IBX5980432E7F390 Tata Cara Waktu Bacaan Niat Puasa Nisfu Sya'ban 2019 Jatuh Pada Tanggal - Doa Senjata Muslim

Tata Cara Waktu Bacaan Niat Puasa Nisfu Sya'ban 2019 Jatuh Pada Tanggal

Tata Cara Waktu Bacaan Niat Puasa Nisfu Sya'ban 2019 Jatuh Pada Tanggal - Puasa bulan sya'ban yaitu masalah sunnah yang memiliki keutamaan cukup tinggi di banding yang lainnya, di mana orang yang mengerjakan puasa ini mampu mendapatkan pahala tidak mengecewakan tinggi yang tidak mampu di dapat pada puasa sunnah lain. Dan hal ini tentunya bukan sebuah pernyataan tanpa sumber namun setuju para ulama bahwa puasa nisfu di bulan sya'ban hukumnya sunnah.

Bulan sya'ban di dalam islam diyakini menjadi bulan Istimewa yang mempunyai keunggulan karena terdapat salah satu malam yang sangat di spesialkan yaitu malam nisfu sya'ban. Bahkan dalam beberapa keterangan di jelaskan bahwa malam nisfu sya'ban ini waktunya sebagai pengampunan seluruh insan oleh tuhannya allah swt, sehingga pada malam tersebut di anjurkan untuk melakukan amalan baik itu berupa dzikir, sholat sunnah, berdoa sampai puasa sunnah.

Namun mengenai puasa nisfu sya'ban meskipun dalam tata Caranya tidak berbeda dengan puasa rajab dalam hal waktu memiliki batasan tertentu. Di antaranya sebagaian ulama ada yang berpendapat dari awal hingga pertengahan bulan atau tanggal lima belas dan di haramkan puasa lagi tanggal enam belas hingga akibat, dan ada juga yang beropini boleh dilakukan puasa sampai sepertengah akhir sya'ban kalau mengetahui waktu masuknya ramadhan.

Tata Tutorial Waktu Bacaan Niat Puasa Nisfu Sya'ban 2019 Jatuh Pada Tanggal

Banyak sekali hadits-hadits yang menerangkan keutamaan dari puasa sya'ban bahkan dari sebagiannya ada yang menjelaskan bahwa nabi saw sangat menyukai memperbanyak puasa di bulan sya'ban, serta dalam keterangan lain di katakan juga bahwa siapa saja yang berpuasa di bulan sya'ban akan mendapat syafaat di hari balasan nanti. Terlepas dari semua itu sebaiknya mari kita sambut bulan sya'ban dengan amal kebaikan termasuk menjalankan puasa sunnah nisfu sya'ban dan berikut ialah niatnya.

Niat puasa Sunnah Nisfu Sya'ban

نويت صوم شهر شعبان سنة لله تعالى

Nawaitu sauma syahri sya'bana sunatan lillahi ta'ala

Artinya : saya niat puasa bulan sya’ban, sunnah karena Allah ta’ala

Apabila puasa sunnah di bullan sya'ban di ibaratkan maka seakan-akan halnya sholat rawatib qabliyah ba'diyah yang selalu mengiringi sholat fardhu dan menjadi penyempurna. Begitu juga dengan puasa di bulan sya'ban yang mengiringi puasa wajib di bulan ramadhan, dalam arti selain sangat di utamakan kesunnahannya juga mampu menjadikannya sebagai latihan atau pemanasan untuk nanti puasa sesungguhnya selama sebulan penuh yang di wajibkan.

Permasalahan mengenai puasa dan amalan bulan sya'ban bahu-membahu cukup penjang sekali tidak hanya sekedar niat puasa sya'ban saja dan yang lainnya. Namun apabila harus di bahas kali ini akan lumayan cukup menghabiskan waktu panjang, apabila kurang puas dengan pembahasan kali ini maka silahkan cari pada artikel lain yang sama membahas seputar tata Cara waktu bacaan niat puasa nisfu sya'ban 2019 jatuh pada tanggal pengertian keutamaan berdasarkan sunnah berapa hari jum'at dan yang lainnya.

Berlangganan Untuk Mendapatkan Artikel Terbaru:

0 Komentar Untuk "Tata Cara Waktu Bacaan Niat Puasa Nisfu Sya'ban 2019 Jatuh Pada Tanggal"

Posting Komentar