IBX5980432E7F390 Hukum Tajwid Al-Quran Surat Al-Baqarah Ayat 164 Lengkap Dengan Penjelasannya - Doa Senjata Muslim

Hukum Tajwid Al-Quran Surat Al-Baqarah Ayat 164 Lengkap Dengan Penjelasannya

Assalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Pada ketika ini kita akan membahas analisis hukum tajwid surat Al-Baqarah ayat 164 lengkap dengan penjelasannya. Membaca Al-Quran memang sangat penting. Semestinya di dalam kehidupan kita ada rutinitas untuk melakukannya. Agar bacaan Al-Quran kita mampu benar atau tartil maka perlu selalu berguru tentang ilmu tajwid. Seringnya membaca Al-Quran juga akan meningkatkan kemampuan. Baiklah, mari kita menyimak aturan-hukum tajwidnya di bawah ini :

Hukum Tajwid Surat Al-Baqarah Ayat 164

Penjelasan lengkap dari nomor-nomor di atas yaitu :
1. Ghunnah alasannya nun bertanda tasydid dan cara membacanya dengan dengung serta ditahan 3 harakat.
2. Mad asli atau mad thabi’i karena huruf fa berharakat kasrah bertemu ya sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
3. Alif lam syamsiyah karena karakter alif lam bertemu karakter syamsiyah sin. Dibaca idgham (masuk ke aksara sin ).
4. Mad asli atau mad thabi’i karena abjad mim berharakat  fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
5. Mad orisinil atau mad thabi’i karena huruf wau berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
6. Alif lam qamariyah karena karakter alif lam bertemu huruf hamzah. Dibaca secara terperinci.
7. Mad orisinil atau mad thabi’i lantaran abjad lam berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
8. Mad lin karena karakter ya sukun didahului oleh huruf lam berharakat fathah. Dibaca panjang 2 harakat.
9. Ada dua hukum di sini, pertama alif lam syamsiyah karena karakter alif lam bertemu abjad syamsiyah nun. Dibaca idgham (masuk ke karakter nun ). Kedua, ghunnah sebab nun bertanda tasydid dan cara membacanya dengan dengung serta ditahan 3 harakat.
Baca pula : Doa Masuk Rumah Lengkap Arab Latin Arti dan Keutamaanya.
10. Mad orisinil atau mad thabi’i karena aksara ha berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
11. Alif lam qamariyah lantaran aksara alif lam bertemu abjad fa. Dibaca secara terang.
12. Alif lam syamsiyah lantaran huruf alif lam bertemu huruf syamsiyah lam. Dibaca idgham (masuk ke karakter lam ).
13. Mad asli atau mad thabi’i lantaran huruf ta berharakat kasrah bertemu ya sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
14. Qalqalah sughra karena aksara qalqalah jim berharakat sukun dan posisinya di tengah kalimat. Cara membacanya dipantulkan secara ringan.
15. Mad asli atau mad thabi’i karena aksara ra berharakat kasrah bertemu ya sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
16. Alif lam qamariyah karena karakter alif lam bertemu abjad ba. Dibaca secara terang.
17. Mad asli atau mad thabi’i karena huruf mim berharakat  fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
18. Ikhfa karena aksara nun sukun bertemu karakter fa. Tutorial membacanya samar dengan dengung dan ditahan selama 3 harakat. Pada waktu mengucapkan abjad nun mati, sikap pengecap dan bibir dipersiapkan menempati aksara fa.
Baca pula : Bacaan Tasyahud Lengkap Arab Latin dan Artinya.
19. Ada tiga hukum di sini, pertama alif lam syamsiyah karena aksara alif lam bertemu huruf syamsiyah nun. Dibaca idgham (masuk ke karakter nun ). Kedua, ghunnah karena nun bertanda tasydid dan cara membacanya dengan dengung serta ditahan 3 harakat. Ketiga, mad asli atau mad thabi’i lantaran aksara nun berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
20. Mad jaiz munfasil alasannya lantaran abjad mad bertemu hamzah di lain kata. Dibaca panjang 2, 4 atau 5 harakat.
21. Ikhfa karena aksara nun sukun bertemu aksara zai. Tutorial membacanya samar dengan dengung dan ditahan selama 3 harakat. Pada waktu mengucapkan aksara nun mati, perilaku pengecap dan bibir dipersiapkan menempati huruf zai.
22. Tafkhim lantaran lafaz Allah didahului oleh huruf hijaiyah lam berharakat fathah. Tutorial membacanya tebal.
23. Alif lam syamsiyah karena karakter alif lam bertemu abjad syamsiyah sin. Dibaca idgham (masuk ke aksara sin ).
24. Mad wajib muttashil alasannya alasannya aksara mad bertemu hamzah dalam satu kata. Dibaca panjang 4 atau 5 harakat.
25. Idgham bighunnah lantaran karakter nun sukun bertemu huruf mim bertasydid. Dibaca masuk dengan dengung dan ditahan hingga 3 harakat.
26. Mad wajib muttashil alasannya alasannya karakter mad bertemu hamzah dalam satu kata. Dibaca panjang 4 atau 5 harakat.
