IBX5980432E7F390 Hukum Tajwid Al-Quran Surat Al-Anbiya Ayat 19 Lengkap Dengan Penjelasannya - Doa Senjata Muslim

Hukum Tajwid Al-Quran Surat Al-Anbiya Ayat 19 Lengkap Dengan Penjelasannya

Assalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Pada kesempatan yang bagus ini kami akan membahas analisis hukum tajwid surat Al-Anbiya ayat 19 lengkap dengan penjelasannya. Sebagai seorang muslim yang baik tentu ingin mampu membaca Al-Quran dengan tartil. Supaya itu bisa terwujud maka kita perlu mencar ilmu yang namanya ilmu tajwid. Dengan kesungguhan dan ketekunana maka pastinya nanti bisa membaca Al-Quran dengan benar. Bahkan bisa lebih cantik kualitas bacaannya. Sesudah itu, kita seharusnya bisa merutinkan membaca Al-Quran dalam kehidupan sehari-hari. Baiklah, marilah kita simak saja uraian analisis tajwidnya berikut.

Hukum Tajwid Surat Al-Anbiya Ayat 19

Keterangan lengkap dari nomor-nomor di atas yaitu :
1. Mad shilah qashirah alasannya aksara ha (kata ganti) bertemu dengan aksara selain hamzah. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
2. Ikhfa lantaran karakter nun sukun bertemu karakter fa. Cara membacanya samar dengan dengung dan ditahan selama 3 harakat. Pada waktu mengucapkan aksara nun mati, perilaku pengecap dan bibir dipersiapkan menempati huruf fa'.
3. Alif lam syamsiyah lantaran huruf alif lam bertemu karakter syamsiyah sin. Dibaca idgham (masuk ke abjad sin ).
4. Mad orisinil atau mad thabi’i karena aksara mim berharakat  fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
5. Mad asli atau mad thabi’i lantaran karakter wau berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
6. Ada dua hukum di sini, pertama alif lam qamariyah karena huruf alif lam bertemu aksara hamzah. Dibaca secara terperinci. Kedua, mad badal lantaran karakter mad bertemu hamzah dalam satu kata akan tetapi posisi hamzah lebih dahulu dari huruf mad. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
7. Idzhar karena karakter nun sukun bertemu aksara 'ain. Dibaca jelas tidak berdengung sama sekali.
8. Ikhfa lantaran aksara nun sukun bertemu karakter dal. Tutorial membacanya samar dengan dengung dan ditahan selama 3 harakat. 
9. Mad shilah qashirah sebab aksara ha (kata ganti) bertemu dengan huruf selain hamzah. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
Baca juga : Ucapan Doa Pengantin Baru Lengkap Arab Latin dan Artinya.
10. Mad orisinil atau mad thabi’i lantaran huruf lam berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
11. Mad orisinil atau mad thabi’i karena huruf ra berharakat dhamah bertemu wau sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
12. Idzhar karena abjad nun sukun bertemu aksara 'ain. Dibaca jelas tidak berdengung sama sekali.
13. Mad asli atau mad thabi’i lantaran huruf ba berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
14. Mad shilah qashirah alasannya abjad ha (kata ganti) bertemu dengan abjad selain hamzah. Cara membacanya panjang 2 harakat.
15. Mad orisinil atau mad thabi’i karena huruf lam berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
16. Mad arid lissukun lantaran karakter mad jatuh sebelum aksara yang diwaqaf. Cara membacanya dengan dipanjangkan 2 hingga 6 harakat.

Nah, final juga kita menganalisis tajwid dari ayat tersebut. Dengan kita selalu berguru perihal ilmu tajwid ini maka mudah sekali menerima kepahaman. Jika telah menguasai ilmu ini maka bacaan Al-Quran kita akan menjadi lebih baik lagi. Sampai di sini dahulu biar bermanfaat untuk para pembaca semuanya. Wassalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh.
Baca juga : Doa Sesudah Wudhu Lengkap Arab Latin dan Artinya.

Berlangganan Untuk Mendapatkan Artikel Terbaru:

0 Komentar Untuk "Hukum Tajwid Al-Quran Surat Al-Anbiya Ayat 19 Lengkap Dengan Penjelasannya"

Posting Komentar