IBX5980432E7F390 Hukum Tajwid Al-Quran Surat Al-Fajr Ayat 17-30 Lengkap Dengan Penjelasannya - Doa Senjata Muslim

Hukum Tajwid Al-Quran Surat Al-Fajr Ayat 17-30 Lengkap Dengan Penjelasannya

Assalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Dalam kesempatan yang berbahagia ini kami akan tuliskan analisis hukum tajwid surat Al-Fajr Ayat 17-30 lengkap dengan penjelasannya. Kita semua tentu ingin bisa membaca Al-Quran dengan baik. Mempelajari ilmu tajwid merupakan salah satu caranya. Penerapan ilmu ini tentu ada di dalam ayat-ayat Al-Quran. Baiklah, sebaiknya kita simak langsung hukum-hukum tajwid surat Al-Fajr Ayat 17-30 di bawah ini.

Hukum Tajwid Surat Al-Fajr Ayat 17-23

Penjelasan lengkap dari nomor-nomor di atas yaitu :
1. Mad orisinil atau mad thabi’i karena huruf lam berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
2. Idgham mutamatsilain lantaran huruf lam sukun bertemu huruf lam berharakat tasydid. Cara membacanya karakter pertama diidghamkan ke aksara kedua.
3. Mad orisinil atau mad thabi’i lantaran huruf lam berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
4. Idzhar syafawi lantaran abjad mim sukun bertemu dengan abjad wau. Tutorial membacanya dengan jelas.
5. Alif lam qamariyah karena huruf alif lam bertemu abjad wau. Dibaca secara jelas.
6. Mad arid lissukun lantaran abjad mad jatuh sebelum huruf yang diwaqaf. Huruf ta berharakat kasrah dibaca panjang 2 hingga 6 harakat.
7. Mad orisinil atau mad thabi’i lantaran huruf lam berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
8. Mad wajib muttashil alasannya lantaran karakter mad bertemu hamzah dalam satu kata. Dibaca panjang 4 atau 5 harakat.
9. Mad orisinil atau mad thabi’i lantaran aksara dhad berharakat dhamah bertemu wau sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
10. Mad asli atau mad thabi’i lantaran abjad lam berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
Baca pula : Doa Bercermin Lengkap Arab Latin dan Artinya.
11. Mad orisinil atau mad thabi’i karena karakter 'ain berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
12. Alif lam qamariyah karena karakter alif lam bertemu abjad mim. Dibaca secara terang.
13. Mad arid lissukun karena huruf mad jatuh sebelum huruf yang diwaqaf. Huruf kaf berharakat kasrah dibaca panjang 2 hingga 6 harakat.
14. Mad orisinil atau mad thabi’i lantaran abjad lam berharakat dhamah bertemu wau sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
15. Mad orisinil atau mad thabi’i karena aksara ra berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
16. Idgham jikaghunnah lantaran abjad lam berharakat fathah tanwin bertemu aksara lam tasydid. Dibaca lebur tanpa dengung. Bunyi tanwin hilang.
17. Ada dua aturan di sini, pertama ghunnah alasannya adalah mim bertanda tasydid dan cara membacanya dengan dengung serta ditahan 3 harakat. Kedua, mad 'iwadh karena mim berharakat fathah tanwin dan diwaqaf. Cara membacanya tanwin dihilangkan dan panjangnya 2 harakat. 
18. Mad asli atau mad thabi’i karena huruf ba berharakat dhamah bertemu wau sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
19. Alif lam qamariyah lantaran karakter alif lam bertemu abjad mim. Dibaca secara jelas.
Baca pula : Doa Shalat Istikharah Lengkap Arab Latin dan Artinya.
20. Mad orisinil atau mad thabi’i lantaran abjad mim berharakat  fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
