IBX5980432E7F390 Hukum Tajwid Al-Quran Surat Al-Furqan Ayat 63 Lengkap Dengan Penjelasannya - Doa Senjata Muslim

Hukum Tajwid Al-Quran Surat Al-Furqan Ayat 63 Lengkap Dengan Penjelasannya

Assalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Pada kesempatan yang baik ini kami akan membahas analisis hukum tajwid surat Al-Furqan ayat 63 lengkap dengan penjelasannya. Ada semboyan yang amat cantik, ialah tiada hari tanpa membaca Al-Quran. Kita akan beruntung sekali bila mampu melakukannya. Hidup akan memperoleh keberkahan kalau kita dekat dengan Al-Quran. Supaya kita membacanya Al-Quran bisa tartil benar. Baiklah, pribadi kita simak aturan tajwid dari ayat tersebut.
Hukum Tajwid Surat Al-Furqan Ayat 63

Penjelasan lengkap dari nomor-nomor di atas yakni :
1. Mad asli atau mad thabi’i lantaran huruf ba berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
2. Alif lam syamsiyah karena abjad alif lam bertemu karakter syamsiyah ra. Dibaca idgham (masuk ke abjad ra ).
3. Mad orisinil atau mad thabi’i karena huruf mim berharakat  fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
4. Alif lam syamsiyah lantaran abjad alif lam bertemu huruf syamsiyah lam. Dibaca idgham (masuk ke huruf lam ).
5. Mad orisinil atau mad thabi’i karena huruf dzal berharakat kasrah bertemu ya sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
6. Idzhar syafawi karena karakter mim sukun bertemu dengan abjad syin. Cara membacanya dengan terperinci.
7. Mad orisinil atau mad thabi’i karena huruf syin berharakat dhamah bertemu wau sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
8. Alif lam qamariyah lantaran aksara alif lam bertemu huruf hamzah. Dibaca secara jelas.
Baca juga : Doa Berbuka Puasa Lengkap Arab Latin dan Artinya.
9. Mad lin lantaran aksara wau sukun didahului oleh abjad ha berharakat fathah. Dibaca panjang 2 harakat.
10. Idgham bighunnah alasannya karakter nun berharakat fathah tanwin bertemu huruf wau bertasydid. Dibaca masuk dengan dengung dan ditahan hingga 3 harakat.
11. Mad orisinil atau mad thabi’i karena abjad dzal berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
12. Mad asli atau mad thabi’i lantaran karakter kha berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
13. Ada dua aturan di sini, pertama alif lam qamariyah lantaran huruf alif lam bertemu huruf jim. Dibaca secara jelas. Kedua, mad orisinil atau mad thabi’i lantaran abjad jim berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
14. Mad orisinil atau mad thabi’i karena karakter lam berharakat dhamah bertemu wau sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
15. Mad asli atau mad thabi’i karena huruf qaf berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
16. Mad asli atau mad thabi’i lantaran karakter lam berharakat dhamah bertemu wau sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
Baca juga : Doa Keluar Rumah Lengkap Arab Latin dan Artinya.
17. Mad orisinil atau mad thabi’i karena karakter lam berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
18. Mad 'iwadh lantaran mim berharakat fathah tanwin dan diwaqaf. Cara membacanya tanwin dihilangkan dan panjangnya 2 harakat. 

Memang, agar bacaan Al-Quran kita bisa benar atau tartil maka perlu  belajar ihwal ilmu tajwid. Mencari ilmu itu memang sebuah kewajiban bagi tiap muslim. Baik pria maupun wanita. Semenjak dari bawah umur hingga hingga usia lanjut pun tetap elok jikalau diisi dengan mencari ilmu agama. Semoga bermanfaat pembahasan kali ini. Wassalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh.
Baca juga : Doa Bercermin Lengkap Arab Latin dan Artinya.

Berlangganan Untuk Mendapatkan Artikel Terbaru:

0 Komentar Untuk "Hukum Tajwid Al-Quran Surat Al-Furqan Ayat 63 Lengkap Dengan Penjelasannya"

Posting Komentar