Nakirah dan Ma'rifah dalam Bahasa Arab
Selamat malam teman-teman! Malam ini aku akan post artikel ihwal nakirah dan ma'rifah, pembagiannya, serta pola-contohnya. Yuk dibaca :).
Isim itu terbagi dua pecahan. Bagian pertama beliaulah isim nakirah yang merupakan pokok, yaitu isim yang jenisnya bersifat umum, tidak ditentukan kepada sesuatu perkara dan tidak juga kepada yang lainnya, seolah-olah lafazh:
رَجُلٌ = Laki-laki
فَرَسٌ = Kuda
كِتَابٌ =Buku
Definisi isim nakirah yang paling simpel difahami ialah, setiap isim yang layak dimasuki alif dan lam, seperti:
lafazh رَجُلٌ menjadi الرَّجُلُ
lafazh اِمْرَأَةٌ menjadi الْمَرْأَةُ
lafazh ثَوْبٌ menjadi الثَّوْبُ
atau setiap isim yang menduduki daerah isim yang layak dimasuki alif dan lam, seperti lafazh ذُوْ yang bermakna mempunyai.
Keterangan :
lafazh ذُوْ yang bermakna "mempunyai" ialah isim nakirah yang tidak menerima al, tetapi menempati tempat lafazh صَاحِبٌ = pemilik, sedangkan lafazh صَاحِبٌ dapat mendapat al, sehingga menjadi الصَّاحِبُ.
Contoh :
جَاءَنِيْ ذُوْ مَالٍ = Telah datang kepadaku pemilik harta, sama dengan جَاءَنِيْ صَاحِبُ مَالٍ. Lafazh صَاحِبٌ yang ber-alif lam, seolah-olah: والصَّاحِبِ وَاْلجَنْبِ = Teman sejawat (an-Nisa:36).
Bagian kedua ialah isim ma'rifah (sebagai cabang isim nakirah). Isim ma'rifah ada enam macam, yaitu: Isim mudhmar (dhamir), seakan-akan lafazh أَنَا، نَحْنُ، أَنْتَ، هُوَ. Isim mudhmar ini merupakan isim paling ma'rifah, sebab ditujukan kepada sesuatu yang telah di tentukan.
Yang paling ma'rifat diantara dhamir-dhamir itu ialah dhamir mutakallim, dhamar mukhathab, lalu dhamir ghaib. Kemudian isim 'alam seperti lafazh هِنْدٌ; isim isyarah seperti lafazh ذِيْ، ذَا; isim maushul seperti lafazh الَّذِيْ; isim yang dima'rifatkan dengan adatut ta'rif, yaitu alif dan lam, seakan-akan lafazh اْلغُلَامُ; dan isim yang diidhafahkan kepada salah satu diantara kelima isim ma'rifah tersebut, seakan-akan lafazh كِتَابُ اللهِ، ثَوْبُ هَذَا، ثَوْبُ زَيْدٍ، اِبْنِيْ, dan sebagainya.
Isim yang diidhafahkan (mudhaf) itu sederajat dengan isim yang diidhafahkan kepadanya (mudhaf ilaih), kecuali yang dimudhafkan kepada isim dhamir, beliau sederajat dengan isim 'alam. Dikecualikan pula dari semua isim ma'rifah tersebut dialah nama Allah ta'ala, lantaran nama Allah merupakan isim 'alam yang paling ma'rifah (tiada yang menyamainya) secara ijma'. Sebab Allah hanya satu atau tunggal, yaitu Zat pencipta seluruh alam. Berbeda dengan nama orang; meskipun tertentu, namun, banyak orang yang namanya sama.
Isim Nakirah
Isim itu terbagi dua pecahan. Bagian pertama beliaulah isim nakirah yang merupakan pokok, yaitu isim yang jenisnya bersifat umum, tidak ditentukan kepada sesuatu perkara dan tidak juga kepada yang lainnya, seolah-olah lafazh:رَجُلٌ = Laki-laki
فَرَسٌ = Kuda
كِتَابٌ =
Definisi isim nakirah yang paling simpel difahami ialah, setiap isim yang layak dimasuki alif dan lam, seperti:
lafazh رَجُلٌ menjadi الرَّجُلُ
lafazh اِمْرَأَةٌ menjadi الْمَرْأَةُ
lafazh ثَوْبٌ menjadi الثَّوْبُ
atau setiap isim yang menduduki daerah isim yang layak dimasuki alif dan lam, seperti lafazh ذُوْ yang bermakna mempunyai.
lafazh ذُوْ yang bermakna "mempunyai" ialah isim nakirah yang tidak menerima al, tetapi menempati tempat lafazh صَاحِبٌ = pemilik, sedangkan lafazh صَاحِبٌ dapat mendapat al, sehingga menjadi الصَّاحِبُ.
جَاءَنِيْ ذُوْ مَالٍ = Telah datang kepadaku pemilik harta, sama dengan جَاءَنِيْ صَاحِبُ مَالٍ. Lafazh صَاحِبٌ yang ber-alif lam, seolah-olah: والصَّاحِبِ وَاْلجَنْبِ = Teman sejawat (an-Nisa:36).
Isim Ma'rifah
Bagian kedua ialah isim ma'rifah (sebagai cabang isim nakirah). Isim ma'rifah ada enam macam, yaitu: Isim mudhmar (dhamir), seakan-akan lafazh أَنَا، نَحْنُ، أَنْتَ، هُوَ. Isim mudhmar ini merupakan isim paling ma'rifah, sebab ditujukan kepada sesuatu yang telah di tentukan.Yang paling ma'rifat diantara dhamir-dhamir itu ialah dhamir mutakallim, dhamar mukhathab, lalu dhamir ghaib. Kemudian isim 'alam seperti lafazh هِنْدٌ; isim isyarah seperti lafazh ذِيْ، ذَا; isim maushul seperti lafazh الَّذِيْ; isim yang dima'rifatkan dengan adatut ta'rif, yaitu alif dan lam, seakan-akan lafazh اْلغُلَامُ; dan isim yang diidhafahkan kepada salah satu diantara kelima isim ma'rifah tersebut, seakan-akan lafazh كِتَابُ اللهِ، ثَوْبُ هَذَا، ثَوْبُ زَيْدٍ، اِبْنِيْ, dan sebagainya.
Isim yang diidhafahkan (mudhaf) itu sederajat dengan isim yang diidhafahkan kepadanya (mudhaf ilaih), kecuali yang dimudhafkan kepada isim dhamir, beliau sederajat dengan isim 'alam. Dikecualikan pula dari semua isim ma'rifah tersebut dialah nama Allah ta'ala, lantaran nama Allah merupakan isim 'alam yang paling ma'rifah (tiada yang menyamainya) secara ijma'. Sebab Allah hanya satu atau tunggal, yaitu Zat pencipta seluruh alam. Berbeda dengan nama orang; meskipun tertentu, namun, banyak orang yang namanya sama.
0 Komentar Untuk "Nakirah dan Ma'rifah dalam Bahasa Arab"
Posting Komentar