21. Ikhfa alasannya aksara ba berharakat fathah tanwin bertemu karakter jim. Cara membacanya samar dengan dengung dan ditahan selama 3 harakat. Pada waktu mengucapkan huruf nun mati, perilaku lidah dan bibir dipersiapkan menempati karakter jim.
22. Ada dua aturan di sini, pertama ghunnah sebab mim bertanda tasydid dan cara membacanya dengan dengung serta ditahan 3 harakat. Kedua, mad 'iwadh karena mim berharakat fathah tanwin dan diwaqaf. Cara membacanya tanwin dihilangkan dan panjangnya 2 harakat. 
23. Mad jaiz munfasil alasannya karena huruf mad bertemu hamzah di lain kata. Dibaca panjang 2, 4 atau 5 harakat.
24. Mad orisinil atau mad thabi’i karena karakter dzal berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
25. Alif lam qamariyah karena aksara alif lam bertemu aksara hamzah. Dibaca secara jelas.
26. Ikhfa karena huruf kaf berharakat fathah tanwin bertemu karakter dal. Tutorial membacanya samar dengan dengung dan ditahan selama 3 harakat. 
27. Mad 'iwadh lantaran kaf berharakat fathah tanwin dan diwaqaf. Tutorial membacanya tanwin dihilangkan dan panjangnya 2 harakat. 
28. Mad jaiz munfasil alasannya lantaran abjad mad bertemu hamzah di lain kata. Dibaca panjang 2, 4 atau 5 harakat.
29. Alif lam qamariyah lantaran aksara alif lam bertemu aksara mim. Dibaca secara terperinci.
Baca pula : Doa Masuk Masjid Lengkap Arab Latin dan Artinya.
30. Ikhfa lantaran karakter fa beraharakat fathah tanwin bertemu aksara shad. Cara membacanya samar dengan dengung dan ditahan selama 3 harakat. Pada waktu mengucapkan aksara nun mati, sikap pengecap dan bibir dipersiapkan menempati karakter shad.
31. Mad 'iwadh lantaran fa berharakat fathah tanwin dan diwaqaf. Tutorial membacanya tanwin dihilangkan dan panjangnya 2 harakat. 
32. Mad wajib muttashil alasannya karena abjad mad bertemu hamzah dalam satu kata. Dibaca panjang 4 atau 5 harakat.
33. Mad lin lantaran aksara wau sukun didahului oleh karakter ya berharakat fathah. Dibaca panjang 2 harakat.
34. Iqlab lantaran huruf dzal berharakat kasrah tanwin bertemu aksara ba. Tutorial membacanya dengan tanwin bermetamorfosis mim dan berdengung serta ditahan selama 3 harakat.
35. Ghunnah alasannya adalah nun bertanda tasydid dan cara membacanya dengan dengung serta ditahan 3 harakat.
36. Mad lin lantaran abjad wau sukun didahului oleh aksara ya berharakat fathah. Dibaca panjang 2 harakat.
37. Idgham bighunnah lantaran aksara dzal berharakat kasrah tanwin bertemu karakter ya bertasydid. Dibaca masuk dengan dengung dan ditahan sampai 3 harakat.
38. Alif lam qamariyah lantaran karakter alif lam bertemu aksara hamzah. Dibaca secara terperinci.
39. Ikhfa karena huruf nun sukun bertemu abjad sin. Cara membacanya samar dengan dengung dan ditahan selama 3 harakat. Pada waktu mengucapkan abjad nun mati, sikap lidah dan bibir dipersiapkan menempati abjad sin.
Baca pula : Hukum Tajwid Surat Al-Alaq .
40. Mad asli atau mad thabi’i lantaran karakter sin berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
41. Ada dua hukum di sini, pertama ghunnah alasannya nun bertanda tasydid dan cara membacanya dengan dengung serta ditahan 3 harakat. Kedua, mad orisinil atau mad thabi’i karena karakter nun berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
42. Alif lam syamsiyah karena aksara alif lam bertemu abjad syamsiyah dzal. Dibaca idgham (masuk ke abjad dzal ).
43. Mad orisinil atau mad thabi’i lantaran karakter ra berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, aksara bersukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.

