IBX5980432E7F390 Hukum Tajwid Al-Quran Surat Al-Ahzab Ayat 32 Lengkap Beserta Penjelasannya - Doa Senjata Muslim

Hukum Tajwid Al-Quran Surat Al-Ahzab Ayat 32 Lengkap Beserta Penjelasannya

Assalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Pada kesempatan yang baik ini kami akan menuliskan analisis hukum tajwid Surat Al-Ahzab ayat 32 lengkap beserta penjelasannya. Sangat penting untuk kita berguru cara membaca Al-Quran dengan benar. Setiap muslim seharusnya mampu membaca Al-Quran dengan baik. Mengenai ilmu yang mempelajari perihal cara membaca Al-Quran dinamakan tajwid. Kami yakin teman-teman sudah sering mendengarnya. Membaca Al-Quran ini termasuk hal yang diperintahkan dan akan diberi pahala oleh Allah subhanahu wa ta'ala. Apabila dikala ini kondisi kita masih belum sanggup membacanya dengan baik maka solusi yang paling tepat adalah kita memulai berusaha untuk mempelajari caranya. Tidak sulit bahwasanya. Baiklah, kita eksklusif saja menyimak uraian aturan tajwid dari ayat 32 Surat Al-Ahzab di bawah ini :

Hukum Tajwid Surat Al-Ahzab Ayat 32

Keterangan lengkap dari nomor-nomor di atas ialah :
1. Mad asli atau mad thabi’i karena karakter ya berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
2. Mad wajib muttashil alasannya lantaran aksara mad bertemu hamzah dalam satu kata. Dibaca panjang 4 atau 5 harakat.
3. Ada dua aturan di sini, pertama ghunnah karena nun bertanda tasydid dan cara membacanya dengan dengung serta ditahan 3 harakat. Kedua, mad asli atau mad thabi’i karena abjad nun berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
4. Ghunnah karena nun bertanda tasydid dan cara membacanya dengan dengung serta ditahan 3 harakat.
5. Idgham bighunnah karena abjad dal berharakat kasrah tanwin bertemu huruf mim bertasydid. Dibaca masuk dengan dengung dan ditahan sampai 3 harakat.
6. Ada dua hukum di sini, pertama ghunnah lantaran nun bertanda tasydid dan cara membacanya dengan dengung serta ditahan 3 harakat. Kedua, mad asli atau mad thabi’i karena huruf nun berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
7. Mad wajib muttashil alasannya karena huruf mad bertemu hamzah dalam satu kata. Dibaca panjang 4 atau 5 harakat.
8. Mad orisinil atau mad thabi’i lantaran karakter qaf berharakat kasrah bertemu ya sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
Baca pula : Doa Shalat Jenazah Lengkap Arab Latin dan Artinya.
9. Ghunnah alasannya ialah nun bertanda tasydid dan cara membacanya dengan dengung serta ditahan 3 harakat.
10. Mad asli atau mad thabi’i lantaran huruf lam berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
11. Alif lam qamariyah karena abjad alif lam bertemu aksara qaf. Dibaca secara jelas.
12. Mad lin karena karakter wau sukun didahului oleh karakter qaf berharakat fathah. Dibaca panjang 2 harakat.
13. Qalqalah sughra karena karakter qalqalah tha berharakat sukun dan posisinya di tengah kalimat. Tutorial membacanya dipantulkan secara ringan.
14. Alif lam syamsiyah karena abjad alif lam bertemu abjad syamsiyah lam. Dibaca idgham (masuk ke huruf lam ).
15. Mad orisinil atau mad thabi’i karena karakter dzal berharakat kasrah bertemu ya sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
16. Mad asli atau mad thabi’i karena karakter fa berharakat kasrah bertemu ya sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
Simak juga : Bacaan Takbir Hari Raya Lengkap Arab Latin dan Artinya.
17. Mad shilah qashirah alasannya adalah abjad ha (kata ganti) bertemu dengan huruf selain hamzah. Cara membacanya panjang 2 harakat.
18. Idgham bighunnah lantaran huruf dhad berharakat dhamah tanwin bertemu huruf wau bertasydid. Dibaca masuk dengan dengung dan ditahan sampai 3 harakatd
19. Mad lin lantaran abjad wau sukun didahului oleh karakter qaf berharakat fathah. Dibaca panjang 2 harakat.
20. Idgham bighunnah lantaran karakter lam berharakat fathah tanwin bertemu abjad mim. Dibaca masuk dengan dengung dan ditahan hingga 3 harakat.
21. Mad asli atau mad thabi’i karena aksara ra berharakat dhamah bertemu wau sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
22. Mad 'iwadh karena fa berharakat fathah tanwin dan diwaqaf. Tutorial membacanya tanwin dihilangkan dan panjangnya 2 harakat. 

Semakin kita sering membaca analisis tajwid maka kita akan lebih familier dengan ilmu tersebut. Namun, yang paling penting adalah kita mau mengamalkan ilmu ini. Pengamalan yang kami maksud tentu saja adalah dengan membaca Al-Quran. Tidak hanya pada momen tertentu saja. Sebaiknya membaca Al-Quran itu rutin tiap hari. Semoga menambah khasanah keilmuan artikel ini. Wassalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh.
Baca pula : Doa Keluar Masjid Lengkap Arab Latin dan Artinya.

Berlangganan Untuk Mendapatkan Artikel Terbaru:

0 Komentar Untuk "Hukum Tajwid Al-Quran Surat Al-Ahzab Ayat 32 Lengkap Beserta Penjelasannya"

Posting Komentar