IBX5980432E7F390 Hukum Tajwid Al-Quran Surat Al-Ahzab Ayat 21 Lengkap Penjelasannya - Doa Senjata Muslim

Hukum Tajwid Al-Quran Surat Al-Ahzab Ayat 21 Lengkap Penjelasannya

Assalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Pada kesempatan yang berbahagia ini kami akan bahas analisis hukum tajwid Al-Quran Al-Ahzab Ayat 21 lengkap dengan penjelasannya. Surat Al-Qasas ini yaitu surat ke-33 di dalam Al-Quran. Untuk menganalisis secara mendalam berkenaan perihal hukum tajwid dari ayat ini maka kita simak saja berikut ini.

Hukum Tajwid Surat Al-Ahzab Ayat 21 Lengkap Penjelasannya

Di bawah klarifikasi dari nomor-nomor di atas yaitu :
1. Qalqalah sughra lantaran abjad qalqalah dal berharakat sukun dan posisinya di tengah kalimat. Tutorial membacanya dipantulkan secara ringan.
2. Mad orisinil atau mad thabi’i lantaran karakter kaf berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
3. Idzhar syafawi karena abjad mim sukun bertemu dengan huruf fa. Cara membacanya dengan jelas.
4. Mad orisinil atau mad thabi’i karena aksara fa' berharakat kasrah bertemu ya' sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
5. Mad asli atau mad thabi’i karena karakter sin berharakat dhamah bertemu wau sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
6. Tarqiq karena lafaz Allah didahului oleh huruf hijaiyah lam berharakat kasrah. Cara membacanya tipis.
7. Idzhar sebab aksara ta berharakat dhamah tanwin bertemu abjad ha. Dibaca terperinci tidak berdengung sama sekali.
Baca juga : Doa Panjang Umur Lengkap Arab Latin dan Artinya.
8. Idgham bilaghunnah karena aksara ta berharakat dhamah tanwin bertemu huruf lam bertanda tasydid. Dibaca lebur tanpa dengung. Bunyi tanwin hilang.
9. Ikhfa karena aksara nun sukun bertemu abjad kaf. Cara membacanya samar dengan dengung dan ditahan selama 3 harakat. Cara pengucapan seolah-olah suara "ng".
10. Mad asli atau mad thabi’i karena abjad kaf berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
11. Tafkhim lantaran lafaz Allah didahului oleh huruf hijaiyah jim berharakat dhamah. Tutorial membacanya tebal.
12. Alif lam qamariyah karena abjad alif lam bertemu aksara ya'. Dibaca secara terperinci.
13. Mad lin karena aksara wau sukun didahului oleh karakter ya' berharakat fathah. Dibaca panjang 2 harakat.
Baca juga : Macam-macam Bacaan Tasyahud Lengkap Arab Latin dan Artinya.
14. Ada dua aturan di sini, pertama alif lam qamariyah lantaran huruf alif lam bertemu karakter hamzah. Dibaca secara jelas. Kedua, mad badal lantaran aksara mad bertemu hamzah dalam satu kata akan tetapi posisi hamzah lebih dahulu dari abjad mad. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
15. Tafkhim lantaran lafaz Allah didahului oleh aksara hijaiyah ra berharakat fathah. Cara membacanya tebal.
16. Mad asli atau mad thabi’i karena abjad tsa berharakat kasrah bertemu ya' sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
17. Mad 'iwadh karena ra' berharakat fathah tanwin dan diwaqaf. Cara membacanya tanwin dihilangkan dan panjangnya 2 harakat. 

Demikian analisis tajwid dari surat Al-Ahzab ayat 21 lengkap dengan alasan atau penjelasannya. Semoga menyampaikan manfaat kepada para pembaca sekalian. Wassalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh.
Baca juga : Macam-macam Bacaan Doa I'tidal Lengkap Arab Latin dan Artinya.

Berlangganan Untuk Mendapatkan Artikel Terbaru:

0 Komentar Untuk "Hukum Tajwid Al-Quran Surat Al-Ahzab Ayat 21 Lengkap Penjelasannya"

Posting Komentar