IBX5980432E7F390 Hukum Tajwid Al-Quran Surat Al-Anfal Ayat 27 Lengkap Dengan Penjelasannya - Doa Senjata Muslim

Hukum Tajwid Al-Quran Surat Al-Anfal Ayat 27 Lengkap Dengan Penjelasannya

Assalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Pada kali ini kami akan bahas analisis hukum tajwid surat Al-Anfal ayat 27 lengkap dengan klarifikasinya. Kita sebagai kaum muslimin diperintahkan untuk sering membaca Al-Quran. Karena pada setiap karakter yang dibaca akan diberikan pahala yang banyak. Memang, semoga kita mampu membaca Al-Quran dengan tartil dan benar maka perlu berguru ilmu tajwid. Baiklah, untuk itu kita eksklusif saja menyimak analisis dari hukum tajwid yang terdapat pada ayat tersebut.

Hukum Tajwid Surat Al-Anfal Ayat 27

Penjelasan lengkap dari nomor-nomor di atas yaitu :
1. Mad jaiz munfasil alasannya lantaran huruf mad bertemu hamzah di lain kata. Dibaca panjang 2, 4 atau 5 harakat.
2. Alif lam syamsiyah lantaran karakter alif lam bertemu abjad syamsiyah lam. Dibaca idgham (masuk ke huruf lam ).
3. Mad asli atau mad thabi’i lantaran aksara dzal berharakat kasrah bertemu ya sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
4. Mad badal lantaran karakter mad bertemu hamzah dalam satu kata akan tetapi posisi hamzah lebih dahulu dari karakter mad. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
5. Mad asli atau mad thabi’i lantaran aksara nun berharakat dhamah bertemu wau sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
6. Mad asli atau mad thabi’i lantaran huruf lam berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
Baca juga : Doa Shalat Dhuha Lengkap Arab Latin dan Artinya.
7. Mad asli atau mad thabi’i lantaran karakter kha berharakat dhamah bertemu wau sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
8. Tafkhim karena lafaz Allah didahului oleh aksara hijaiyah nun berharakat dhamah. Tutorial membacanya tebal.
9. Alif lam syamsiyah lantaran huruf alif lam bertemu abjad syamsiyah ra. Dibaca idgham (masuk ke abjad ra ).
10. Mad orisinil atau mad thabi’i lantaran aksara sin berharakat dhamah bertemu wau sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
11. Mad orisinil atau mad thabi’i lantaran karakter kha berharakat dhamah bertemu wau sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
12. Mad jaiz munfasil alasannya lantaran karakter mad bertemu hamzah di lain kata. Dibaca panjang 2, 4 atau 5 harakat.
13. Mad asli atau mad thabi’i lantaran abjad mim berharakat  fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
Baca juga : Doa Menjenguk Orang Sakit Lengkap Arab Latin dan Artinya.
14. Mad asli atau mad thabi’i karena abjad nun berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
15. Idzhar syafawi alasannya yaitu aksara mim sukun bertemu dengan huruf wau. Tutorial membacanya dengan terang.
16. Ikhfa lantaran karakter nun berharakat kasrah tanwin bertemu abjad ta. Cara membacanya samar dengan dengung dan ditahan selama 3 harakat. 
17. Idzhar syafawi lantaran aksara mim sukun bertemu dengan abjad ta. Tutorial membacanya dengan terperinci.
18. Mad arid lissukun lantaran aksara mad jatuh sebelum karakter yang diwaqaf. Cara membacanya dengan dipanjangkan 2 sampai 6 harakat.

Setelah kita merampungkan analis tajwidnya, tinggal kita mempraktekkannya. Prakteknya pada dikala kita membaca Al-Quran. Kegiatan ini sangat elok untuk dijadikan amalan harian. Bahkan dijadikan sebagai kebiasaan yang tidak boleh ditinggalkan. Akan sangat anggun kalau kita mengajak juga keluarga dan saudara untuk membiasakan hal ini. Wassalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh.
Baca juga : Doa Untuk Orang Tua Lengkap Arab Latin dan Artinya.

Berlangganan Untuk Mendapatkan Artikel Terbaru:

0 Komentar Untuk "Hukum Tajwid Al-Quran Surat Al-Anfal Ayat 27 Lengkap Dengan Penjelasannya"

Posting Komentar