IBX5980432E7F390 Hukum Tajwid Al-Quran Surat Al-Baqarah Ayat 255 Lengkap Penjelasannya - Doa Senjata Muslim

Hukum Tajwid Al-Quran Surat Al-Baqarah Ayat 255 Lengkap Penjelasannya

Assalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Pada kesempatan yang berbahagia ini kami akan bahas analisis hukum tajwid Al-Quran Surat Al-Baqarah Ayat 255 lengkap dengan klarifikasinya.  Surat Al-Baqarah ayat 255 ini disebut pula ayat bangku. Banyak dari kaum muslimin yang telah menghafalnya. Dari bawah umur hingga para orang renta sering melafazhkannya. Surat Al-Baqarah ini adalah surat ke-2 di dalam Al-Quran. Untuk menganalisis secara mendalam berkenaan perihal aturan tajwid dari ayat tersebut maka kita simak saja di bawah ini.

Hukum Tajwid Surat Al-Baqarah Ayat 255 Lengkap Penjelasannya

Untuk klarifikasi penting untuk nomor-nomor di atas yaitu :
1. Tafkhim alasannya lafaz Allah didahului oleh abjad hijaiyah hamzah berharakat fathah. Tutorial membacanya tebal.
2. Mad jaiz munfasil alasannya lantaran huruf mad bertemu hamzah di lain kata. Dibaca panjang 2/ 4 atau 5 harakat.
3. Mad orisinil atau mad thabi’i lantaran aksara lam berharakat fathah bertemu alif dan sesudahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
4. Mad orisinil atau mad thabi’i lantaran aksara lam berharakat fathah bertemu alif dan sesudahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
5. Alif lam qamariyah lantaran karakter alif lam bertemu aksara ha'. Dibaca secara terperinci.
6. Alif lam qamariyah lantaran huruf alif lam bertemu abjad qaf. Dibaca secara jelas.
7. Mad orisinil atau mad thabi’i lantaran huruf ya 'berharakat dhamah bertemu wau sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
8. Mad orisinil atau mad thabi’i lantaran aksara lam berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
9. Mad shilah qashirah sebab abjad ha (kata ganti) bertemu dengan abjad selain hamzah. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
10. Idgham bighunnah lantaran aksara ta' berharakat dhamah tanwin bertemu huruf wau. Dibaca masuk dengan dengung dan ditahan hingga 3 harakat.
11. Mad orisinil atau mad thabi’i lantaran karakter lam berharakat fathah bertemu alif dan sesudahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
Baca juga : Macam-macam Bacaan Doa I'tidal Lengkap Arab Latin dan Artinya.
12. Mad lin lantaran huruf wau sukun didahului oleh karakter nun berharakat fathah. Dibaca panjang 2 harakat. Apabila kita mewaqafkannya sehabis ini maka bisa dipanjangkan hingga 6 harakat.
13. Mad shilah qashirah alasannya abjad ha (kata ganti) bertemu dengan abjad selain hamzah. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
14. Mad orisinil atau mad thabi’i karena abjad mim berharakat fathah bertemu alif dan sesudahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
15. Alif lam syamsiyah karena huruf alif lam bertemu huruf syamsiyah sin. Dibaca idgham (masuk ke abjad sin ).
16. Mad asli atau mad thabi’i karena aksara mim berharakat fathah bertemu alif dan sehabisnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
17. Mad asli atau mad thabi’i karena karakter wau berharakat fathah bertemu alif dan sesudahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
18. Mad orisinil atau mad thabi’i lantaran huruf mim berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
19. Alif lam qamariyah karena karakter alif lam bertemu karakter hamzah. Dibaca secara terperinci.
20. Ikhfa lantaran abjad nun sukun bertemu karakter dzal. Tutorial membacanya samar dengan dengung dan ditahan selama 3 harakat. Pada waktu mengucapkan aksara nun mati, sikap pengecap dan bibir dipersiapkan menempati huruf dzal.
21. Mad orisinil atau mad thabi’i karena huruf dzal berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
22. Alif lam syamsiyah lantaran abjad alif lam bertemu abjad syamsiyah lam. Dibaca idgham (masuk ke abjad lam ).
Baca juga : Macam-macam Bacaan Doa Duduk Diantara Dua Sujud Lengkap Arab Latin dan Artinya.
23. Mad orisinil atau mad thabi’i lantaran abjad dzal berharakat kasrah bertemu ya' sukun dan sesudahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
24. Ikhfa karena abjad nun sukun bertemu karakter dal. Cara membacanya samar dengan dengung dan ditahan selama 3 harakat. 
25. Mad jaiz munfasil alasannya lantaran abjad mad bertemu hamzah di lain kata. Dibaca panjang 2/ 4 atau 5 harakat.
