IBX5980432E7F390 Baca Doa Ini untuk Menghilangkan Was-Was Ketika Shalat - Doa Senjata Muslim

Baca Doa Ini untuk Menghilangkan Was-Was Ketika Shalat

Doa Shahih | Was-was adalah penyakit yang berasal dari bisikan setan. Penyakit ini biasanya muncul dalam ibadah shalat. Mereka yang sedang waswas biasanya mengulang-ulang bacaan niat shalat di dalam hatinya, mengulang gerakan takbiratul ihram, dan mengulang-ulang bacaan dalam shalat.

Ketika was-was datang dikala mendirikan shalat atau ibadah lainnya, maka kita diperintahkan untuk mengabaikannya dan memohon perlindungan kepada Allah. Karena itulah banyak yang membaca surat An-Naas sebelum membaca niat shalat biar terhindar dari godaan setan yang mengakibatkan rasa was-was.

Baca Doa Ini untuk Menghilangkan Was-Was Ketika Shalat

Disamping itu, Syekh Sulaiman al-Bujairami dalam kitab al-Bujairami ‘ala al-Khathib (Beirut: Dar al-Fikr, 1995), juz II, hlm. 19 dan Imam Nawawi al-Bantani dalam kitab Nihayah al-Zain (Beirut: Dar al-Fikr, tt), hlm. 57 meriwayatkan sebuah doa untuk menghilangkan waswas dalam shalat, berikut doanya:

اللهُمَّ إنِّي أَعُوذُ بِك مِنْ شَيْطَانِ الْوَسْوَسَةِ خَنْزَبٍ 
Artinya: Ya Allah, sebetulnya saya berlindung pada-Mu dari Khanzab, setan pembuat waswas.”
Bacakan doa tersebut sebanyak tiga kali
Atau mampu juga dengan mempraktikkan apa yang telah beliaujarkan oleh Imam Abi Hasan as-Syadzili, sebagaimana diriwayatkan oleh Syekh Abu Bakar Syatho ad-Dimyathi dalam kitab I’anah ath-Thalibîn (Beirut: Dar Ihya al-Kutub al-Islamiyyah, tt), juz I, hlm. 155.

Caranya adalah dengan meletakkan asisten pada serpihan dada lalu membaca:

سُبْحَانَ الْمَلِكِ الْقُدُّوسِ الْخَلَّاقِ الْفَعَّالِ 
Artinya: Maha Suci Allah Yang Maha Suci, Maha Mencipta, dan Maha Berbuat.
Bacakan sebanyak tujuh kali.
Dilanjutkan dengan membaca ayat Q.S. Fathir (35:16-17):

إنْ يَشَأْ يُذْهِبْكُمْ وَيَأْتِ بِخَلْقٍ جَدِيدٍ وَمَا ذَلِكَ عَلَى اللهِ بِعَزِيزٍ
Artinya: Jika Dia menghendaki, niscaya Dia memusnahkan kau dan mendatangkan makhluk yang gres (untuk menggantikan kau). Dan yang demikian itu sekali-kali tidak sulit bagi Allah.

Masih dari kitab yang sama, di hal. 256, Syekh Abu Bakar Syathojuga meriwayatkan doa lain yang lebih ringkas, ialah cukup dengan membaca:

لآ إِلَهَ إِلَّا اللهَ
Artinya: Tiada ilahi selain Allah.

Dan Syekh Muhyiddin Abu Zakaria Yahya bin Syaraf al-Nawawi al-Dimasyqi, meriwayatkan dalam kitab Al-Adzkâr al-Muntakhabah min Kalâmi Sayyid al-Abrâr, (Surabaya: Kharisma, 1998), hlm. 51 bahwa apabila rasa waswas muncul di tengah shalat, maka disunnahkan membaca:

أَلْعَنُكَ بِلَعْنَةِ اللهِ أَعُوْذُ بِاللهِ مِنْكَ 
Artinya: Semoga kau (setan) dilaknati dengan laknat Allah. Aku berlindung pada Allah darimu”

Demikianlah beberapa doa yang sunnah yang bisa dibaca untuk menghilangkan waswas dari dalam diri seseorang. Semoga artikel ini bermanfaat bagi teman-teman. Wallahu a’lam bi shawab. [nu.or.id]

Berlangganan Untuk Mendapatkan Artikel Terbaru:

0 Komentar Untuk "Baca Doa Ini untuk Menghilangkan Was-Was Ketika Shalat"

Posting Komentar