IBX5980432E7F390 Isim Alam Beserta Contohnya - Doa Senjata Muslim

Isim Alam Beserta Contohnya

Isim ‘alam adalah isim yang mengambarkan makna untuk kata benda yang menunjuk kepada nama seseorang, dan nama tempat. Isim 'alam ada dua macam. Pertama adalah 'alam syakhshah, yaitu isim yang digunakan untuk nama sesuatu yang ditentukan, tidak meliputi yang lainnya, seolah-olah lafazh:

مُحَمَّدٌ = Muhammad
فَاطِمَةُ = Fathimah
مَكَّةُ = Mekah
شَذْقَمٌ = Nama unta
قَرَنٌ = Nama suatu kabilah

Kedua ialah 'alam jenis, yaitu isim yang dipakai untuk nama jenis dari beberapa jenis (tidak ditujukan secara khusus kepada sesuatu tertentu), seakan-akan lafazh أُسَامَةُ untuk nama singa, ثُعَالَةُ untuk nama musang, dan ذُؤَالَةُ untuk nama serigala. 'Alam jenis ini dalam hal maknanya sama dengan isim nakirah, lantaran 'alam jenis ini bersifat umum pada jenisnya (tidak menentukan sesuatu dan lainnya). Untuk itu boleh mengatakan untuk setiap singa yang anda lihat sebagai berikut:

هَذَا أُسَامَةُ مُقْبِلًا = Ini Usamah sedang menghadap

Isim Alam Beserta Contohnya

'Alam itu terbagi lagi menjadi isim, kunyah dan laqab. Yang dimaksud isim disini ialah sebagaimana yang telah kami polakan, seperti مُحَمَّدٌ  dan أُسَامَةُ. Kunyah ialah nama yang diawali dengan lafazh أَبٌ atau أُمٌّ, seperti: (untuk nama singa) أَبِيْ بَكْرٍ، أُمُّ كَلْثُوْمٍ، أَبِيْ اْلحَرْثِ  dan أُمُّ غَرِيْطٍ untuk nama kalajengking.

Laqab ialah nama yang mengandung pengertian pujian, sepeti زَيْنُ اْلعَابِدِيْنَ (perhiasan para jago ibadah) atau mengandung celaan, seakan-akan: بَطَّةٌ (itik) dan أَنْفُ النَّاقَةِ (hidung unta).

Apabila isim dan laqab berkumpul, wajib mengakhirkan laqab berdasarkan pendapat  yang paling shahih (benar). Contoh:

جَاءَ مُحَمَّدٌ زَيْنُ اْلعَابِدِيْنَ = Telah datang Muhammad Zainul 'Abidin

Laqab itu mengikuti kepada isim dalam hal i'rab, kecuali kalau kedua-duanya berbentuk mufrad. Menurut Ulama Bashrah isim itu wajib dimudhafkan kepada laqab. Contoh:
سَعِيْدٌ كُرْزٍ = Sa'id dari Kurz
asalnya ialah سَعِيْدٌ dan كُرْزٌ

Tidak harus tertib antara kunyah dan isim, dan tidak pula antara kunyah dan laqab. Makara, boleh mendahulukan yang mana saja, umpamanya:

جَاءَ مُحَمَّدٌ زَيْنُ اْلعَابِدِيْنَ
جَاءَ زَيْنُ اْلعَابِدِيْنَ أَبُوْ بَكْرٍ
جَاءَ َبُوْ بَكْرٍ زَيْنُ اْلعَابِدِيْنَ

Pembagian Isim 'Alam 

Isim 'alam terbagi lagi menjadi isim 'alam dalam bentuk mufrad dan isim 'alam dalam bentuk murakkab (susunan). Isim 'alam dalam bentuk mufrad seakan-akan lafazh مُحَمَّدٌ dan هِنْدٌ

Sedangkan isim 'alam dalam bentuk murakkab terbagi tiga cuilan, yaitu isim 'alam yang berbentuk tarkib idhafah, seperti lafazh عَبْدُ اللهِ dan عَبْدُ الرَّحْمَانِ , dan semua kunyah, seakan-akan أَبُوْ قُحَافَةِ. Isim 'alam yang berbentuk tarkib majzi (susunan adonan), seolah-olah lafazh بَعْلَبَكَ، حَضْرَمَوْتٍ، dan سِيْبَوَيْهِ. Isim 'alam yang berbentuk tarkib isnad, yaitu setiap dua kata yang salah satunya disandarkan kepada kata lainnya, seolah-olah lafazh بَرِقَ نَحْرُهُ dan شَابَ قَرْنَاهَا, yatu terdiri atas fi'il dan fa'il.

Penjelasan:
Dinamakan isim 'alam yang berbentuk tarkib isnad lantaran terdiri atas dua kalimah (kata), yaitu fi'il dan fa'il, atau mubtada dan khabar, lalu disatukan menjadi nama sesuatu, misalnya lafazh:

مُحَمَّدٌ مُنِيْرٌ = muhammad ialah pemberi petunjuk
Lafazh ini digunakan nama orang, terdiri atas mubtada dan khabar.

Terimakasih telah membaca artikel perihal Isim Alam Beserta Contohnya. Semoga bermanfaat!

Berlangganan Untuk Mendapatkan Artikel Terbaru:

0 Komentar Untuk "Isim Alam Beserta Contohnya"

Posting Komentar