27. Ikhfa karena karakter hamzah berharakat kasrah tanwin bertemu abjad fa. Tutorial membacanya samar dengan dengung dan ditahan selama 3 harakat. Pada waktu mengucapkan abjad nun mati, perilaku pengecap dan bibir dipersiapkan menempati karakter fa.
Baca pula : Apa arti bacaan tasbih.
28. Mad asli atau mad thabi’i karena aksara ya berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
29. Alif lam qamariyah lantaran karakter alif lam bertemu abjad hamzah. Dibaca secara jelas.
30. Mad lin karena abjad wau sukun didahului oleh karakter mim berharakat fathah. Dibaca panjang 2 harakat.
31. Mad asli atau mad thabi’i lantaran aksara ha berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu aksara hamzah, aksara yang disukun, karakter diwaqaf, dan abjad bertasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
32. Mad orisinil atau mad thabi’i lantaran aksara fa berharakat kasrah bertemu ya sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
33. Mad orisinil atau mad thabi’i lantaran karakter ha berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu abjad hamzah, huruf yang disukun, karakter diwaqaf, dan abjad bertasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
34. Ikhfa karena aksara nun sukun bertemu karakter kaf. Tutorial membacanya samar dengan dengung dan ditahan selama 3 harakat. Tutorial pengucapan seperti suara "ng".
35. Mad lazim kilmi mutsaqqal karena huruf mad bertemu dengan abjad bertasydid dalam satu kata. Cara membacanya panjang 6 harakat. 
36. Idgham bighunnah karena huruf ta berharakat kasrah tanwin bertemu karakter wau. Dibaca masuk dengan dengung dan ditahan sampai 3 harakat.
Baca pula : Doa Berbuka Puasa Lengkap Arab Latin dan Artinya.
37. Mad orisinil atau mad thabi’i karena karakter ra berharakat kasrah bertemu ya sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
38. Alif lam syamsiyah karena huruf alif lam bertemu huruf syamsiyah ra. Dibaca idgham (masuk ke huruf ra ).
39. Mad asli atau mad thabi’i lantaran abjad ya berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
40. Alif lam syamsiyah lantaran abjad alif lam bertemu huruf syamsiyah sin. Dibaca idgham (masuk ke aksara sin ).
41. Mad asli atau mad thabi’i lantaran abjad ha' berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, karakter bersukun, abjad yang diwaqaf, dan karakter bertasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
42. Alif lam qamariyah karena karakter alif lam bertemu karakter mim. Dibaca secara jelas.
43. Mad lin lantaran karakter ya sukun didahului oleh aksara ba berharakat fathah. Dibaca panjang 2 harakat.
44. Alif lam syamsiyah karena huruf alif lam bertemu aksara syamsiyah sin. Dibaca idgham (masuk ke karakter sin ).
45. Mad wajib muttashil alasannya alasannya karakter mad bertemu hamzah dalam satu kata. Dibaca panjang 4 atau 5 harakat.
Baca pula : Doa Sebelum Tidur Lengkap Arab Latin dan Artinya.
46. Alif lam qamariyah lantaran karakter alif lam bertemu aksara hamzah. Dibaca secara terperinci.
47. Mad badal karena huruf mad bertemu hamzah dalam satu kata akan tetapi posisi hamzah lebih dahulu dari abjad mad. Cara membacanya panjang 2 harakat.
48. Mad orisinil atau mad thabi’i lantaran karakter ya berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Tutorial membacanya panjang 2 harakat.
49. Idgham jikaghunnah lantaran abjad ta berharakat kasrah tanwin bertemu aksara lam tasydid. Dibaca lebur tanpa dengung. Bunyi tanwin hilang.
50. Mad lin lantaran karakter wau sukun didahului oleh huruf qaf berharakat fathah. Dibaca panjang 2 harakat.
51. Idgham bighunnah karena aksara mim berharakat kasrah tanwin bertemu abjad ya bertasydid. Dibaca masuk dengan dengung dan ditahan sampai 3 harakat.
52. Mad arid lissukun lantaran aksara mad jatuh sebelum huruf yang diwaqaf. Cara membacanya abjad 'ain dipanjangkan 2 hingga 6 harakat.

Belajar membaca Al-Quran merupakan aktivitas yang menyenangkan. Disamping itu, orang tersebut akan mendapat pahala juga. Semenjak kecil seharusnya kita sudah mempunyai kebiasaan membaca Al-Quran. Bila mana belum bisa maka langkah yang dilakukan dengan mencar ilmu terlebih dahulu. Banyak sekali metode yang mampu dimanfaatkan. Semoga artikel ini menyampaikan manfaat. Wassalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. 
Baca pula : Doa Memakai Pakaian Baru Lengkap Arab Latin dan Artinya.

Berlangganan Untuk Mendapatkan Artikel Terbaru:

0 Komentar Untuk "Hukum Tajwid Al-Quran Surat Al-Baqarah Ayat 164 Lengkap Dengan Penjelasannya"

Posting Komentar