IBX5980432E7F390 Hukum Membuang Mubtada dan Khabar serta Ketentuan-Ketentuan Lain - Doa Senjata Muslim

Hukum Membuang Mubtada dan Khabar serta Ketentuan-Ketentuan Lain

Ketentuan Lain dari Khabar

Zharaf zaman dihentikan dijadikan khabar bagi dzat (manusia) karena itu dilarang dikatakan:

زَيْدُ اْليَوْمَ = Zaid Pada hari ini

Akan tetapi, boleh dijadikan khabar dari makna, yaitu pengertian yang tidak tetap, seakan-akan teladan berikut:

الصَّوْمُ اْليَوْمَ = Puasa itu pada hari ini

السَّفَرُ غَدًا = Berpuasa itu besok

Dan seolah-olah perkataan mereka dari kalangan ahli nahwu:

Hukum Membuang Mubtada dan Khabar serta Ketentuan-Ketentuan Lain

اللَّيْلَةَ اْلهِلَالُ = Pada malaة ini ada hilal. Contoh seperti ini harus ditakwilkan maknanya. Begini bentuk lengkapnya: اللَّيْلَةُ رُؤْيَةُ اْلهِلَالِ = Hilal muncul malam ini.

Khabar itu boleh berbilang, seolah-olah dalam pola berikut:

زَيْدٌ كَاتِبٌ شَاعِرٌ = Zaid penulis dan penyair

Juga seperti yang terdapat dalam firman Allah ta’ala:

وَهُوَ اْلغَفُوْرُ اْلوَدُوْدُ ذُوْ اْلعَرْشِ اْلمَجِيدُ فَعَّالٌ لِّمَا يُرِيْدُ
“Dialah yang Maha Pengampun lagi Maha Pengasih, yang memiliki singgahsana, lagi maha mulia. Maha Kuasa berbuat apa yang dikehendaki-Nya". (Al-Buruuj: 14-16)
Keterangan:
Lafazh هُوَ merupakan mubtada, sedangkan khabarnya ialah lafazh-lafazh berikut: اْلغَفُوْرُ اْلوَدُوْدُ ذُوْ اْلعَرْشِ اْلمَجِيدُ فَعَّالٌ لِّمَا يُرِيْدُ
Terkadang khabar itu mendahului mubtada secara jawaz (boleh).

Contoh:

فِي الدَّارِ زَيْدٌ = Di dalam rumah ada Zaid.

Lafazh زَيْدٌ merupakan mubtada yang diakhirkan dan lafazh فِي الدَّارِ merupakan khabar yang didahulukan untuk tujuan thaksish (menegaskan bahwa Zaid ada di dalam rumah bukan ditempat lain).

Dan terkadang diwajibkan mendahului khabar atas mubtada.

Contoh:

أَيْنَ زَيْدٌ = Dimanakah Zaid?

Lafazh زَيْدٌ merupakan mubtada yang beliaukhirkan dan lafazh أَيْنَ menjadi khabar yang didahulukan secara wajib dan dihentikan diakhirkan. Oleh karena itu, dihentikan mengakan زَيْدٌ أَيْنَ, karena istifham (kata Tanya) itu harus menjadi shadrul kalam (diletakkan di awal pembicaraan).

إِنَّمَا عِنْدَكَ زَيْدٌ = Sesungguhnya disisimu hanya ada zaid.

Lafazh زَيْدٌ merupakan mubtada yang beliaukhirkan dan lafazh عِنْدَكَ menjadi khabar yang didahulukan secara wajib dengan maksud hendaknya mubtada dimahshur dengan oleh huruf hashr, yaitu innama, yang berarti disampingmu hanya ada si Zaid, tidak ada orang lain.

Dan firman Allah ta’ala:

اَمْ عَلَى قُلُوْبٍ اَقْفَالُهَا = “ataukah hati mereka terkunci?” (Muhammad: 24)

Lafazh اَقْفَالُهَا merupakan mubtada yang iakhirkan, sedangkan lafazh عَلَى قُلُوْبٍ adalah khabar yang wajib didahulukan agar tidak mengharuskan ada dhamir merujuk kepada hal yang beliaukhirkan lafazh dan urutannya. Atau dengan kata lain, lafazh عَلَى قُلُوْبٍ merupakan khabar yang didahulukan dan dihentikan iakhirkan karena ada dhamir yang muttashil dengan mubtada, yaitu dhamir ha, kembali kepada lafazh قُلُوْبٍ yang menjadi khabar yang didahulukan.

فِي الدَّارِ رَجُلٌ = Di dalam rumah ada seorang pria.