26. Mad asli atau mad thabi’i karena huruf lam berharakat fathah bertemu alif dan sehabisnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
27. Mad orisinil atau mad thabi’i lantaran karakter mim berharakat fathah bertemu alif dan sehabisnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
28. Mad lin lantaran abjad ya' sukun didahului oleh karakter ba berharakat fathah. Dibaca panjang 2 harakat.
29. Mad lin karena abjad ya' sukun didahului oleh huruf hamzah berharakat fathah. Dibaca panjang 2 harakat.
30. Mad orisinil atau mad thabi’i karena aksara dal berharakat kasrah bertemu ya' sukun dan sesudahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
31. Idzhar syafawi lantaran aksara mim sukun bertemu dengan aksara wau. Cara membacanya dengan jelas.
32. Mad asli atau mad thabi’i karena huruf mim berharakat fathah bertemu alif dan sehabisnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
33. Mad orisinil atau mad thabi’i karena abjad lam berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
Baca juga : Doa Bercermin Lengkap Arab Latin dan Artinya.
34. Mad asli atau mad thabi’i karena abjad ha berharakat kasrah bertemu ya' sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
35. Mad orisinil atau mad thabi’i lantaran karakter tha berharakat dhamah bertemu wau sukun dan sesudahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
36. Mad lin lantaran aksara ya' sukun didahului oleh aksara syin berharakat fathah. Dibaca panjang 2 harakat.
37. Idgham bighunnah karena abjad hamzah berharakat kasrah tanwin bertemu aksara mim. Dibaca masuk dengan dengung dan ditahan sampai 3 harakat.
38. Idzhar karena abjad nun sukun bertemu abjad 'ain. Dibaca terperinci tidak berdengung sama sekali.
39. Mad jaiz munfasil alasannya karena huruf mad bertemu hamzah di lain kata. Dibaca panjang 2/ 4 atau 5 harakat.
40. Mad orisinil atau mad thabi’i karena aksara lam berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
41. Mad orisinil atau mad thabi’i karena karakter mim berharakat fathah bertemu alif dan sesudahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
42. Mad wajib muttashil alasannya lantaran karakter mad bertemu hamzah dalam satu kata. Dibaca panjang 4 atau 5 harakat. Akan tetapi, bila kita mau mewaqafkannya maka hukumnya menjadi mad arid lissukun karena huruf mad jatuh sebelum aksara yang diwaqaf. Untuk cara membacanya dengan dipanjangkan 2 hingga 6 harakat.
43. Alif lam syamsiyah lantaran aksara alif lam bertemu huruf syamsiyah sin. Dibaca idgham (masuk ke aksara sin ).
Baca juga : Doa Setelah Adzan Lengkap Arab Latin dan Artinya.
44. Mad orisinil atau mad thabi’i lantaran abjad mim berharakat fathah bertemu alif dan sesudahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
45. Mad orisinil atau mad thabi’i karena aksara wau berharakat fathah bertemu alif dan sesudahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
46. Alif lam qamariyah lantaran karakter alif lam bertemu karakter hamzah. Dibaca secara terperinci.
47. Mad orisinil atau mad thabi’i lantaran huruf lam berharakat fathah bertemu alif dan sehabisnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
48. Mad asli atau mad thabi’i karena abjad hamzah berharakat dhamah bertemu wau sukun dan sehabisnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
49. Mad shilah qashirah alasannya ialah karakter ha (kata ganti) bertemu dengan karakter selain hamzah. Cara membacanya panjang 2 harakat.
50. Mad orisinil atau mad thabi’i karena aksara mim berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
51. Alif lam qamariyah karena karakter alif lam bertemu huruf 'ain. Dibaca secara jelas.
Baca juga : Hukum Tajwid Surat Al-Kafirun Lengkap Dengan Penjelasannya.
52. Alif lam qamariyah karena abjad alif lam bertemu karakter 'ain. Dibaca secara jelas.
53. Mad arid lissukun lantaran aksara mad jatuh sebelum aksara yang diwaqaf. Cara membacanya dengan dipanjangkan 2 sampai 6 harakat.

Demikian agar menjadi manfaat bagi para pembaca yang berbahagia. Sekian dulu sampai bertemu kembali dalam kajian analisis tajwid yang lainnya.  Wassalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh.
Baca juga : Doa Berlindung Dari Malas Lengkap Arab Latin dan Artinya.

Berlangganan Untuk Mendapatkan Artikel Terbaru:

0 Komentar Untuk "Hukum Tajwid Al-Quran Surat Al-Baqarah Ayat 255 Lengkap Penjelasannya"

Posting Komentar