IBX5980432E7F390 Hukum Tajwid Al-Quran Surat Al-Baqarah Ayat 21 Lengkap Dengan Penjelasannya - Doa Senjata Muslim

Hukum Tajwid Al-Quran Surat Al-Baqarah Ayat 21 Lengkap Dengan Penjelasannya

Assalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Di saat yang penuh suka cita ini, kami hendak membahas analisis hukum tajwid Surat Al-Baqarah Ayat 21 lengkap dengan penjelasannya. Setiap kita yang ingin mampu membaca Al-Quran niscaya mempelajari ilmu tajwid. Maka posisi ilmu ini sangat penting bagi kaum muslimin. Maka hendaknya setiap muslim rajin mempelajarinya supaya bisa membaca Al-Quran dengan benar dan tartil. Agar kita tahu aturan tajwid dalam ayat yang akan kita bahas ini, mari bahu-membahu kita simak uraian hukum tajwidnya berikut.

Hukum Tajwid Surat Al-Baqarah Ayat 21

Penjelasan lengkap dari nomor-nomor di atas yaitu :
1. Mad jaiz munfasil alasannya karena abjad mad bertemu hamzah di lain kata. Dibaca panjang 2, 4 atau 5 harakat.
2. Ada tiga aturan di sini, pertama alif lam syamsiyah karena aksara alif lam bertemu huruf syamsiyah nun. Dibaca idgham (masuk ke abjad nun ). Kedua, ghunnah alasannya nun bertanda tasydid dan cara membacanya dengan dengung serta ditahan 3 harakat. Ketiga, mad orisinil atau mad thabi’i lantaran huruf nun berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
3. Mad asli atau mad thabi’i karena abjad dal berharakat dhamah bertemu wau sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
4. Alif lam syamsiyah lantaran aksara alif lam bertemu aksara syamsiyah lam. Dibaca idgham (masuk ke abjad lam ).
5. Mad orisinil atau mad thabi’i lantaran abjad dzal berharakat kasrah bertemu ya sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
6. Idzhar syafawi lantaran abjad mim sukun bertemu dengan abjad wau. Cara membacanya dengan terperinci.
Baca juga : Doa Bangun Tidur Lengkap Arab Latin dan Artinya.
7. Alif lam syamsiyah lantaran aksara alif lam bertemu karakter syamsiyah lam. Dibaca idgham (masuk ke abjad lam ).
8. Mad asli atau mad thabi’i karena karakter dzal berharakat kasrah bertemu ya sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
9. Ikhfa lantaran abjad nun sukun bertemu karakter qaf. Cara membacanya samar dengan dengung dan ditahan selama 3 harakat. Cara pengucapan seolah-olah suara "ng".
10. Qalqalah sughra lantaran aksara qalqalah ba berharakat sukun dan posisinya di tengah kalimat. Cara membacanya dipantulkan secara ringan.
11. Idzhar syafawi lantaran huruf mim sukun bertemu dengan karakter lam. Tutorial membacanya dengan terperinci.
12. Idzhar syafawi lantaran huruf mim sukun bertemu dengan karakter ta. Cara membacanya dengan terperinci.
13. Mad arid lissukun lantaran huruf mad jatuh sebelum abjad yang diwaqaf. Tutorial membacanya dengan dipanjangkan 2 hingga 6 harakat.

Nah, dengan kita menyimaknya maka kita secara otomatis mencar ilmu ilmu tajwid pula. Sangat mudah bergotong-royong. Di setiap ayat Al-Quran kita menemukan beberapa hukum tajwid. Namun, yang paling penting ialah pengamalan atau prakteknya. Kita mau membaca Al-Quran dalam kehidupan sehari-hari. Tidak hanya sendiri saja. Akan lebih manis jika satu keluarga suka dan mempunyai kebiasaan membaca Al-Quran setiap hari. Wassalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh.
Baca pula : Doa Duduk Diantara Dua Sujud Lengkap Arab Latin dan Artinya.

Berlangganan Untuk Mendapatkan Artikel Terbaru:

0 Komentar Untuk "Hukum Tajwid Al-Quran Surat Al-Baqarah Ayat 21 Lengkap Dengan Penjelasannya"

Posting Komentar