IBX5980432E7F390 Memahami Mubtada dan Khabar Beserta Pembagiannya - Doa Senjata Muslim

Memahami Mubtada dan Khabar Beserta Pembagiannya

Mubtada' ialah isim marfu' yang bebas dari awamil lafziyah. Dengan kata lain, bersifat ma'nawi, yaitu di-marfu'-kan lantaran menjadi permulaan kata. Selain itu, banyak juga orang-orang mendefinisikannya dengan isim yang marfu' yang terletak pada awal kalimat.

Mubtada terbagi dua:
  • Mubtada isim dhamir
  • Mubtada isim dhahir

 
Memahami Mubtada dan Khabar Beserta Pembagiannya 

Mubtada Isim Dhamir

Mubtada isim dhamir adalah mubtada yang terdiri dari isim dhamir, yaitu أنا dan saudara-saudaranya.

Mubtada Isim Dhahir

Mubtada isim dhahir adalah mubtada yang terdiri dari isim-isim dhahir. Mubtada model ini ada dua macam:

  • Mubtada yang mempunyai khabar
    Contoh:
    الله ربنا (Allah adalah Tuhan kami)
    محمد رسول الله (Muhammad ialah utusan Allah)
  • Mubtada' yang hanya memiliki isim yang di rafa'kan yang menduduki tempat khabar. Maksud menduduki tempat khabar yaitu sebagai fa'il atau naibhul fa'il dari mubtada' itu. Dengan adanya kedua lafaz tersebut, mubtada tidak membutuhkan kahabar, sudah cukup hanya dengan isim yang menduduki kawasan khabar , dengan syarat; hendaknya fa'il tersebut merafa'kan fa'il yang dhahir, atau merafa'kan dhamir munfashil, Serta Isim fa'il atau isim maf'ul tersebut, keduanya di dahului oleh nafi atau istifham, seolah-olah teladan berikut:

    أقائم زيد (Apakah Zaid itu bangun?)

    ما قائم الزيدان (Tidaklah kedua Zaid itu orang yang berdiri)

    هل مضروبٌ العمرانُ (Apakah kedua 'Amr itu dipukul?)

    ما مضروبٌ العمرانُ (Tidaklah keda "amr itu dipukul)

 

Syarat-syarat Mubtada

Mubtada dilarang dibentuk dari isim nakirah, kecuali pada beberapa daerah berikut:
  • Didahului oleh nafi atau istifham.
    contoh:
    ما رجل قائم (Tiada seorang lelaki yang bangkit)
    هل رجل جالس؟ (Apakah ada seorang lelaki yang duduk?)
  • Mubtada nakirah mestilah disifati
    Contoh:
    لعبد مؤمن خير (sesungguhnya budak yang mukmin lebih baik)
  • Mubtada nakirak dimudhafkan (digabungkan)
    contoh:
    خمس صلوات كتبهن الله (Shalat lima waktu telah difrdhukan oleh Allah)
  • Mubtada nakirah di dahului oleh khabarnya yang berbentuk jar majrur atau zharaf.
    Contoh:
    في البيت رجل (di dalam rumah terdapat seorang lelaki)

Namun, Terkadang ada juga  mubtada yang berupa mashdar yang ditakwilkan dari lafazh an dan fi'il.
Contoh:

وأن تصوموا خير لكم (Dan berpuasa itu lebih baik bagi kalian)

Bentuk takwilnya ialah صومكم خير لكم (puasa kalian lebih baik bagi kalian).
BACA JUGA:
Hukum Membuang Mubtada dan Khabar serta Ketentuan-Ketentuan Lain

Khabar dan Pembagiannya

Khabar adlah penggalan yang melengkapi faedah kalam beserta mubtada, atau bisa dikatakan bahwa khabar adalah isim yang menyempurnahkan mubtada. Khabar terbagi dua:
Khabar Mufrad dan ghairu mufrad.

Khabar Mufrad

Khabar mufrad ialah khabar yang bukan kalimah jumlah dan bukan pula serupa dengan jumlah.
Kalimah jumlah terdiri atas mubtada dan khabar, atau terdiri dari fi'il dan fa'il. Sedangkan serupa dengan jumlah yaitu zharaf atau jar dan majrur.

Contoh:
أحمد جالس (Ahmad duduk)
الطالبان جالسان (Kedua siswa itu kedua-duanya duduk)
الطالبون جالسون (Siswa-siswa itu semuanya duduk)
أحمد أخوك (Ahmad saudara laki-lakimu).

Lafaz جالسان dan جالسون, meskipun isim tatsniyah dan jama', tetap dianggap mufrad, alasannya ialah keduanya bukanlah kalimah jumlah mubtada' dan khabar ataupun fi'il dan fa'il.

