفْسُهُ = Telah tiba Muhammad sendiri


Pembagian Taukid

Taukid terbagi dua macam, yaitu:

  1. Taukid lafzhi
  2. Taukid maknawi


Taukid Lafzhi hanya memberikan pengertian yang sama dengan lafazh pertama dan menggunakan lafazh yang samaa pula, tanpa ada beda, apakah berupa isim, seperti:

جَاءَ عَلِيٌّ عَلِيٌّ = Telah tiba Ali, Ali

Atau berupa fi'il, seperti kata penyair:

أَتَاكَ أَتَاكَ اللَّاحِقُوْنَ اِحْبِسْ اِحْبِسْ
Telah datang kepadamu, telah datang kepadamu orang-orang yang menyusulmu. Maka berhentilah, berhentilah!.

Atau berupa aksara, seakan-akan kata penyair:

لالاأَبُوْحُ بِحُبِّ بِثْنَةٍ أَنَّهَا * أَخَذَتْ عَلَيَّ مَوَاثِقًا وَعُهُوْدًا
Aku tidak akan membuka diam-diam cintaku kepada Batsnah, bahwa dia telah mengambil akad dan sumpahnya kepadaku.

Atau berupa jumlah, seperti:

ضَرَبْتُ زَيْدًا ضَرَبْتُ زَيْدًا = Aku telah memukul Zaid, saya telah memukul Zaid.

Sedangkan taukid maknawi yaitu berupa lafazh-lafazh yang telah dimaklumi, seperti nafsu, 'ainu, kullu, jami'u, 'aammatun, kilaa, dan kiltaa. Akan tetapi diwajibkan baginya muttashil dengan dhamir yang sesuai dengan lafazh yang di-taukid-kan, contohnya:

جَاءَ اْلخَلِيْفَةُ نَفْسُهُ أَوْ عَيْنُهُ = Telah tiba khalifah sendiri, atau ia sendiri.

Nafsu dan 'ainu keduanya boleh digabungkan dengan syarat kata nafsu harus didahulukan.

Diwajibkan bentuk ifrad bagi nafsu dan 'ainu bila bersama dengan mufrad, dan keduanya dijamakkan dengan wazan af'ulun bila bersama dengan mutsanna dan jamak. Oleh lantaran itu anda harus menyampaikan seperti ini:

جَاءَ الزَّيْدَانِ أَنْفُسُهُمَا أَوْ أَعْيُنُهُمَا = Telah datang dua Zaid, kedua-duanya atau diri keduanya

جَاءَ الزَّيْدُوْنَ أَنْفُسُهُمْ أَوْ أَعْيُنُهُمْ = Telah datang paraz Zaid, kesemuanya, atau diri mereka

Wazan af'ulun ini bagi keduanya (nafsu dan 'ainu) hukumnya wajib bila bersama dengan jamak.

Lafazh kullun, jamii'un, dan 'aammatun dapat dipakai untuk taukid mufrad dan jamak, tapi dilarang digunakan untuk taukid mutsanna. Untuk itu Anda harus mengatakan:

جَاءَ اْلجَيْشُ كُلُّهُ أَوْ جَمِيْعُهُ أَوْ عَامَّتُهُ
Bala tentara itu telah datang semuanya atau seluruhnya atau umumnya

جَاءَتِ اْلقَبِيْلَةُ كُلُّهَا أَوْ جَمِيْعُهَا أَوْ عَامَّتُهَا
Kabilah itu telah tiba semuanya atau seluruhnya atau umumnya

جَاءَ الرِّجَالُ كُلُّهُمْ أَوْ جَمِيْعُهُمْ أَوْ عَامَّتُهُمْ
Para pria itu telah datang semuanya atau seluruhnya atau umumnya.

جَاءَتِ النِّسَاْءُ كُلُّهُنَّ أَوْ جَمِيْعُهُنَّ أَوْ عَامَّتُهُنَّ
Para wanita itu telah datang semuanya atau seluruhnya atau umumnya.

Sedangkan kilaa dan kiltaa hanya dipakai untuk taukid mutsanna. Contoh:

جَاءَ الزَّيْدَانِ كِلَاهُمَا = Kedua Zaid itu kedua-duanya telah tiba

جَاءَتِ اْلهِنْدَانِ كِلْتَاهُمَا = Kedua Hindun itu kedua-duanya telah datang

Apabila taukid ini hendak diperkuat, maka boleh mendatangkan lafazh ajma' sehabis kullun atau sesudah kulluha dengan jam'aa-u atau sehabis kulluhum dengan ajma'iin dan sesudah kulluhunna dengan juma'u.

فَسَجَدَ الْمَلَائِكَةُ كُلُّهُمْ أَجْمَعُونَ
Maka bersujudlah para malaikat itu semuanya bantu-membantu (Al-Hijr:30)

Anda katakan:

جَاءَ اْلجَيْشُ كُلُّهُ أَجْمَعُ = Bala tentara itu seluruhnya telah datang semua

جَاءَتِ اْلقَبِيْلَةُ كُلُّهَا جَمْعَاءُ = Kabilah itu seluruhnya telah datang semua

جَاءَتِ النِّسَاْءُ كُلُّهُنَّ جُمَعُ = Wanita-wanita itu seluruhnya telah tiba semua.

Namun adakalanya dipakai taukid dengan lafazh ajma'a, jam'aa-u, ajma'iin dan juma'u tanpa didahului oleh kullu, seperti firman Allah ta'ala:

وَلَأُغْوِيَنَّهُمْ أَجْمَعِينَ
dan pasti saya akan menyesatkan mereka semuanya (Al-Hijr: 39)

Adakalanya didatangkan sehabis ajma'a, yaitu tawabi' (lafazh-lafazh yang semakna dengannya), yaitu akta'a, absha'a, dan abta'a, contohnya:

جَاءَ اْلقَوْمُ كُلُّهُمْ أَجْمَعُوْنَ = Kaum itu seluruhnya telah tiba semua

جَاءَ اْلقَوْمُ كُلُّهُمْ أَكْتَعُوْنَ = Kaum itu seluruhnya telah tiba semua

جَاءَ اْلقَوْمُ كُلُّهُمْ أَبْصَعُوْنَ = Kaum itu seluruhnya telah datang semua

جَاءَ اْلقَوْمُ كُلُّهُمْ أَبْتَعُوْنَ = Kaum itu seluruhnya telah tiba semua

Semuanya bermakna sama. Karena itu sebagian darinya dilarang di-'athaf-kan kepada yang lainnya, mengingat sesuatu yang tunggal dihentikan di-'athaf-kan kepada dirinya sendiri.

Taukid dalam hal i'rab mengikuti lafazh yang ditaukidnya dalam hal rafa', nashab, khafadh, dan ta'rif. Menurut ulama Bashrah tidak boleh memakai taukid dengan isim nakirah.

Demikianlah artikel wacana Pengertian Taukid dalam Ilmu Nahwu dan Contohnya ini saya buat, semoga mampu bermanfaat bagi pembaca, dan sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Berlangganan Untuk Mendapatkan Artikel Terbaru:

0 Komentar Untuk "Pengertian Taukid dalam Ilmu Nahwu dan Contohnya"

Posting Komentar