IBX5980432E7F390 Pengertian Masdar dalam Bahasa Arab - Doa Senjata Muslim

Pengertian Masdar dalam Bahasa Arab

Pengertian Masdar

Masdar merupakan salah satu dari anggota isim-isim yang di-nashab-kan. Masdar adalah isim manshub yang mengandung arti pekerjaan, dan terletak pada urutan ketiga dalam tashrif, seperti: فَتَحَ - يَفْتَحُ - فَتْحًا. Bagaimana sih yang dimaksud dengan urutan dalam tashrif? Fataha urutan pertama, yahftahu urutan kedua, fathan urutan ketiga dan seterusnya sampai urutan kesepuluh, yaitu miftahun (مِفْتَحٌ). Begitulah yang dimaksud dengan urutan dalam tahsrif. atau juga mampu disebut sebagai Perubahan fi'il dari satu bentuk ke bentuk yang lain.
Baca Juga:
Pengertian Masdar dalam Bahasa Arab

Contoh:
فَتَحَ - يَفْتَحُ - فَتْحًا

Fi'il telah berubah bentuknya dari bentuk madhi, ke bentuk mudhari', dan ke bentuk mashdar: فَتَحَ (fi'il madhi/urutan pertama), يَفْتَحُ (Fi'il mudhari'/urutan kedua), dan فَتْحًا (Masdar/urutan ketiga).

Masdar juga disebut sebagai kata dasar yang berarti setiap kata yang ada dalam bahasa arab berasal dari satu kata dasar, yaitu masdar. Oleh karena itulah masdar sering disebut juga dengan sumber pengambilan (musytaq minhu). Perlu Anda ketahui bahwa masdar juga dinamakan maf'ul muthlaq.
Baca Juga:
Bagaimana cara mengenali masdar? Apakah ia mempunyai pola-pola khusus layaknya isim fa'il, dan isim maf'ul? Tidak, masdar tidak memiliki pola tertentu, namun masdar bisa diketahui dengan cara melihat kamus bahasa Arab kemudian di hafal. hehe.

Pembagian Masdar

Mashdar terbagi dua:
  1. Lafzhi
  2. Ma'nawi
Kalau lafazh masdar sama dengan lafazh fi'il-nya, maka disebut masdar lafzhi.
Contoh:

ضَرَبْتُهُ ضَرْبًا
Aku benar-benar telah memukulnya

Apabila masdar tersebut sama dengan fi’il-nya dari segi makna, sedangkan lafazhnya tidak sama, maka dinamakan dengan mashdar ma’nawi.
Contoh:

جَلَسْتُ قُعُوْدًا
Aku telah benar-benar duduk.

قُعُوْدًا adalah mashdar dari قَعَدَ  yang artinya sama  dengan جَلَسَ yaitu duduk, tetapi masdar dari جَلَسَ yaitu جُلُوْسًا. Pada contoh di atas yang dipakai yaitu قُعُوْدًا, lantaran ia mempunyai makna yang sama dengan جُلُوْسًا. Karena قُعُوْدًا mempunyai makna yang sama dengan fi’ilnya (جَلَسَ), maka قُعُوْدًا disebut dengan mashdar ma’nawi.

Namun ada yang perlu diingat! Dalam i’rab-nya, lafazh قُعُوْدًا tetap dikatakan maf’ul muthlaq yang di-nashab oleh جَلَسَ. Dan seandainya pada acuan tersebut kata قُعُوْدًا diganti dengan جُلُوْسًا, maka dinamakan dengan masdar lafzhi karena lafazh mashdar dan lafazh fi’il-nya sama, seakan-akan yang telah dijelaskan di atas. Intinya Anda boleh memakai masdar yang lafazhnya tidak sama dengan fi’il-nya asalkan artinya sama.

Demikianlah artikel perihal Pengertian mashdar dalam Ilmu Nahwu, semoga bermanfaat!

Berlangganan Untuk Mendapatkan Artikel Terbaru:

0 Komentar Untuk "Pengertian Masdar dalam Bahasa Arab"

Posting Komentar