IBX5980432E7F390 Hukum Tajwid Al-Quran Surat Al-Furqan Ayat 64 Lengkap Dengan Penjelasannya - Doa Senjata Muslim

Hukum Tajwid Al-Quran Surat Al-Furqan Ayat 64 Lengkap Dengan Penjelasannya

Assalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Bagaimana kabar sahabatku semua hari ini? Baik kan. Kali ini kami akan membahas analisis hukum tajwid surat Al-Furqan ayat 64 lengkap dengan penjelasannya. Al-Quran merupakan petunjuk kepada kebahagiaan di dunia dan darul baka. Maka sangat penting untuk kita mampu membacanya dengan benar. Satu huruf akan bernilai pahala. Sungguh ini termasuk karunia yang besar. Ternyata praktis mendapatkan pahala itu. Maka perlu sekali kita mencar ilmu perihal tajwid ini. Baiklah, pribadi kita simak hukum tajwid dari ayat tersebut.

Hukum Tajwid Surat Al-Furqan Ayat 64

Penjelasan lengkap dari nomor-nomor di atas yakni :
1. Alif lam syamsiyah lantaran abjad alif lam bertemu huruf syamsiyah lam. Dibaca idgham (masuk ke huruf lam ).
2. Mad asli atau mad thabi’i karena abjad dzal berharakat kasrah bertemu ya sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
3. Mad asli atau mad thabi’i karena huruf ba berharakat kasrah bertemu ya sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
4. Mad asli atau mad thabi’i karena huruf ta berharakat dhamah bertemu wau sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
5. Idzhar syafawi karena huruf mim sukun bertemu dengan huruf sin. Cara membacanya dengan terang.
6. Idgham bighunnah karena aksara dal berharakat fathah tanwin bertemu abjad wau bertasydid. Dibaca masuk dengan dengung dan ditahan sampai 3 harakat.
7. Mad orisinil atau mad thabi’i karena huruf ya berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
8. Mad 'iwadh karena mim berharakat fathah tanwin dan diwaqaf. Cara membacanya tanwin dihilangkan dan panjangnya 2 harakat. 

Bila kita sudah lancar dalam membaca Al-Quran. Tinggal kita menyiapkan diri kita untuk rutin dalam membacanya. Lebih baik membaca sedikit tetapi rutin tiap hari dari pada membaca yang banyak namun satu bulan hanya sekali atau dua kali saja. Amalan yang rutin ini lebih dicintai oleh Allah Swt. Semoga kajian ini bermanfaat untuk seluruh pembaca sekalian. Wassalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh.
Baca juga : Doa Bangun Tidur Lengkap Arab Latin dan Artinya.

Berlangganan Untuk Mendapatkan Artikel Terbaru:

0 Komentar Untuk "Hukum Tajwid Al-Quran Surat Al-Furqan Ayat 64 Lengkap Dengan Penjelasannya"

Posting Komentar