IBX5980432E7F390 Hukum Tajwid Al Quran Surat Luqman Ayat 13-14 Lengkap Latin Penjelasan dan Artinya - Doa Senjata Muslim

Hukum Tajwid Al Quran Surat Luqman Ayat 13-14 Lengkap Latin Penjelasan dan Artinya

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Bagaimana kabar teman semua? Semoga dalam selalu menerima rahmat dari Allah Swt. Kali ini kita mau bahas analisis hukum tajwid surat Luqman ayat 13-14 lengkap dengan klarifikasi atau alasannya serta latin terjemah dan artinya . Dengan mempelajari tajwidnya secara rinci maka kita akan terbantu nantinya tatkala mau membaca secara benar atau tartil. Sangat berkhasiat juga untuk para santri dan pelajar yang sedang menuntut ilmu. Baik, silakan dibaca berikut ini :

Hukum Tajwid Surat Luqman Ayat 13-14 Lengkap
Hukum Tajwid Surat Luqman Ayat 13-14

Penjelasan dari nomor di bawah ayat 13-14 Surat Luqman di atas ialah :
1. Mad asli atau mad thobi’i karena aksara qaf berharakat fathah bertemu alif dan sesudahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
2. Qalqalah sughra lantaran karakter qalqalah qaf' disukun dan posisinya di tengah kalimat. Tutorial membacanya dipantulkan secara ringan.
3. Mad orisinil atau mad thobi’i karena aksara mim berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat. 
4. Qalqalah sughra lantaran karakter qalqalah ba' disukun dan posisinya di tengah kalimat. Cara membacanya dipantulkan secara ringan.
5.Mad shilah qashirah alasannya aksara ha (kata ganti)  bertemu dengan karakter selain hamzah. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
6. Mad shilah qashirah alasannya aksara ha (kata ganti) bertemu dengan karakter selain hamzah. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
7. Mad orisinil atau mad thobi’i lantaran huruf ya berharakat fathah bertemu alif dan sehabisnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
8. Mad orisinil atau mad thobi’i lantaran abjad lam berharakat fathah bertemu alif dan sesudahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
9. Tarqiq lantaran lafaz Allah didahului oleh huruf hijaiyah ba' berharakat kasrah. Cara membacanya tipis. 
10. Ghunnah karena nun bertasydid. Cara membacanya dengung dengan ditahan sampai 3 harakat. 
11. Alif lam syamsiyah lantaran huruf alif lam bertemu karakter syamsiyah syin. Dibaca idgham (masuk ke abjad syin).
12. Idhzar lantaran abjad mim berharakat dhammah tanwin bertemu huruf 'ain. Dibaca terperinci.
13.Mad arid lissukun karena abjad mad jatuh sebelum karakter yang diwaqaf. Huruf mim di sini yang diwaqaf. Cara membacanya panjang 2 sampai 6 harakat.
14. Mad layn karena abjad ya’ sukun didahului oleh huruf shad berharakat fathah. Dibaca panjang 2 harakat.
Baca juga : Doa Saat Marah Lengkap .
15. Ikhfa lantaran huruf nun sukun bertemu abjad sin. Cara membacanya samar-samar dengan dengung dan ditahan 3 harakat.
16. Mad orisinil atau mad thobi’i karena karakter sin berharakat fathah bertemu alif dan sehabisnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
17. Mad orisinil atau mad thobi’i karena aksara wau berharakat fathah bertemu alif dan sehabisnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
18. Mad layn karena huruf ya’ sukun didahului oleh abjad shad berharakat fathah. Dibaca panjang 2 harakat. Akan tetapi jikalau kita mewaqafkannya pada setelah huruf ini maka panjangnya menjadi 6 harakat.
19. Ghunnah lantaran aksara mim bertasydid. Cara membacanya dengung dengan ditahan hingga 3 harakat.
20. Mad shilah qashirah sebab huruf ha (kata ganti) bertemu dengan abjad selain hamzah. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
21. Idhzar karena abjad nun berharakat dhammah tanwin bertemu karakter 'ain. Dibaca secara jelas.
22. Mad asli atau mad thobi’i karena huruf lam berharakat fathah bertemu alif dan sehabisnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
23. Idgham bighunnah lantaran aksara nun berharakat kasrah tanwin bertemu karakter wau. Dibaca masuk dengan dengung dan ditahan hingga 3 harakat.
24. Mad asli atau mad thobi’i karena huruf shad berharakat fathah bertemu alif dan sesudahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
25. Mad shilah qashirah alasannya ialah huruf ha (kata ganti) bertemu dengan huruf selain hamzah. Dalam hal ini bertemu abjad fa'. Cara membacanya panjang 2 harakat.
26. Mad asli atau mad thobi’i lantaran huruf fa' berharakat kasrah bertemu ya sukun dan sehabisnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
27. Mad orisinil atau mad thobi’i karena karakter 'ain berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
28. Mad layn lantaran karakter ya’ sukun didahului oleh karakter mim berharakat fathah. Dibaca panjang 2 harakat. 
29. Mad orisinil atau mad thobi’i karena aksara lam berharakat kasrah bertemu ya sukun dan sehabisnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
30. Mad asli atau mad thobi’i karena huruf wau berharakat fathah bertemu alif dan sehabisnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
31. Mad layn lantaran huruf ya’ sukun didahului oleh huruf daal berharakat fathah. Dibaca panjang 2 harakat. Akan tetapi jikalau kita mewaqafkannya pada setelah karakter ini maka panjangnya menjadi 6 harakat.
32. Alif lam qamariyah lantaran aksara alif lam bertemu huruf mim. Dibaca jelas.
33. Mad arid lissukun karena huruf mad jatuh sebelum abjad yang diwaqaf. Huruf mim di sini yang diwaqaf. Tutorial membacanya panjang 2 sampai 6 harakat.

Latin dari Surat Luqman Ayat 13-14 ialah 
Ayat 13 :
WA IDZ QAALA LUQMAANA LIB-NIHII WA YA'I-ZHUHUU YAA BUNAYYA LAA TUSYRIK BILLAHI, INNASYSYIRKA LZHULMUN 'AZHIIM.
Ayat 14 :
WA WASHAINAL INSAANA BI WAALIDAIIHI, HAMALATHU UMMUHUU WAHNAN 'ALAA WAHNIWWA FISHAALUHUU FII 'AA MAINI ANISYKURLII WA LIWAALI DAIIKA, ILAYYAL MASHIIR.

Kemudian untuk terjemah atau artinya yaitu :
13. dan (ingatlah) ketika Luqman berkata kepada anaknya, di waktu dia memberi pelajaran kepadanya: "Hai anakku, janganlah kamu mempersekutukan Allah, Sesungguhnya mempersekutukan (Allah) adalah benar-benar kezaliman yang besar".
14. dan Kami perintahkan kepada insan (berbuat baik) kepada dua orang ibu-bapanya; ibunya telah mengandungnya dalam Keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepadaku dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu.

Setelah kita menganalisis tajwidnya, tentu kita akan lebih merasa simpel dalam membaca kitab suci Al Quran ini. Rutin melaksanakan tadarus Al Quran hendaknya menjadi gaya hidup kita. Semoga artikel ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian.
Baca juga : Doa Turun Hujan Lengkap .

Berlangganan Untuk Mendapatkan Artikel Terbaru:

0 Komentar Untuk "Hukum Tajwid Al Quran Surat Luqman Ayat 13-14 Lengkap Latin Penjelasan dan Artinya"

Posting Komentar