IBX5980432E7F390 Tashrif Isim Fa'il - Doa Senjata Muslim

Tashrif Isim Fa'il

Assalamualaikum teman-teman! Pada malam ini saya akan menuliskan atikel perihal tashrif isim fa'il (تَصْرِيْفُ اسْمِ اْلفَاعِلِ). Isim fa'il mempunyai enam tashrif, berikut ini adalah tashrif-tashrif-nya:

فَاعِلٌ - فَاعِلَانِ - فَاعِلُوْنَ

فَاعِلَةٌ - فَاعِلَتَانِ - فَاعِلَاتٌ

Baca Juga: 

Tashrif Isim Fa'il

Keterangan:
فَاعِلٌ = mufrad mudzakkar, artinya seorang pria yang berbuat, atau mampu juga diartikan pelaku, atau subjek. Mufrad artinya satu, mudzakkar artinya laki-laki, jadi mufrad mudzakkar ialah satu laki-laki, yang berarti kata فَاعِلٌ ditujukan bagi satu orang laki-laki. Contoh lain ialah كَاتِبٌ , kata ini juga disebut isim fa'il, kenapa? karena wazannya sama dengan فَاعِلٌ , juga disebut mufrad mudzakkar, kenapa? lantaran wazannya juga sama dengan فَاعِلٌ, yang beda cuma artinya saja, jikalau فَاعِلٌ artinya seorang pria yang berbuat atau pelaku (laki-laki), maka كَاتِبٌ  artinya seorang laki-laki yang penulis atau penulis (laki-laki). ini juga berlaku bagi isim-isim lain yang wazannya sama dengan kata فَاعِلٌ, seolah-olah: عَالِمٌ - فَاتِحٌ - جَالِسٌ dan sebagainya.

Baca Juga: 

فَاعِلَانِ = mutsanna mudzakkar, artinya dua orang laki-laki yang berbuat. Mutsanna artinya dua, jadi mufrad mudzakkar adalah dua laki-laki, yang berarti kata فَاعِلَانِ ditujukan bagi dua orang laki-laki. teladan lain ialah كَاتِبَانِ  (dua orang pria yang menulis atau dua orang penulis laki-laki), ini juga berlaku bagi isim-isim yang wazannya sama dengan kata فَاعِلَانِ, seakan-akan: عَالِمَانِ - فَاتِحَانِ - جَالِسَانِ dan sebagainya.

فَاعِلُوْنَ = jamak mudzakkar, artinya beberapa orang laki-laki yang berbuat, jamak dalam bahasa arab ialah yang berjumlah lebih dari dua, jadi jamak mudzakkar ialah banyak laki-laki (laki-lakinya lebih dari dua sampai tak terhingga). Contoh lain yaitu كَاتِبُوْنَ (beberapa orang laki-laki yang menulis atau beberapa orang penulis laki-laki), ini juga berlaku bagi isim yang wazannya sama dengan kata فَاعِلُوْنَ, seakan-akan: عَالِمُوْنَ - فَاتِحُوْنَ - جَالِسُوْنَ dan sebagainya.

Baca Juga: 

فَاعِلَةٌ = mufrad muannats, artinya seorang wanita yang berbuat, muannats artinya perempuan, yang berarti kata فَاعِلَةٌ ditujukan untuk perempuan. pola lain adalah كَاتِبَةٌ (seorang penulis wanita), dan juga  عَالِمَةٌ - فَاتِحَةٌ - جَالِسَةٌ.

فَاعِلَتَانِ = mutsanna muannats, artinya dua orang wanita yang berbuat, pola lain: كَاتِبَتَانِ - عَالِمَتَانِ - فَاتِحَتَانِ - جَالِسَتَانِ.

Baca Juga: 

فَاعِلَاتٌ = jamak muannats, artinya beberapa wanita yang berbuat, acuan lain: عَالِمَاتٌ - فَاتِحَاتٌ - جَالِسَاتٌ - كَاتِبَاتٌ.

Note:
Setiap isim fa'il pasti memiliki enam tashrif, baik madhi-nya tiga aksara maupun lebih. Dan setiap isim fa'il, susunan maknanya sama seperti yang telah saya sebut di atas.

Pengayaan:
ضَارِبٌ = seorang laki-laki yang memukul

كَاسِرٌ = seorang pria yang memecahkan

مُكْرِمٌ = seorang pria yang memuliakan

مُجَاهِدٌ = seorang laki-laki yang bersungguh-sungguh
مُكْرِمٌ - مُكْرِمَانِ - مُكْرِمُوْنَ - مُكْرِمَةٌ - مُكْرِمَتَانِ - مُكْرِمَاتٌ
مُجَاهِدٌ - مُجَاهِدَانِ - مُجَاهِدُوْنَ - مُجَاهِدَةٌ - مُجَاهِدَتَانِ - مُجَاهِدَاتٌ
Saya harap, dengan penjelasan singkat di atas sahabat-teman dapat memahami fungsi dari masing-masing tashrif isim fa'il tersebut. Terimakasih telah berkunjung di blog yang sederhana ini. Sampai jumpa di artikel selajutnya. :)

Berlangganan Untuk Mendapatkan Artikel Terbaru:

0 Komentar Untuk "Tashrif Isim Fa'il "

Posting Komentar