IBX5980432E7F390 7 Macam N4fsu Yang Ada Pada Diri Manusia - Doa Senjata Muslim

7 Macam N4fsu Yang Ada Pada Diri Manusia

Pengertian N4fsu

N4fsu adalah keinginan yang tersirat dalam kebijaksanaan pikiran insan. N4fsu ada yang baik dan ada juga yang buruk. N4fsu yang baik adalah yang tidak bertentangan dengan hati nurani serta perintah-perintah dan larangan-larangan yang telah ditetapkan Allah. Sedangkan N4fsu yang buruk ialah yang bertentangan dengan hati nurani, bertentangan dengan perintah dan larangan Allah, atau mampu disebut N4fsu yang hanya dipakai untuk memenuhi harapan pikirannya saja.

Macam-Macam N4fsu

N4fsu insan ada tujuh jenis, yaitu:

7 Macam N4fsu Yang Ada Pada Diri Manusia

1. N4fsu Amarah

Adalah N4fsu yang selalu memerintahkan kejelekan. N4fsu Amarah bertempat di dada. Adapun sifat-sifatnya yaitu pelit (al-Bukhlu), dengki (al-Hasad),  terbelakang (al-Jahl),  sombong (al-Kibru), murka (al-Ghadhbu), tamak (al-Hirsu), dan Senang melakukan perkara jelek/hina (asy-Syahwah)

2. N4fsu Lauwamah

Adalah N4fsu yang selalu meratapi setelah melaksanakan perbuatan maksiat/dosa. N4fsu lawwamah bertempat di hati, tepatnya dua jari di bawah susu kiri. Adapun sifat-sifat yaitu mencela (Al-Laum), bersenang-senang (Al-Hawa), menipu (Al-Makr), bangga diri (Al-’Ujb), mengumpat (Al-Ghibah), pamer (Ar-Riya’), zalim (Az-Zhulm), dusta (Al-Kidzb), lupa (Al-ghoflah).

3. N4fsu Mulhimah

Adalah N4fsu yang selalu mendapat ilham supaya berbuat kebaikan. N4fsu mulhimah tempatnya ialah “Ar-ruh” tepatnya dua jari di bawah susu kanan. Adapun sifat-sifatnya ialah murah hati (As-Sakhawah), merasa cukup (Al-Qana’ah), murah hati (Al-Hilm), rendah hati (At-Tawadhu’), taubat atau kembali kepada Allah (At-Taubat), tabah (As-Shabr), dan bertanggung jawab (At-Tahammul).

4. N4fsu Muthmainnah

Adalah N4fsu yang sudah tenang, tentram dan selamat dari sifat-sifat tercela (madzmumah). N4fsu muthmainnah tempatnya adalah belakang layar (As-Sirr), tepatnya dua jari dari samping susu kiri ke arah dada. Adapun sifat-sifatnya ialah dermawan (Al-Juud), berserah diri (At-Tawakkal), ibadah (Al-Ibadah), bersyukur (Asy-Syukr), ridha (Ar-Ridha), dan takut melanggar larangan (Al-Khosyah).

5. N4fsu Radhiyah

Adalah N4fsu yang sudah ridha terhadap semua ketentuan dan kehendak Allah dalam segala hal. N4fsu rhodiyah tempatnya ialah sangat belakang layar (Sirr Assirr), tepatnya di jantung yang berfungsi menggerakkan seluruh tubuh. Adapun sifat-sifatnya ialah ingat kepada Allah (Dzikir).  zuhud (Az-Zuhd), lapang dada (Al-Ikhlas), meninggalkan syubhat (Al-Wara’), latihan diri (Ar-Riyadhah), dan tepat janji (Al-Wafa’).

6. N4fsu Mardhiyah

Adalah N4fsu yang sudah menerima keridhaan dari Allah. Tempatnya adalah samar  (Al-khafiy), tepatnya dua jari dari samping susu kanan ke tengah dada. Adapun sifat-sifatnya adalah baik sopan santun (Husnul Khuluq), meninggalkan semua kasus selain Allah (Tarku maa siwallah), lembut kepada makhluk (Al-Luthfu bil khalqi), memaafkan kesalahan makhluk (Shafhu ‘an dzunubihim), dan lain-lain.

7. N4fsu Kamilah

N4fsu yang telah higienis dari setiap sifat tercela (madzmumah), sifat-sifat kebaikannya sempurna, dan penuh kasih terhadap semua makhluk. N4fsu ini juga disebut N4fsu shafiyyah dan merupakan N4fsu yang hanya dimiliki oleh para Nabi dan Rasul. N4fsu kamilah tempatnya adalah “Al-Akhfa” (sangat samar), tepatnya di tengah-tengah dada. Adapun sifat-sifat N4fsu Kamilah banyak sekali, diantaranya yaitu ‘ilmul yaqin, ‘ainul yaqin, Haqqul yaqin, menyendiri dari makhluk (‘uzlah), Diam (dari perkataan yang buruk), jujur (Ash-Shidq), Membantu pada makhluk (Al-I'anah), Memenuhi semua perintah Allah, dan lain-lain.

Bagaimana cara memerangi hawa N4fsu?

Banyak sekali jalan yang mampu ditempuh untuk memerangi hawa N4fsu diantaranya dengan berzikir, shalat, berpuasa dan lain-lain. Namun jalan yang terbaik adalah dengan berdzikir kepada Allah. Wallaahu A'lam!


Sumber: Berbagai sumber

Berlangganan Untuk Mendapatkan Artikel Terbaru:

0 Komentar Untuk "7 Macam N4fsu Yang Ada Pada Diri Manusia"

Posting Komentar