Selanjutnya untuk ayat 24 sampai 30 yaitu :

Hukum Tajwid Surat Al-Fajr Ayat 24-30

Penjelasan lengkap dari nomor-nomor di atas ialah :
44. Mad asli atau mad thabi’i lantaran abjad qaf berharakat dhamah bertemu wau sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
45. Mad asli atau mad thabi’i lantaran aksara ya berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
46. Mad lin karena aksara ya' sukun didahului oleh aksara lam berharakat fathah. Dibaca panjang 2 harakat.
47. Mad orisinil atau mad thabi’i lantaran aksara nun berharakat kasrah bertemu ya sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
48. Idzhar syafawi karena karakter mim sukun bertemu dengan karakter ta. Tutorial membacanya dengan terperinci.
49. Mad asli atau mad thabi’i karena abjad ya berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
50. Mad asli atau mad thabi’i karena abjad ta berharakat kasrah bertemu ya sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, huruf bersukun, huruf yang diwaqaf, dan aksara bertasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
Baca pula : Doa Berbuka Puasa Lengkap Arab Latin dan Artinya.
51. Mad lin lantaran abjad wau sukun didahului oleh huruf ya berharakat fathah. Dibaca panjang 2 harakat.
52. Idgham jikalaughunnah karena huruf dzal berharakat kasrah tanwin bertemu karakter lam tasydid. Dibaca lebur tanpa dengung. Bunyi tanwin hilang.
53. Mad asli atau mad thabi’i lantaran abjad lam berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
54. Mad orisinil atau mad thabi’i karena aksara dzal berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
55. Mad jaiz munfasil alasannya karena aksara mad bertemu hamzah di lain kata. Dibaca panjang 2, 4 atau 5 harakat.
56. Qalqalah kubra lantaran huruf qalqalah dal diwaqaf. Cara membacanya dipantulkan lebih tebal. 
57. Mad orisinil atau mad thabi’i karena aksara lam berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
58. Mad lin karena abjad wau sukun didahului oleh karakter lam berharakat fathah. Dibaca panjang 2 harakat.
59. Mad asli atau mad thabi’i karena huruf tsa berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
60. Mad jaiz munfasil alasannya karena karakter mad bertemu hamzah di lain kata. Dibaca panjang 2, 4 atau 5 harakat.
Baca pula : Bagaimana cara menjawab salam yang benar ?
61. Qalqalah kubra karena aksara qalqalah dal diwaqaf. Tutorial membacanya dipantulkan lebih tebal. 
62. Mad jaiz munfasil alasannya karena huruf mad bertemu hamzah di lain kata. Dibaca panjang 2, 4 atau 5 harakat.
63. Ada dua aturan di sini, pertama alif lam syamsiyah lantaran karakter alif lam bertemu aksara syamsiyah nun. Dibaca idgham (masuk ke abjad nun ). Kedua, ghunnah alasannya adalah nun bertanda tasydid dan cara membacanya dengan dengung serta ditahan 3 harakat.
64. Alif lam qamariyah karena aksara alif lam bertemu karakter mim. Dibaca secara terperinci.
65. Qalqalah sughra lantaran aksara qalqalah tha berharakat sukun dan posisinya di tengah kalimat. Cara membacanya dipantulkan secara ringan.
66. Ghunnah alasannya nun bertanda tasydid dan cara membacanya dengan dengung serta ditahan 3 harakat.
67. Disebut ta' marbutah cara membacanya kalau waqaf maka ta menjelma ha yang diwaqaf.
68. Mad jaiz munfasil alasannya karena abjad mad bertemu hamzah di lain kata. Dibaca panjang 2, 4 atau 5 harakat.
69. Mad orisinil atau mad thabi’i karena aksara lam berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
Baca pula : Macam-macam Doa Untuk Orang Tua Lengkap Arab Latin dan Artinya.
70. Mad orisinil atau mad thabi’i karena abjad ra berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
71. Idgham bighunnah karena abjad ta berharakat fathah tanwin bertemu aksara mim. Dibaca masuk dengan dengung dan ditahan hingga 3 harakat.
72. Disebut ta' marbutah cara membacanya bila waqaf maka ta bermetamorfosis ha yang diwaqaf.
73. Qalqalah sughra karena karakter qalqalah dal berharakat sukun dan posisinya di tengah kalimat. Cara membacanya dipantulkan secara ringan.
74. Mad orisinil atau mad thabi’i karena karakter lam berharakat kasrah bertemu ya sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
75. Mad asli atau mad thabi’i lantaran aksara fa berharakat kasrah bertemu ya sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
76. Mad orisinil atau mad thabi’i lantaran abjad ba berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
77. Mad asli atau mad thabi’i lantaran aksara dal berharakat kasrah bertemu ya sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, aksara bersukun, karakter yang diwaqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
78. Qalqalah sughra karena aksara qalqalah dal berharakat sukun dan posisinya di tengah kalimat. Tutorial membacanya dipantulkan secara ringan.
79. Mad orisinil atau mad thabi’i karena huruf lam berharakat kasrah bertemu ya sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
80. Ghunnah sebab nun bertanda tasydid dan cara membacanya dengan dengung serta ditahan 3 harakat.
81. Mad orisinil atau mad thabi’i karena karakter ta berharakat kasrah bertemu ya sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.

Berapa kali sebaiknya kita membaca Al-Quran? Setiap ada waktu akan lebih baik jikalau kita mengisinya dengan bacaan Al-Quran. Tergantung kondisi masing-masing. Yang jelas, sebaiknya kita tiap hari mesti mempunyai jadwal atau jadwal untuk berinteraksi dengan Al-Quran. Semoga analisis tajwid di atas memberikan sumbangsih kebaikan bagi para pembaca semua.
Baca juga : Doa Shalat Dhuha Lengkap Arab Latin dan Artinya.

Berlangganan Untuk Mendapatkan Artikel Terbaru:

0 Komentar Untuk "Hukum Tajwid Al-Quran Surat Al-Fajr Ayat 17-30 Lengkap Dengan Penjelasannya"

Posting Komentar