IBX5980432E7F390 Hukum Tajwid Al-Quran Surat Al-Baqarah Ayat 285 Lengkap Dengan Penjelasannya - Doa Senjata Muslim

Hukum Tajwid Al-Quran Surat Al-Baqarah Ayat 285 Lengkap Dengan Penjelasannya

Assalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Di dikala hari yang begitu cerah ini kami akan menyajikan analisis hukum tajwid surat Al-Baqarah Ayat 285 lengkap dengan penjelasannya. Kesuksesan semoga selalu menyertai kehidupan sahabat-teman dan para pembaca semua.  Belajar tidak mengenal kata akhir atau berhenti. Penting untuk selalu dilakukan dalam kehidupan ini. Termasuk dalam membaca Al-Quran. Baiklah, kita pribadi saja menyimak hukum-hukum tajwidnya di bawah ini :

Hukum Tajwid Surat Al-Baqarah Ayat 285 Lengkap

Penjelasan lengkap dari nomor-nomor di atas adalah :
1. Mad badal karena karakter mad bertemu hamzah dalam satu kata akan tetapi posisi hamzah lebih dahulu dari aksara mad. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
2. Alif lam syamsiyah karena karakter alif lam bertemu huruf syamsiyah ra. Dibaca idgham (masuk ke huruf ra ).
3. Mad asli atau mad thabi’i karena abjad sin berharakat dhamah bertemu wau sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
4. Mad jaiz munfasil alasannya lantaran abjad mad bertemu hamzah di lain kata. Dibaca panjang 2, 4 atau 5 harakat.
5. Ikhfa karena aksara nun sukun bertemu abjad zai. Tutorial membacanya samar dengan dengung dan ditahan selama 3 harakat. Pada waktu mengucapkan huruf nun mati, sikap lidah dan bibir dipersiapkan menempati abjad zai.
6. Mad lin karena karakter ya sukun didahului oleh karakter lam berharakat fathah. Dibaca panjang 2 harakat.
7. Idgham jikaghunnah lantaran huruf nun sukun bertemu aksara ra tasydid. Dibaca lebur tanpa dengung. Bunyi tanwin hilang.
8. Mad shilah qashirah sebab huruf ha (kata ganti) bertemu dengan abjad selain hamzah. Dalam hal ini bertemu karakter wau. Cara membacanya panjang 2 harakat.
Baca pula : Doa Iftitah Dalam Shalat Lengkap Arab Latin dan Artinya.
9. Alif lam qamariyah lantaran huruf alif lam bertemu abjad mim. Dibaca secara terang.
10. Mad arid lissukun lantaran abjad mad jatuh sebelum huruf yang diwaqaf. Cara membacanya dengan dipanjangkan 2 sampai 6 harakat.
11. Idzhar alasannya aksara lam berharakat dhamah tanwin bertemu karakter hamzah. Dibaca terperinci tidak berdengung sama sekali.
12. Mad badal lantaran aksara mad bertemu hamzah dalam satu kata akan tetapi posisi hamzah lebih dahulu dari huruf mad. Cara membacanya panjang 2 harakat.
13. Tarqiq karena lafaz Allah didahului oleh karakter hijaiyah ba berharakat kasrah. Tutorial membacanya tipis.
14. Mad wajib muttashil alasannya lantaran karakter mad bertemu hamzah dalam satu kata. Dibaca panjang 4 atau 5 harakat.
15. Mad shilah qashirah karena karakter ha (kata ganti) bertemu dengan huruf selain hamzah. Dalam hal ini bertemu abjad wau. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
16. Mad shilah qashirah alasannya yaitu huruf ha (kata ganti) bertemu dengan abjad selain hamzah. Dalam hal ini bertemu aksara wau. Cara membacanya panjang 2 harakat.
Baca pula : Doa Sebelum Tidur Lengkap Arab Latin dan Artinya.
17. Bila tidak berhenti di sini maka hukumnya mad shilah qashirah alasannya karakter ha (kata ganti) bertemu dengan huruf selain hamzah. Dalam hal ini bertemu huruf wau. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
18. Mad orisinil atau mad thabi’i lantaran huruf lam berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
19. Mad lin lantaran karakter wau sukun didahului oleh huruf ba berharakat fathah. Dibaca panjang 2 harakat.
20. Idgham bighunnah karena abjad dal berharakat kasrah tanwin bertemu huruf mim bertasydid. Dibaca masuk dengan dengung dan ditahan sampai 3 harakat.
21. Idgham jikaghunnah karena abjad nun sukun bertemu aksara ra tasydid. Dibaca lebur tanpa dengung. Bunyi tanwin hilang.
22. Bila tidak berhenti di sini maka hukumnya mad shilah qashirah alasannya huruf ha (kata ganti) bertemu dengan aksara selain hamzah. Dalam hal ini bertemu karakter wau. Cara membacanya panjang 2 harakat.
23. Mad orisinil atau mad thabi’i lantaran huruf qaf berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
24. Mad asli atau mad thabi’i karena karakter lam berharakat dhamah bertemu wau sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
25. Mad asli atau mad thabi’i lantaran abjad nun berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
Baca pula : Tata Cara Shalat Jenazah Lengkap.
26. Mad orisinil atau mad thabi’i lantaran abjad nun berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
27. Mad asli atau mad thabi’i karena aksara ra berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
28. Mad orisinil atau mad thabi’i karena aksara nun berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
29. Mad lin lantaran karakter wau sukun didahului oleh karakter lam berharakat fathah. Dibaca panjang 2 harakat.
30. Alif lam qamariyah karena aksara alif lam bertemu karakter mim. Dibaca secara terang.
31. Mad arid lissukun karena aksara mad jatuh sebelum abjad yang diwaqaf. Cara membacanya dengan dipanjangkan 2 hingga 6 harakat.

Akhirnya, akhir juga kita menganalisisnya. Tinggal kita mengamalkan dalam membaca Al-Quran. Begitu banyak pahala yang bisa diraih dari membaca ayat-ayat Al-Quran itu. Akan sangat merugi jikamana kita meninggalkan amalan ini. Sebaiknya membaca Al-Quran itu dilakukan secara rutin setiap hari. Wassalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh.
Baca pula : Doa Keluar Rumah Lengkap Arab Latin dan Artinya.

Berlangganan Untuk Mendapatkan Artikel Terbaru:

0 Komentar Untuk "Hukum Tajwid Al-Quran Surat Al-Baqarah Ayat 285 Lengkap Dengan Penjelasannya"

Posting Komentar