IBX5980432E7F390 Hukum Tajwid Al-Quran Surat Al-An'am Ayat 50 Lengkap Beserta Penjelasannya - Doa Senjata Muslim

Hukum Tajwid Al-Quran Surat Al-An'am Ayat 50 Lengkap Beserta Penjelasannya

Assalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Pagi ini sehabis melaksanakan ibadah shalat subuh berjamaah di masjid kami hendak membahas analisis hukum tajwid Surat Al-An'am ayat 50 lengkap beserta penjelasannya. Begitu pentingnya membaca Al-Quran di dalam kehidupan ini. Setiap muslim mestinya mampu membacanya. Bilamana ketika ini masih belum mampu maka sebaiknya segera untuk mencar ilmu. Ilmu tajwid menjadi jawabannya. Itulah ilmu yang mempelajari bagaimana tata cara membaca Al-Quran dengan benar. Ketika kita ingin bisa membaca al-Quran dengan benar maka penting sekali untuk kita mempelajarinya. Baik, kita langsung simak saja analisis tajwid berikut ini :

Hukum Tajwid Surat Al-An'am Ayat 50

Keterangan lengkap dari nomor-nomor di atas ialah :
1. Idgham mutamatsilain karena abjad lam sukun bertemu huruf lam berharakat tasydid. Tutorial membacanya aksara pertama diidghamkan ke abjad kedua.
2. Mad jaiz munfasil alasannya lantaran aksara mad bertemu hamzah di lain kata. Dibaca panjang 2, 4 atau 5 harakat.
3. Mad orisinil atau mad thabi’i karena huruf qaf berharakat dhamah bertemu wau sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
4. Idzhar syafawi karena karakter mim sukun bertemu dengan aksara 'ain. Cara membacanya dengan terperinci.
5. Ikhfa karena aksara nun sukun bertemu karakter dal. Cara membacanya samar dengan dengung dan ditahan selama 3 harakat. 
6. Mad orisinil atau mad thabi’i lantaran huruf dal berharakat kasrah bertemu ya sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
7. Mad wajib muttashil alasannya lantaran abjad mad bertemu hamzah dalam satu kata. Dibaca panjang 4 atau 5 harakat.
8. Tafkhim lantaran lafaz Allah didahului oleh huruf hijaiyah nun berharakat dhamah. Cara membacanya tebal.
9. Mad jaiz munfasil alasannya lantaran huruf mad bertemu hamzah di lain kata. Dibaca panjang 2, 4 atau 5 harakat.
Baca juga : Doa Masuk Masjid Lengkap Arab Latin dan Artinya.
10. Alif lam qamariyah karena huruf alif lam bertemu aksara ghain. Dibaca secara terang.
11. Mad lin lantaran karakter ya sukun didahului oleh aksara ghain berharakat fathah. Dibaca panjang 2 harakat.
12. Mad jaiz munfasil alasannya lantaran huruf mad bertemu hamzah di lain kata. Dibaca panjang 2, 4 atau 5 harakat.
13. Mad orisinil atau mad thabi’i karena karakter qaf berharakat dhamah bertemu wau sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
14. Idzhar syafawi lantaran karakter mim sukun bertemu dengan karakter hamzah. Tutorial membacanya dengan jelas.
15. Ada dua aturan di sini, pertama ghunnah sebab nun bertanda tasydid dan cara membacanya dengan dengung serta ditahan 3 harakat. Kedua, mad asli atau mad thabi’i lantaran karakter nun berharakat kasrah bertemu ya sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
16. Idzhar sebab huruf nun sukun bertemu huruf hamzah. Dibaca terperinci tidak berdengung sama sekali.
17. Mad orisinil atau mad thabi’i karena abjad lam berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
18. Mad asli atau mad thabi’i karena karakter mim berharakat  fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
19. Mad orisinil atau mad thabi’i karena abjad ya berharakat dhamah bertemu wau sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
20. Mad asli atau mad thabi’i karena karakter ha' berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
Baca juga : Doa Shalat Istikharah Lengkap Arab Latin dan Artinya.
21. Alif lam qamariyah lantaran aksara alif lam bertemu abjad hamzah. Dibaca secara jelas.
22. Mad asli atau mad thabi’i karena huruf mim berharakat  fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
23. Alif lam qamariyah lantaran aksara alif lam bertemu abjad ba. Dibaca secara terperinci.
24. Mad arid lissukun lantaran karakter mad jatuh sebelum aksara yang diwaqaf. Cara membacanya dengan dipanjangkan 2 hingga 6 harakat.
25. Mad asli atau mad thabi’i lantaran karakter lam berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
26. Mad arid lissukun karena karakter mad jatuh sebelum karakter yang diwaqaf. Cara membacanya dengan dipanjangkan 2 hingga 6 harakat.

Kita memang perlu untuk secara tekun serta bersungguh-sungguh dalam mempelajari ilmu tersebut. Memang kesuksesan bisa diraih dengan kesungguhan. Di samping itu, kita pun perlu berdoa memohon kepada Allah agar dimudahkan mempelajarinya. Sampai di sini dahulu, semoga analisis tajwid ini menyampaikan manfaat bagi teman-teman sekalian. Wassalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh.
Baca pula : Doa Menjenguk Orang Sakit Lengkap Arab Latin dan Artinya.

Berlangganan Untuk Mendapatkan Artikel Terbaru:

0 Komentar Untuk "Hukum Tajwid Al-Quran Surat Al-An'am Ayat 50 Lengkap Beserta Penjelasannya"

Posting Komentar