IBX5980432E7F390 Isim Isyarah dalam Bahasa Arab Beserta Contoh - Doa Senjata Muslim

Isim Isyarah dalam Bahasa Arab Beserta Contoh

Menjelaskan Isim Isyarah

Isim Isyarah (اِسْمُ الْإِشَارَةِ) dikenal dalam Bahasa Indonesia dengan istilah kata tunjuk. Isim Isyarah ialah kata-kata yang digunakan untuk menunjuk benda-benda yang ada di sekitar kita, baik akrab maupun jauh, yaitu ذَا untuk mufrad mudzakkar ذِيْ، ذِهْ، تِيْ، تِهْ، تِى، dan تَا untuk mufrad muannats. ذَانِ untuk mutsanna mudzakkar jikalau dalam keadaan rafa’; ذَيْنِ kalau dalam keadaan nashab dan jar. تَانِ untuk mutsanna muannats kalau dalam keadaan rafa’; dan تَيْنِ bila dalam keadaan nashab dan jar.
Baca Juga:
Contoh I'rab Isim Isyarah
Lafazh أُوْلاَءِ dibaca mad (panjang) bentuk jamak, baik mudzakkar maupun mauannats menurut dialek Hijaz. Bacaan qashr (pendek) menurut dialek Bani Tamim.

Isim Isyarah dalam Bahasa Arab Beserta Contoh

Lafazh Isim Isyarah dengan Memakai Ha Tanbih

Boleh menggunakan ha tanbih kepada isim isyarah. Contoh: هَؤُلاَءِ، هَاتَيْنِ، هَاتَانِ، هَذَيْنِ، هَذَانِ، هَذِهِ، هَذَا. 

Lafazh Isim Isyarah dengan Memakai Kaf

Apabila musyair ilaih (hal yang ditunjuk) berada di daerah yang jauh, maka sertakanlah isim isyarah itu dengan abjad kaf, yang mampu berubah seperti berubahnya kaf isim dhamir, bergantung kepada yang diajak bicara, seolah-olah lafazh ذَاكَ untuk mufrad mudzakkar, ذَاكِ untuk mufrad muannats. ذَاكُمَا untuk tatsniyah yang mudzakkar dan muannats. ذَاكُمْ untuk jamak mudzakkar, dan ذَاكُنَّ untuk jamak muannats.

Boleh menambah aksara lam sebelum karakter kaf, misalnya: ذِلِكَ، ذَلِكِ، ذَلِكُمَا، ذَلِكُمْ، ذَلِكُنَّ. ; dan huruf lam tidak boleh masuk pada mutsanna dan jamak menurut dialek orang-orang yang memanjangkannya (Hijaz). Akan tetapi, huruf kaf boleh masuk pada keduanya kalau dalam keadaan jauh, seperti lafazh: ذَانِكُمَا، تَانِكُمَ dan أُولَئِكَ.

Demikian pula huruf lam tidak boleh masuk kepada isim isyarah untuk bentuk mufrad apabila didahului oleh abjad ha tanbih, seolah-olah lafazh هَذَا. Untuk itu boleh dikatakan padanya kalau dalam keadaan jauh, yaitu هَذَاكَ.

Diisyaratkan untuk kawasan yang dekat dengan memakai lafazh هُنَا atau هَهُنَا.
Contoh:

إِنَّا هَهُنَا قَاعِدُوْنَ = Sesungguhnya kami hanya duduk menanti di sini saja. (Al-Maidah:24).

Untuk tempat yang jauh menggunakan lafazh هُنَاكَ، هَهُنَاكَ، هُنَالِكَ، هَنَّا، هِنَّا atau ثَمَّ seperti dalam acuan berikut:

وَإِذَا رَأَيْتَ ثَمَّ = Dan apabila kau melihat di sana (singa). (Al-Insan:20).

Terimakasih telah membaca artikel ini tentang Isim Isyarah dalam Bahasa Arab Beserta Contoh, biar bermanfaat!

Berlangganan Untuk Mendapatkan Artikel Terbaru:

0 Komentar Untuk "Isim Isyarah dalam Bahasa Arab Beserta Contoh"

Posting Komentar