IBX5980432E7F390 Hukum Tajwid Al-Quran Surat Al-Ahzab Ayat 70 Lengkap Dengan Penjelasannya - Doa Senjata Muslim

Hukum Tajwid Al-Quran Surat Al-Ahzab Ayat 70 Lengkap Dengan Penjelasannya

Assalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Pada kesempatan yang mulia ini kami akan menuliskan analisis hukum tajwid Surat Al-Ahzab ayat 70 lengkap dengan penjelasannya. Begitu penting sekali kita belajar cara membaca Al-Quran. Tiap muslim semestinya bisa membaca Al-Quran dengan baik. Ilmu yang mempelajari tentang cara membaca Al-Quran disebut tajwid. Membaca Al-Quran ini diperintahkan dan diberi pahala oleh Allah subhanahu wa ta'ala. Maka menjadi sangat merugi bila kita terhalang untuk mendapatkan pahala gara-gara kita belum bisa membacanya. Jika ketika ini kondisi kita masih belum sanggup membacanya maka solusi yang sempurna yaitu mulai sedari kini kita berusaha untuk mempelajari caranya. Baiklah, kita langsung saja menyimak uraian aturan tajwid dari ayat 70 Surat Al-Ahzab berikut ini :

Hukum Tajwid Surat Al-Ahzab Ayat 70

Keterangan lengkap dari nomor-nomor di atas yaitu :
1. Mad jaiz munfasil alasannya lantaran karakter mad bertemu hamzah di lain kata. Dibaca panjang 2, 4 atau 5 harakat.
2. Alif lam syamsiyah karena abjad alif lam bertemu aksara syamsiyah lam. Dibaca idgham (masuk ke aksara lam ).
3. Mad asli atau mad thabi’i lantaran aksara dzal berharakat kasrah bertemu ya sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
4. Mad badal karena huruf mad bertemu hamzah dalam satu kata akan tetapi posisi hamzah lebih dahulu dari karakter mad. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
5. Tafkhim karena lafaz Allah didahului oleh aksara hijaiyah qaf berharakat dhamah. Cara membacanya tebal.
6. Mad asli atau mad thabi’i lantaran abjad qaf berharakat dhamah bertemu wau sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
Baca juga : Doa Keluar Rumah Lengkap Arab Latin dan Artinya.
7. Mad orisinil atau mad thabi’i lantaran aksara lam berharakat dhamah bertemu wau sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
8. Mad lin lantaran abjad wau sukun didahului oleh aksara qaf berharakat fathah. Dibaca panjang 2 harakat.
9. Ikhfa karena karakter lam berharakat fathah tanwin bertemu karakter sin. Tutorial membacanya samar dengan dengung dan ditahan selama 3 harakat. Pada waktu mengucapkan abjad nun mati, perilaku pengecap dan bibir dipersiapkan menempati abjad sin.
10. Mad orisinil atau mad thabi’i lantaran aksara dal berharakat kasrah bertemu ya sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
11. Mad 'iwadh lantaran dal berharakat fathah tanwin dan diwaqaf. Cara membacanya tanwin dihilangkan dan panjangnya 2 harakat. 

Sebenarnya tidak sulit berguru membaca Al-Quran itu. Hanya saja kita perlu benar-benar tekun dalam belajar membaca Al-Quran akan bernilai pahala juga. Kita saksikan bahwasannya telah banyak orang yang sanggup membaca Al-Quran. Semoga kita ditolong dan dimudahkan dalam mempelajari Al-Quran yang mulia ini. Amiin. Wassalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh.
Baca pula : Doa Shalat Istikharah Lengkap Arab Latin dan Artinya.

Berlangganan Untuk Mendapatkan Artikel Terbaru:

0 Komentar Untuk "Hukum Tajwid Al-Quran Surat Al-Ahzab Ayat 70 Lengkap Dengan Penjelasannya"

Posting Komentar