IBX5980432E7F390 Inilah Penyebab Terjadinya Perang Salib - Doa Senjata Muslim

Inilah Penyebab Terjadinya Perang Salib

Doa Shahih | Perang Salib yaitu suatu peperangan yang dilancarkan oleh orang-orang Kristen Barat terhadap kaum Muslimin di Asia Barat dan Mesir, yang dimulai pada akibat masa ke-11 hingga dengan balasan abad ke-13. Peperangan yang memakan waktu yang cukup panjang itu dilatarbelakangi oleh beberapa faktor. Philip K. Hitti beropini bahwa latar belakang terjadinya perang Salib lantaran reaksi Dunia Katolik di Eropa terhadap Dunia Islam di Asia, yang semenjak tahun 632 melakukan ekspansi, bukan saja di Syria dan Asia Kecil, tetapi juga Spanyol dan Sicilia.

Inilah Penyebab Terjadinya Perang Salib

Faktor lain adalah karena impian mengembara dan talenta kemiliteran suku Teutonia yang telah mengubah peta Eropa sejak mereka memasuki lembaran sejarah penghancuran gereja Holy Sepulchre yang dilakukan oleh Khalifah Fathimiyah al-Hakim dalam tahun 1009, padahal gereja tersebut merupakan tujuan dari ribuan jemaah Eropa, selain itu juga terdapat perlakuan yang tidak masuk akal oleh penguasa Saljuk terhadap jemaah Kristen yang akan ke Palestina melalui Asia Kecil.
Note:
Holy Sepulchre yaitu sebuah gereja yang pernah didirikan di atas tempat dimana Yesus dikubur.
Namun yang menjadi karena pribadi terjadinya Perang Salib yaitu saat tahun 1095 diulangi lagi ajakan bantuan kepada Pope Urban II oleh Kaisar Bizantium, Alexius Commenus yang tempat-daerahnya di Asia hingga ke pantai Marmora telah ditaklukkan oleh bangsa Saljuk. Bahkan kota Konstantinopel pun ikut terancam. Dengan undangan ini, Paus melihat sebuah peluang untuk mempersatukan kembali gereja Yunani dengan Romawi yang pernah terjadi perpecahan antara keduanya sekitar tahun 1009-1054.

Pada tanggal 26 November 1095 di Clermont ( Perancis Tenggara ), Paus Urbanus II menyampaikan pidato yang berapi-api untuk memperabukan semangat kaum Nasrani, yang dihadiri 225 pendeta besar serta tokoh-tokoh masyarakat di Eropa-Barat. Dalam pidato itu, Paus menyerukan kepada seluruh kaum Katolik, agar ikut ambil potongan dalam perang suci untuk merebut kuburan suci dari tangan orang Muslim, serta menaklukkan mereka. Tuhan menghendaki yang demikian katanya.

Selanjutnya Paus menegaskan bahwa orang-orang yang nanti pergi berperang hartanya akan dilindungi oleh gereja, begitu juga keluarga yang ditinggalkan, dosa jagoan-pahlawan perang bagaimanapun besarnya akan diampuni, mereka yang mati dalam peperangan atau akibat perang berarti mati suci, dan masuk surga.

Pada tahun 1097 telah berkumpul di Konstantinopel sebanyak 150.000 orang, sebagian besar orang Perancis dan Normandia, dan mereka semua menggunakan simbol Salib, lantaran itulah peperangan ini disebut Perang Salib. Selanjutnya pidato Paus itu ditutup dengan ucapan ” Deus Vult " ( kehendak Tuhan ). Teriakan Deus Vult itu menggema ke mana-mana dan menyebabkan ketularan psikologi di kalangan orang-orang Nasrani Eropa. Maka berduyun-duyunlah raja-raja Nasrani di Eropa untuk mendaftarkan dirinya, lalu diikuti oleh rakyat jelata, bahkan kaum perampok, pembegal, dan penyamun juga ikut dalam peperangan tersebut, karena ingin terbebas dari dosa dan masuk nirwana.

Meskipun motivasi yang diteriakkan itu bersifat keagamaan, namun tidak semua orang yang ikut dalam Perang Salib ini digerakkan oleh Deus Vult. Beberapa motivasi lain yang menciptakan mereka ikut serta dalam Perang Salib yaitu sebagai berikut:
  1. Sebagian dari pimpinan tentara Salib seperti Bohemond ikut dalam peperangan ini karena didorong oleh kepentingan pribadi, yaitu mendirikan kerajaannya di tempat yang akan ditaklukkan. 
  2. Pedagang-pedagang dari Pisa, Venesia dan Genoa memiliki kepentingan-kepentingan komersial. 
  3. Orang orang kriminil mengharapkan Perang Salib ini, merupakan jalan menebus dosa, 
  4. Orang-orang yang suka bertualang, yang tak menentu hidupnya melihat Perang Salib sebagai suatu wilayah baru bagi petualangan mereka. 
  5. Sebagian besar masa dari Perancis, Loraine, Italia dan Sicilia yang menerima tekanan ekonomi dan kondisi sosial yang rendah melihat kesempatan ini sebagai satu bantuan dari pada sebagai satu pengorbanan.
Terimakasih telah membaca artikel wacana Penyebab Terjadinya Perang Salib, semoga bermanfaat!

Sumber:
Tim Penyusun Textbook Sejarah dan kebudayaan Islam Direktorat Jendral Pembinaan Kelembagaan Agama Islam, Sejarah dan Kebudayaan Islam, 1981/1982.

Berlangganan Untuk Mendapatkan Artikel Terbaru:

0 Komentar Untuk "Inilah Penyebab Terjadinya Perang Salib"

Posting Komentar