Khabar Ghairu Mufrad

Khabar Ghairu Mufrad ialah khabar yang terdiri atas jumlah mubtada' dan khabar, atau terdiri atas fi'il dan fa'il.

Khabar ini ada yang berbentuk jumlah ismiyyah, Contoh:

أحمد أمه جالسة (Ahmad ibunya duduk)

Jumlah ismiyyah merupakan gabungan dari mubtada' kedua dan khabar yang menjadi khabar dari mubtada pertama.

Lafaz أحمد merupakan mubtada' pertama, lafaz أمه merupakan mubtada kedua, sedangkan lafaz جالسة merupakan khabar bagi mubtada kedua. Nah, mubtada yang kedua dan khabarnya yaitu jumlah ismiyyah yang perada pada daerah rafa', menjadi khabar mubtada pertama. Sedangkan yang menghubungkan antara mubtada pertama dan khabar yaitu karakter ha pada lafazh أمه.

Dan ada juga berbentuk jumlah fi'liyah, Contoh:

أحمد جلس أبوه (Ahmad ayahnya telah berdiri)

Lafaz أحمد, berposisi sebagai mubtada, dan lafaz جلس أبوه merupakan jumlah fi'liyyah yang menjadi khabar dari mubtada, sedangkan yang menghubungkan kedua lafaz tersebut yaitu aksara ha pada lafaz أبوه.

Khabar Syibhul Jumlah (Serupa dengan Jumlah)

Khabar syibhul jumlah yaitu menggunakan zharaf atau jar majrur sebagai khabar.

Contoh khabar yang memakai zharaf yaitu sebagai berikut:

أَحْمَدُ عِنْدَكَ = Ahmah berada disisimu
Lafazh أَحْمَدُ berkedudukan sebagai mubtada, sedangkan lafazh عِنْدَكَ merupakan zharaf makan yang menjadi khabar dari mubtada.

السَّفَرُ غَدًا = Berpergian itu besok
Lafazh السَّفَرُ berkedudukan sebagai mubtada, sedangkan lafazh غَدًا merupakan zharaf makan yang menjadi khabar dari mubtada.

Dan juga terdapat dalam firman Allah ta’ala berikut:

وَالرَّكْبُ اَسْفَلَ مِنْكُمْ = “kafilah itu berada dibawah kalian”. (Al-Anfal: 42).
Lafazh الرَّكْبُ berkedudukan sebagai mubtada, sedangkan lafazh اَسْفَلَ merupakan zharaf makan yang menjadi khabar dari mubtada.

Sedangkan contoh khabar yang memakai jar majrur yaitu sebagai berikut:

أَحْمَدُ فِي الدَّارِ  = Ahmad berada di dalam rumah
Lafazh أَحْمَدُ berkedudukan sebagi mubtada’, sedangkan lafazh فِي الدَّارِ merupakan jar majrur yang menjadi khabarnya.

Juga firman Allah berikut:
اْلحَمْدُ لِلّهِ = “segala puji bagi Allah” (al-Fatihah: 2)
Lafazh اْلحَمْدُ  berkedudukan sebagi mubtada’, sedangkan lafazh لِلّهِ merupakan jar majrur yang menjadi khabarnya.

Kedua macam khabar yang menggunakan zharaf dan jar majrur tersebut dinamakan syibhul jumlah, sebab yang menjadi khabar bahu-membahu bukan zharaf atau jar majrur tersebut, melainkan lafazh yang di dalamnya mengandung makna yang berkaitan dengan konteks, yaitu lafazh اِسْتَقَرَّ atau كَائِنٌ atau مُسْتَقِرٌّ.

Zharaf dan jar majrur itu berkaitan bila keduanya menjadi khabar dengan lafazh yang wajib dibuang. Taqdir-nya ialah lafazh كَائِنٌ atau مُسْتَقِرٌّ yang merupakan Isim fa’il atau dengan lafazh اِسْتَقَرَّ yang merupakan Fi’il madhi.

Keterangan:
Bila beranggapan bahwa yang dibuang yaitu lafazh كَائِنٌ berarti termasuk khabar mufrad. Bila menganggap lafazh اِسْتَقَرَّ berarti termasuk khabar jumlah. Karena itu dinamakan khabar syibhul jumlah, alasannya adalah tidak ada kepastian apakah khabar itu dari isim fa’il atau dari fi’il madhi.

Cukup sekian dulu artikel wacana Mubtada dan Khabar serta pembagiannya, semoga bermanfaat!

Berlangganan Untuk Mendapatkan Artikel Terbaru:

0 Komentar Untuk "Memahami Mubtada dan Khabar Beserta Pembagiannya"

Posting Komentar