IBX5980432E7F390 Ayat Tentang Qurban - Doa Senjata Muslim

Ayat Tentang Qurban

Nahwu - "Qurban (Udlhiyyah) yaitu apa-apa yang disembelih dari binatang ternak yang dipakai untuk mendekatkan diri kepada Allah semenjak hari ‘Idun Nahr (10 Dzulhijjah) hingga akhir hari Tasyriq (13 Dzulhijjah)”. Imam Zakariyya Al Anshari di dalam Fathul Wahab bi-syarhi Minhajith Thullab.

Hukum melaksanakan Qurban adalah sunnah mu’akkad, sebagaimana yang dikatakan oleh Imam Nawawi dalam Kitab Al-Majmu syarah Al-Muhadzdzab berikut ini:
“Telah kami tuturkan bahwa madzhab kami (syafi’iyah) menyatakan sunnah muakkad bagi orang yang kaya (makmur) namun tidak wajib, seakan-akan inilah juga pendapat kebanyakan ulama, diantaranya Sahabat Abu Bakar Ash-Shiddiq, Umar bin Khaththab, Bilal, Abu Mas’ud al-Badri, Sa’id bin al-Musayyab, ‘Atha’, Aqlamah, al-Aswad, Malik, Ahmad, Abu Yusuf, Ishaq, Abu Tsaur, al-Muzanni, Daud adl-Dhohiri dan Ibnul Mandzur. Sedangkan Rabi’iah, al-Laits bin Sa’ad, Abu Hanifah dan al-Auza’i beropini wajib bagi orang kaya kecuali orang yang haji di Mina. Muhammad al-Hasan (ulama Hanafi) berpendapat wajib bagi muqim (penduduk tetap) di semua wilayah namun yang masyhur dari Abu Hanifah adalah wajib bagi muqim serta mencapai nishab." (www.muslimedianews.com)
Ayat Tentang Qurban

Bagi sebagian orang, pernyataan Imam Nawawi di atas sudah cukup baginya untuk menjadi dalil disunnahkannya ber-qurban, lantaran Imam Nawawi dan ulama-ulama lainnya sudah pasti berbicara berlandaskan Al-Quran dan Hadits.

Namun ada juga sebagian orang yang ingin mengetahui secara pribadi ayat Al-Quran yang menjadi landasan disunnahkannya ber-qurban. Baiklah, berikut ini kami sajikan beberapa ayat ihwal qurban.

Kok cuma dalil ayat? Dalil Hadits ga ada ya? Ada kok, cuman hal tersebut, nantinya akan kami tulis pada artikel khusus hadits tentang qurban.

Ayat Tentang Qurban

Dalam Al-Quran ada beberapa ayat yang menjelaskan ihwal ibadah qurban yaitu:

1. Surat Al-Kautsar: 1-2

فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْ

Artinya :
“...Maka shalatlah untuk Tuhanmu dan sembelihlah qurban.”

2. Surat Al-Hajj Ayat 34

وَلِكُلِّ أُمَّةٍ جَعَلْنَا مَنْسَكًا لِيَذْكُرُوا اسْمَ اللَّهِ عَلَىٰ مَا رَزَقَهُمْ مِنْ بَهِيمَةِ الْأَنْعَامِ ۗ فَإِلَٰهُكُمْ إِلَٰهٌ وَاحِدٌ فَلَهُ أَسْلِمُوا ۗ وَبَشِّرِ الْمُخْبِتِينَ

Artinya:
“Dan bagi tiap-tiap umat telah Kami syariatkan penyembelihan (qurban), supaya mereka menyebut nama Allah terhadap binatang ternak yang telah direzekikan Allah kepada mereka, maka Tuhanmu ialah Tuhan Yang Maha Esa, karena itu berserah dirilah kau kepada-Nya. Dan berilah kabar bangga kepada orang-orang yang tunduk patuh (kepada Allah).”

3. Surat Al-Hajj Ayat 36


وَالْبُدْنَ جَعَلْنَاهَا لَكُمْ مِنْ شَعَائِرِ اللَّهِ لَكُمْ فِيهَا خَيْرٌ ۖ فَاذْكُرُوا اسْمَ اللَّهِ عَلَيْهَا صَوَافَّ ۖ فَإِذَا وَجَبَتْ جُنُوبُهَا فَكُلُوا مِنْهَا وَأَطْعِمُوا الْقَانِعَ وَالْمُعْتَرَّ ۚ كَذَٰلِكَ سَخَّرْنَاهَا لَكُمْ لَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ

Artinya:
“Maka makanlah sebagiannya (daging qurban) dan berilah makan orang yang merasa cukup dengan apa yang ada padanya (orang yang tidak meminta-minta) dan orang yang meminta.”

4. Surat Al-Hajj ayat 37


لَنْ يَنَالَ اللَّهَ لُحُومُهَا وَلَا دِمَاؤُهَا وَلَٰكِنْ يَنَالُهُ التَّقْوَىٰ مِنْكُمْ ۚ كَذَٰلِكَ سَخَّرَهَا لَكُمْ لِتُكَبِّرُوا اللَّهَ عَلَىٰ مَا هَدَاكُمْ ۗ وَبَشِّرِ الْمُحْسِنِينَ

Artinya :
”Daging-daging qurban dan darahnya itu sekali-kali tidak mampu mencapai (keridhaan) Allah, tetapi Ketakwaan dari kaulah yang mampu mencapainya.”

5. Surat Al An’am ayat 162 dan 163

قُلْ إِنَّ صَلَاتِي وَنُسُكِي وَمَحْيَايَ وَمَمَاتِي لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ (162) لَا شَرِيكَ لَهُ ۖ وَبِذَٰلِكَ أُمِرْتُ وَأَنَا أَوَّلُ الْمُسْلِمِينَ. 163
Artinya:
“Katakanlah: Sesungguhnya shalatku, sembelihanku, hidupku dan matiku hanyalah untuk Allah, Tuhan semesta alam. Tiada sekutu bagi-Nya dan demikian itulah yang diperintahkan kepadaku dan saya yaitu orang yang pertama-tama menyerahkan diri (kepada Allah)”.

Demikianlah Ayat Tentang Qurban, supaya tulisan ini mampu menambah ilmu dan pengetahuan gres bagi teman-teman yang belum mengetahuinya.

Berlangganan Untuk Mendapatkan Artikel Terbaru:

0 Komentar Untuk "Ayat Tentang Qurban"

Posting Komentar