Lafazh ini mubtadanya dalam bentuk nakirah serta tiada sesuatu hal pun yang membolehkannya kecuali khabar harus didahulukan, sedangkan khabar terdiri atas zharaf atau jar majrur.

Hukum Membuang Mubtada dan Khabar

Mubtada dan khabar itu terkadang dua-duanya boleh dibuang, seolah-olah dalam firman Allah ta’ala:

سَلَامٌ قَوْمٌ مُنْكَرُوْنَ = “salaamun – kalian – yaitu orang-orang yang tidak dikenal”. (adz-Dzaariyat: 25).

Ini bentuk lengkapnya:

سَلَامٌ عَلَيْكُمْ أَنْتُمْ قَوْمٌ مُنْكَرُوْنَ  = Kesejahteraan dilimpahkan atas kalian. Kalian adalah orang-orang yang tidak dikenal.

Lafazh yang dibuang adalah عَلَيْكُمْ أَنْتُمْ. Lafazh عَلَيْكُمْ menjadi khabar lafazh سَلَامٌ, dan lafazh أَنْتُمْ menjadi mubtada yang khabarnya lafazh قَوْمٌ.

Khabar wajib dibuang pada empat keadaan, yaitu:

Hukum Membuang Mubtada dan Khabar serta Ketentuan-Ketentuan Lain
  1. Sesudah lafazh لَوْلاَ .
    Perhatikan contoh berikut:

    لَوْلاَ أَنْتُمْ لَكُنَّا مُؤْمِنِيْنَ
    = “Kalaulah tidak lantaran kalian, tentulah kami menjadi orang-orang beriman”. (Saba’: 31).

    Bentuk lengkapnya yaitu: لَوْلاَ أَنْتُمْ مَوْجُوْدُوْنَ لَكُنَّا مُؤْمِنِيْنَ. Lafazh yang dibuang adalah مَوْجُوْدُوْنَ.
  2. Sesudah qasam (sumpah) yang terperinci.
    Seperti:

    لَعُمْرُكَ إِنَّهُمْ = Demi umurmu, sebetulnya mereka ialah….

    Bentuk lengkapnya yaitu: لَعُمْرُكَ قَسَمِيْ = Demi umurmu sebagai sumpahku. Lafazh عُمْرُكَ menjadi mubtada, dan lafazh قَسَمِيْ menjadi khabar yang dihentikan disebutkan.
  3. Sesudah wawu ma’iyyah.
    Seperti:

    كُلُّ صَانِعٍ وَمَا صَنَعَ = Setiap yang berprofesi dengan profesinya selalu berbarengan.

    Bentuk lengkapnya yaitu: كُلُّ صَانِعٍ وَمَا صَنَعَ مَقْرُوْنَانِ = Setiap yang berprofesi dengan profesinya selalu berbarengan.

    Lafazh كُلُّ menjadi mubtada, sedangkan lafazh وَمَا صَنَعَ beliauthafkan kepada lafazh كُلُّ, dan khabarnya dibuang.
  4. Sebelum haal yang tidak patut menjadi khabar.
    Seperti dalam contoh:

    ضَرْبِيْ زَيْدًا قَائِمًا
    = Pukulanku pasti menimpa Zaid apabila beliau bangun.

    Bentuk lengkapnya adalah: ضَرْبِيْ زَيْدًا إِذَا كَانَ قَائِمًا = Pukulanku pasti menimpa Zaid apabila beliau bangkit.

    Lafazh ضَرْبِيْ, berkedudukan sebagai mubtada, lafazh زَيْدًا menjadi ma’mul (maf’ul) mubtada, sedangkan lafazh قَائِمًا menjadi haal yang menduduki daerah khabar, khabarnya wajib dibuang. Yang menjadi patokan dalam hal ini ialah, hendaknya mubtada merupakan mashdar yang dapat bersedekah, atau lafazh yang di-idhafah-kan kepada mashdar, sedangkan lafazh sesudahnya berupa haal yang menduduki kawasan khabar, dan haal itu sendiri tidak patut menjadi khabar. Maka khabar wajib dibuang lantaran ada haal yang telah menduduki daerahnya.
Terimakasih telah membaca artikel wacana Hukum Membuang Mubtada dan Khabar serta Ketentuan-Ketentuan Lain, semoga bermanfaat.

Berlangganan Untuk Mendapatkan Artikel Terbaru:

0 Komentar Untuk "Hukum Membuang Mubtada dan Khabar serta Ketentuan-Ketentuan Lain"

Posting Komentar